8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

Sabtu 16 Maret 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi - Sejumlah pengobatan rumahan atau obat asam urat alami dapat membantu memperbaiki gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/@Yaroslav Shuraev).

Ilustrasi - Sejumlah pengobatan rumahan atau obat asam urat alami dapat membantu memperbaiki gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/@Yaroslav Shuraev).

SUKABUMIUPDATE.com - Obat asam urat ala rumahan bisa menjadi solusi bagi Anda yang menderita penyakit ini. Penderita asam urat dapat mencari pengobatan asam urat alami untuk membantu meringankan gejalanya lebih cepat.

Apa Penyebab Asam Urat?

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang ditandai dengan nyeri hebat yang tiba-tiba, kemerahan, panas, bengkak, dan nyeri pada persendian. Biasanya menyerang sendi besar jempol kaki, namun gejalanya juga bisa terjadi pada:

  • Kaki
  • Pergelangan kaki
  • Lutut
  • Tangan
  • Pergelangan tangan

Baca Juga: Penyakit Asam Urat: 12 Makanan Tinggi Purin dan Rendah Purin yang Wajib Diketahui

Serangan biasanya berlangsung sekitar lima hingga 10 hari. Asam urat lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita.

Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Asam urat adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin, zat yang ditemukan secara alami di dalam tubuh dan makanan tertentu. Makanan yang tinggi purin antara lain:

  • Minuman beralkohol
  • Daging merah
  • Daging organ
  • Ikan dan kerang
  • Sayuran termasuk asparagus, kembang kol, dan bayam
  • Jamur

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Pengobatan Rumahan

Ada beberapa pengobatan rumahan yang sering digunakan untuk mengobati asam urat. Sejauh ini, penelitian yang mendukung penggunaan pengobatan ini masih terbatas. Namun Anda bisa mencoba obat asam urat yang alami ini.

1. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat, cara kerja vitamin C terhadap asam urat ini ternyata cukup simpel. Saat vitamin C masuk ke dalam tubuh manusia, secara alami vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih melalui urine.

Perlu dicatat bahwa vitamin C juga dapat mengganggu beberapa obat, seperti obat kemoterapi kanker dan statin. Jika Anda mengidap asam urat sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter Anda.

Baca Juga: Bantu Jaga Gula Darah Tetap Normal, 11 Kebiasaan Ini Harus Segera Dilakukan

2. Ceri

Ceri adalah obat rumahan yang populer untuk asam urat. Jumlah yang biasanya disarankan adalah antara setengah cangkir dan satu pon ceri sehari. Sebagai obat asam urat, buah ceri dimakan atau diblender lalu diencerkan dengan air untuk dijadikan jus. Ekstrak ceri juga tersedia di beberapa toko makanan kesehatan.

3. Mengistirahatkan Sendi yang Terkena

Obat asam urat ala rumahan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengistirahatkan sendi yang terkena. Boba angkat sendi yang terkena dan berjalan dengan tongkat dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi yang nyeri.

4. Mengompres Sendi

Kompres sendi yang terkena dengan es untuk meredakan pembengkakan dan meredakan ketidaknyamanan. Ini adalah salah satu cara untuk mengobati asam urat.

Baca Juga: 9 Makanan yang Tidak Akan Meningkatkan Kadar Gula Darah Meski Anda Konsumsi

5. Minum Banyak Cairan

Anda sebaiknya minum banyak cairan terutama air putih, untuk menghindari dehidrasi sebagai obat asam urat. Hindari minuman manis yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi karena dapat meningkatkan potensi kambuhnya asam urat.

6. Diet dan Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan beberapa kilogram saja dapat mengurangi jumlah asam urat dalam darah Anda, yang berarti lebih sedikit kambuhnya asam urat. Berat badan yang lebih sedikit juga dapat mengurangi tekanan pada persendian Anda.

7. Olahraga

Meningkatkan tingkat aktivitas Anda membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kondisi seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, yang umum terjadi pada penderita asam urat. Tentu saja, Anda sebaiknya tidak berolahraga saat mengalami asam urat yang kambuh.

Baca Juga: Seperti Apa Rasanya Sakit Asam Urat? Yuk Kenali Cirinya Agar Segera Diobati

8. Mengurangi Stres

Stres memang bukan penyebab langsung asam urat, tetapi dapat memperburuk gejala asam urat dan meningkatkan risiko serangan asam urat. Stres dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang dapat menyebabkan tubuh menahan purin. Purin adalah zat yang dipecah menjadi asam urat dalam tubuh.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)