8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

Sabtu 16 Maret 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi - Sejumlah pengobatan rumahan atau obat asam urat alami dapat membantu memperbaiki gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/@Yaroslav Shuraev).

Ilustrasi - Sejumlah pengobatan rumahan atau obat asam urat alami dapat membantu memperbaiki gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/@Yaroslav Shuraev).

SUKABUMIUPDATE.com - Obat asam urat ala rumahan bisa menjadi solusi bagi Anda yang menderita penyakit ini. Penderita asam urat dapat mencari pengobatan asam urat alami untuk membantu meringankan gejalanya lebih cepat.

Apa Penyebab Asam Urat?

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang ditandai dengan nyeri hebat yang tiba-tiba, kemerahan, panas, bengkak, dan nyeri pada persendian. Biasanya menyerang sendi besar jempol kaki, namun gejalanya juga bisa terjadi pada:

  • Kaki
  • Pergelangan kaki
  • Lutut
  • Tangan
  • Pergelangan tangan

Baca Juga: Penyakit Asam Urat: 12 Makanan Tinggi Purin dan Rendah Purin yang Wajib Diketahui

Serangan biasanya berlangsung sekitar lima hingga 10 hari. Asam urat lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita.

Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Asam urat adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin, zat yang ditemukan secara alami di dalam tubuh dan makanan tertentu. Makanan yang tinggi purin antara lain:

  • Minuman beralkohol
  • Daging merah
  • Daging organ
  • Ikan dan kerang
  • Sayuran termasuk asparagus, kembang kol, dan bayam
  • Jamur

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Pengobatan Rumahan

Ada beberapa pengobatan rumahan yang sering digunakan untuk mengobati asam urat. Sejauh ini, penelitian yang mendukung penggunaan pengobatan ini masih terbatas. Namun Anda bisa mencoba obat asam urat yang alami ini.

1. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat, cara kerja vitamin C terhadap asam urat ini ternyata cukup simpel. Saat vitamin C masuk ke dalam tubuh manusia, secara alami vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih melalui urine.

Perlu dicatat bahwa vitamin C juga dapat mengganggu beberapa obat, seperti obat kemoterapi kanker dan statin. Jika Anda mengidap asam urat sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter Anda.

Baca Juga: Bantu Jaga Gula Darah Tetap Normal, 11 Kebiasaan Ini Harus Segera Dilakukan

2. Ceri

Ceri adalah obat rumahan yang populer untuk asam urat. Jumlah yang biasanya disarankan adalah antara setengah cangkir dan satu pon ceri sehari. Sebagai obat asam urat, buah ceri dimakan atau diblender lalu diencerkan dengan air untuk dijadikan jus. Ekstrak ceri juga tersedia di beberapa toko makanan kesehatan.

3. Mengistirahatkan Sendi yang Terkena

Obat asam urat ala rumahan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengistirahatkan sendi yang terkena. Boba angkat sendi yang terkena dan berjalan dengan tongkat dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi yang nyeri.

4. Mengompres Sendi

Kompres sendi yang terkena dengan es untuk meredakan pembengkakan dan meredakan ketidaknyamanan. Ini adalah salah satu cara untuk mengobati asam urat.

Baca Juga: 9 Makanan yang Tidak Akan Meningkatkan Kadar Gula Darah Meski Anda Konsumsi

5. Minum Banyak Cairan

Anda sebaiknya minum banyak cairan terutama air putih, untuk menghindari dehidrasi sebagai obat asam urat. Hindari minuman manis yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi karena dapat meningkatkan potensi kambuhnya asam urat.

6. Diet dan Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan beberapa kilogram saja dapat mengurangi jumlah asam urat dalam darah Anda, yang berarti lebih sedikit kambuhnya asam urat. Berat badan yang lebih sedikit juga dapat mengurangi tekanan pada persendian Anda.

7. Olahraga

Meningkatkan tingkat aktivitas Anda membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kondisi seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, yang umum terjadi pada penderita asam urat. Tentu saja, Anda sebaiknya tidak berolahraga saat mengalami asam urat yang kambuh.

