Berapa Lama Asam Urat Bertahan? Simak Gejala dan Solusi Mengatasinya

Sabtu 16 Maret 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi - Berapa Lama Asam Urat Bertahan? Simak Gejala dan Solusi Mengatasinya. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).

Ilustrasi - Berapa Lama Asam Urat Bertahan? Simak Gejala dan Solusi Mengatasinya. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah suatu bentuk radang sendi yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di ruang jaringan lunak pada satu atau lebih sendi. Sendi jempol kaki yang paling sering terkena, sehingga memicu reaksi peradangan yang dapat menyebabkan nyeri hebat, kemerahan, dan bengkak.

Mengutip verrywellhealth, asam urat mempengaruhi lebih dari 8 juta orang di Amerika Serikat. Meskipun asam urat adalah kondisi kronis yang belum dapat disembuhkan, namun beberapa pengobatan dapat membantu mengatasi penyakit ini.

Serangan Asam Urat

Penyakit asam urat yang khas, atau kambuhnya penyakit, muncul tanpa pemberitahuan, menyebabkan nyeri sendi dan kecacatan yang parah. Pemicunya antara lain kerang, daging merah, alkohol, dan sirup jagung fruktosa tinggi (yang ada dalam soda manis).

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Penumpukan kristal urat di ruang sendi menyebabkan nyeri hebat biasanya pada satu sendi, namun dua sendi atau lebih mungkin terpengaruh. Jempol kaki adalah sendi yang paling sering terkena, meskipun sendi ekstremitas bawah lainnya seperti pergelangan kaki dan lutut mungkin juga terkena.

Rasa sakit akibat asam urat mungkin sangat parah sehingga membuat Anda terbangun di tengah malam. Gejala asam urat meliputi:

  • Rasa sakit yang tajam
  • Pembengkakan
  • Kemerahan
  • Kehangatan di sekitar sendi yang terkena

Baca Juga: Penyakit Asam Urat: 12 Makanan Tinggi Purin dan Rendah Purin yang Wajib Diketahui

Serangan asam urat bisa berlangsung berhari-hari atau berminggu-minggu. Gejala Anda mungkin hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun pengobatan akan mempercepat penyelesaian gejala dan mengurangi kerusakan permanen pada jaringan di ruang sendi.

Serangan asam urat diikuti dengan periode remisi yang lama (periode tanpa gejala) terkadang berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dengan pengobatan profilaksis (pencegahan) dan perubahan gaya hidup.

Pengobatan Asam Urat

Perawatan untuk serangan asam urat termasuk obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit dan memperpendek durasi serangan. Namun perlu diingat jika ingin menggunakan obat-obat ini dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga: Bantu Jaga Gula Darah Tetap Normal, 11 Kebiasaan Ini Harus Segera Dilakukan

1. Kolkisin

Colcrys ( kolkisin) adalah salah satu obat utama yang digunakan untuk mengobati serangan asam urat akut dan mencegah terjadinya serangan asam urat. Ini merupakan pilihan yang sangat penting bagi mereka yang tidak dapat menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau obat antiinflamasi standar yang dijual bebas.

Colchicine diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan. Dosisnya akan bergantung pada faktor-faktor yang mencakup profil alergi Anda serta fungsi ginjal dan hati. Jika diminum lebih awal dan sesuai resep penyedia layanan kesehatan Anda, colchicine dapat meredakan gejala Anda dengan cepat dan menyeluruh.

2. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

NSAID seperti Advil atau Motrin (ibuprofen) dan Aleve (naproxen) sudah tersedia karena dapat dibeli tanpa resep. Oleh karena itu, obat ini adalah pengobatan yang paling umum digunakan untuk serangan asam urat akut. Indocin (indometasin) adalah NSAID yang tersedia dengan resep untuk asam urat.

Baca Juga: Suka Bermain Sendiri, Bisa Jadi Termasuk 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memulai NSAID OTC untuk menentukan apakah obat tersebut sesuai untuk Anda, dosis yang tepat, dan potensi efek samping. Setelah gejalanya hilang, Anda harus menghentikan pengobatan ini.

3. Kortikosteroid

Glukokortikoid oral seperti prednison dan prednisolon adalah steroid yang mungkin diresepkan untuk penyakit asam urat. Obat ini sama efektifnya dengan NSAID dan colchicine. Perawatan seringkali memerlukan minum pil sekali atau dua kali sehari.

Sebagai catatan, jika Anda sering mengalami serangan asam urat, NSAID dan colchicine mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk membatasi toksisitas terkait steroid, yang dapat mencakup peningkatan gula darah dan tekanan darah, peningkatan nafsu makan dan penambahan berat badan, perubahan suasana hati/kecemasan, insomnia, dan penurunan tulang. kepadatan mineral.

