Asam Urat di Jari Tangan: Gejala, Orang yang Berisiko Terkena dan Mencegahnya Agar Tidak Kambuh

Selasa 19 Maret 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi -Asam urat di jari bisa menjadi kondisi yang melumpuhkan yang menyebabkan pembengkakan, nyeri hebat, kemerahan, dan rasa hangat pada buku-buku jari dan sendi jari yang lebih kecil. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi -Asam urat di jari bisa menjadi kondisi yang melumpuhkan yang menyebabkan pembengkakan, nyeri hebat, kemerahan, dan rasa hangat pada buku-buku jari dan sendi jari yang lebih kecil. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah suatu bentuk radang sendi yang terjadi ketika kristal asam urat menumpuk di persendian, menyebabkan gejala nyeri dan terkadang melemahkan.

Meskipun area yang paling umum terkena asam urat adalah jempol kaki, ada kemungkinan serangan asam urat terjadi di seluruh tubuh, termasuk di tangan.

Gejala Asam Urat Jari Tangan

Gejala asam urat cukup konsisten terlepas dari lokasi serangan atau kambuhnya. Gejala umum asam urat pada jari tangan antara lain adalah:

  • Bengkak
  • Merah
  • Panas
  • Tiba-tiba dan terasa sangat lembut

Baca Juga: Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

Penyebab Asam Urat

Asam urat berkembang ketika seseorang memiliki kelebihan asam urat, juga dikenal sebagai hiperurisemia, di dalam tubuh. Kelebihan asam urat dalam tubuh dapat terjadi salah satunya karena produksi asam urat yang berlebihan

Beberapa orang secara genetik cenderung membentuk lebih banyak asam urat dalam tubuh dibandingkan yang lain. Hal ini biasanya karena mereka kekurangan enzim yang diperlukan untuk memetabolisme purin (zat alami dalam makanan) menjadi asam urat.

Penyebab lain dari produksi asam urat berlebih termasuk beberapa jenis kanker dan kelainan darah. Agen kemoterapi (obat yang digunakan untuk membunuh sel kanker) juga terbukti mempengaruhi produksi purin.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

Meskipun beberapa orang secara alami menghasilkan lebih banyak asam urat, yang lain mungkin tidak dapat menghilangkan asam urat dengan baik melalui ginjal mereka. Penyakit ginjal kronis dan gangguan ginjal lainnya dapat menyebabkan hiperurisemia.

Meskipun purin dapat ditemukan di dalam tubuh dan dimetabolisme menjadi asam urat, makanan tertentu mengandung kandungan purin lebih tinggi dibandingkan makanan lain. Makanan yang diketahui memicu serangan asam urat antara lain:

  • Daging merah
  • Kerang
  • Minuman keras
  • Bir
  • Minuman manis

Baca Juga: Gula Darah Tetap Normal, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Faktor Risiko Terkena Asam Urat

Memiliki satu atau lebih faktor risiko berikut menempatkan seseorang pada risiko lebih tinggi terkena asam urat:

  • Jenis kelamin laki-laki
  • Wanita pascamenopause
  • Penyakit ginjal
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol Tinggi
  • Diabetes
  • Kegemukan
  • Riwayat keluarga menderita asam urat

Cara Mengobatinya

Jika tidak diobati, asam urat dapat berkembang dari pembengkakan yang terjadi sesekali pada salah satu sendi menjadi penyakit yang lebih mengganggu dan melemahkan, sehingga sering menyebabkan rasa sakit yang kambuh.

Baca Juga: Meski Anda Punya Gula Darah, Inilah 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Pada serangan asam urat akut, obat-obatan seperti kortikosteroid, antiinflamasi nonsteroid (NSAID), atau Mitigare ( colchicine)semuanya dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada persendian tangan, namun obat-obatan ini harus sesuai dengan resep dokter.

Pencegahan Kambuhnya Asam Urat

Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat berperan besar dalam mencegah serangan asam urat di tangan di masa depan, terlepas dari apakah seseorang sedang menjalani pengobatan atau tidak.

Tindakan pencegahan berikut ini dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya serangan asam urat berulang:

  • Penurunan berat badan
  • Meningkatkan hidrasi (minum cairan)
  • Menghindari makanan tinggi purin
  • Mengonsumsi obat yang tepat secara teratur
  • Olahraga rutin

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin
Kecantikan16 Juli 2024, 19:30 WIB

9 Manfaat Masker Jelly untuk Perawatan Kulit Wajah dan Tips Menggunakannya

Masker jelly bisa membantu memberikan hidrasi mendalam dan membantu menjaga kelembaban kulit, menjadikan kulit tampak lebih segar dan kenyal.
Ilustrasi Memakai Masker Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)