Baca Juga: Seperti Apa Rasanya Sakit Asam Urat? Yuk Kenali Cirinya Agar Segera Diobati

8. Mengurangi Stres

Stres memang bukan penyebab langsung asam urat, tetapi dapat memperburuk gejala asam urat dan meningkatkan risiko serangan asam urat. Stres dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang dapat menyebabkan tubuh menahan purin. Purin adalah zat yang dipecah menjadi asam urat dalam tubuh.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik09 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback!

Resmi Comeback! Lagu Maestro merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam album terbaru Seventeen berjudul “17 IS RIGHT HERE” yang dirilis 29 April 2024 lalu.
Video Klip Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback. Sumber:  pledis.co.kr/@SEVENTEEN
Sukabumi09 Mei 2024, 16:45 WIB

Serunya Lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Sukabumi

Mengisi liburan panjang sejumlah warga Kota Sukabumi mengikuti perlombaan makan kue Milk Bun raksasa. Diketahui, kue Milk Bun saat ini tengah viral di media sosial.
Suasana keseruan lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Bakery and Cakes di Jalan Jenderal Sudirman Kota Sukabumi, Kamis (9/5/2024) | Foto : Farrah
Sukabumi09 Mei 2024, 16:05 WIB

Gempabumi Dangkal M3,3 Kedalaman 6 KM di Kabandungan Sukabumi

Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 3,3 terjadi di Kabupaten Sukabumi, hari ini Kamis (9/5/2024) pukul 14.14 WIB.
Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 3,3 terjadi di Kabupaten Sukabumi, hari ini Kamis (9/5/2024) pukul 14.14 WIB | Foto : Ist
Food & Travel09 Mei 2024, 16:00 WIB

Liburan Melepas Penat ke Sukabumi Aja, Rekomendasi 5 Pantai yang Wajib Dikunjungi

Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi.
Pantai Karang Gantungan - Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi. (Sumber : Instagram/@a_pennn).
Life09 Mei 2024, 15:15 WIB

5 Langkah Praktis Untuk Melindungi Anak dari Dampak Buruk Kekerasan Virtual

Kekerasan virtual memang berdampak negatif pada anak. Maka dari itu, orang tua harus tahu cara melindungi anak dari dampak negatif kekerasan virtual
Ilustrasi  orang tua melindungi anak dari dampak kekerasan virtual (Sumber : pexels.com/@chienba)
Sukabumi09 Mei 2024, 15:02 WIB

Diduga Korsleting, Kronologi Mobil Colt Hangus Kebakaran di Parungkuda Sukabumi

Sebelum terbakar, mesin mobil jurusan Parungkuda-Kabandungan ini mati mendadak.
Mobil colt yang kebakaran di Jalan Siliwangi, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/5/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 15:00 WIB

Marak Kasus Kekerasan Seksual di Sukabumi, LENSA Dorong Aparat Gunakan UU TPKS

Maraknya kasus kekerasan seksual dan terus berulang di wilayah Kabupaten Sukabumi mendapat perhatian serius dari Lembaga Peneliltian Sosial Agama (LENSA) Sukabumi.
Lembaga Peneliltian Sosial Agama (LENSA) Sukabumi mendorong aparat terapkan UU TPKS dalam penanganan kasus kekerasan seksual | Foto : Ilustrasi
Inspirasi09 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life09 Mei 2024, 14:45 WIB

Mengenal dan Memahami Arti Dari Kekerasan Virtual Di Dunia Anak-Anak

kekerasan virtual merupakan sebuah agresi yang dilakukan anak melalui TV, video game, hingga media sosial. Hal ini perlu menjadi kekhawatiran orang tua agar bisa mengawasi anak dengan baik
Ilustrasi mengenal kekerasan virtual pada dunia anak (Sumber : pexels.com/@TimaMiroshnichenko)
Sehat09 Mei 2024, 14:30 WIB

Selalu Dianggap Sepele! Padahal 5 Makanan Ini Kaya Purin dan Penyebab Asam Urat

Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat.
Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat. (Sumber : Instagram/@jeroan.jagoan)