Baca Juga: Mengenal Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Untuk Mencegahnya

Mengelola Gejala

Pola makan dan gaya hidup penting untuk mencegah kekambuhan dan mengatasi gejala asam urat.

Diet

Perubahan pola makan dapat membantu mencegah serangan asam urat. Mengetahui makanan mana yang ramah terhadap asam urat dan mana yang harus dihindari dapat membantu mengurangi risiko kambuhnya asam urat akut. Makanan yang dapat membantu mengobati asam urat Anda antara lain:

  • Ceri
  • Buah jeruk, seperti jeruk, lemon, dan grapefruit
  • Makanan tinggi vitamin C, seperti bayam, kangkung, brokoli, stroberi, paprika manis, dan tomat
  • Kopi (4 atau 5 cangkir untuk pria dan 1 hingga 3 cangkir untuk wanita)
  • Makanan rendah purin, seperti produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau
  • Air (menjaga terhidrasi adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari penumpukan kristal asam urat di persendian Anda)

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Makanan dan minuman yang dapat memicu kambuhnya asam urat antara lain:

  • Alkohol (terutama bir dan minuman keras)
  • Makanan manis, terutama makanan olahan yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi dalam jumlah besar
  • Makanan tinggi purin seperti ikan sarden, teri, kerang, daging sapi, babi, hati ayam, hewan buruan
  • Makanan dengan ragi atau ekstrak ragi (dapat ditemukan pada junk food dan makanan olahan seperti makanan beku)

Gaya Hidup

Perbanyak minum air putih dan menurunkan berat badan berlebih merupakan dua cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, program penurunan berat badan yang dipusatkan pada olahraga teratur dan pola makan tinggi buah-buahan dan sayuran berdaun dapat membatasi frekuensi serangan asam urat dan tingkat keparahan gejala Anda saat gejala tersebut terjadi.

Baca Juga: Kamu Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari 11 Kebiasaan Sehari-hari Ini

Harapan dan Solusi Hidup untuk Penderita Asam Urat

Serangan asam urat bisa sangat menyakitkan, dan seiring berjalannya waktu, lebih dari satu sendi mungkin terkena dampaknya secara bersamaan, sehingga mengganggu kualitas hidup Anda. Perawatan dini adalah kunci untuk mengatasi gejala Anda dengan cepat, meskipun mungkin diperlukan waktu beberapa hari atau minggu sampai gejala Anda hilang sepenuhnya.

Pada akhirnya, frekuensi serangan asam urat Anda akan bergantung pada gaya hidup Anda. Jika Anda mengidentifikasi makanan tertentu sebagai pemicunya, Anda mungkin ingin membatasi asupan atau menghindarinya sama sekali.

Minum banyak air dan berolahraga juga membantu meningkatkan kondisi anti-inflamasi dalam tubuh, mencegah penumpukan kristal asam urat.

Baca Juga: Asam Urat di Usia Muda, 10 Penyebab yang Harus Diwaspadai Seperti Obesitas

Jika seseorang sering mengalami serangan asam urat (lebih dari dua kali per tahun) atau memiliki kondisi terkait lainnya (seperti penyakit ginjal kronis, batu ginjal, dll.), disarankan untuk mengonsumsi obat harian untuk mengurangi asam urat serum dan mencegah kekambuhan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 18:23 WIB

Jelang Pilkada Kota Sukabumi, Bagus Pekik Diam-diam Bertemu Achmad Fahmi

Bagus Pekik diam-diam melakukan pertemuan dengan mantan Wali Kota Achmad Fahmi di salah satu cafe di Kota Sukabumi.
Diam-diam Bagus Pekik bertemu Achmad Fahmi jelang Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life09 Mei 2024, 18:00 WIB

Menemukan Cinta Sejati: 5 Doa Minta Jodoh Terbaik yang Bisa Diamalkan

Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT.
Ilustrasi. Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT. | Foto: Pixabay
Sehat09 Mei 2024, 17:30 WIB

Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari, 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Terbaik!

Tak jarang penderita asam urat sering mengalami sulit tidur di malam hari.
Ilustrasi. Tak jarang penderita asam urat sering mengalami sulit tidur di malam hari. | Foto: Pexels/cottonbro studio
Musik09 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback!

Resmi Comeback! Lagu Maestro merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam album terbaru Seventeen berjudul “17 IS RIGHT HERE” yang dirilis 29 April 2024 lalu.
Video Klip Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback. Sumber:  pledis.co.kr/@SEVENTEEN
Sukabumi09 Mei 2024, 16:45 WIB

Serunya Lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Sukabumi

Mengisi liburan panjang sejumlah warga Kota Sukabumi mengikuti perlombaan makan kue Milk Bun raksasa. Diketahui, kue Milk Bun saat ini tengah viral di media sosial.
Suasana keseruan lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Bakery and Cakes di Jalan Jenderal Sudirman Kota Sukabumi, Kamis (9/5/2024) | Foto : Farrah