Demi Mengurangi Frekuensi Serangan Asam Urat, Lakukan 5 Tips Ini Agar Tidak Kambuh

Selasa 19 Maret 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. (Sumber : Freepik.com/@prostooleh).

Ilustrasi - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. (Sumber : Freepik.com/@prostooleh).

SUKABUMIUPDATE.com - Meskipun asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi, penyakit ini diperparah ketika kadar asam urat dalam darah Anda naik di atas tingkat normal dan asam mulai mengkristal di sendi Anda. Kristal asam ini menyebabkan rasa sakit yang parah, peradangan, dan penurunan rentang gerak Anda.

Asam urat dapat menyerang hampir semua sendi di tubuh Anda, namun tampaknya paling sering menyerang sendi jempol kaki. Dalam banyak kasus asam urat yang kambuh, jari kaki menjadi sangat nyeri dan sensitif sehingga sepatu dan bahkan kaus kaki menjadi sulit dipakai.

Meskipun Anda tidak bisa serta merta menghilangkan asam urat dari hidup Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah asam urat dalam darah Anda dan, oleh karena itu, mengurangi risiko nyeri dan peradangan asam urat.

Baca Juga: Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

Untuk membantu Anda mengatasi kondisi yang menyakitkan ini, dikutip dari podiatryhotline, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah asam urat kambuh kembali

1. Berhenti Minuman Mengandung Alkohol

Membatasi alkohol secara umum dapat menurunkan jumlah asam urat dalam aliran darah Anda, tetapi bila Anda benar-benar ingin menurunkan kadarnya, pertimbangkan untuk berhenti minum bir. Di antara alkohol dan ragi, bir adalah salah satu penyebab utama timbulnya asam urat.

2. Perhatikan Apa yang Dimakan

Makanan tertentu juga dapat membuat asam urat lebih mungkin kambuh. Daging merah, sarden hingga kerang semuanya meningkatkan kadar asam urat dan dapat memacu kristalisasi pada persendian Anda.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

Dan jika Anda memasangkan daging merah dengan segelas bir dingin, dijamin Anda hampir pasti mengalami nyeri sendi dan asam urat.

3. Mengonsumsi Pisang, Ceri, dan Seledri

Daripada memilih daging dan karbohidrat ragi saat Anda lapar, pertimbangkan untuk mengonsumsi pisang, ceri, dan seledri. Pisang kaya akan vitamin K, yang mencairkan kristal asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh Anda.

Sebagai bagian dari kandungan antioksidannya, ceri mengandung pigmen yang disebut antosianin yang mengurangi nyeri asam urat dan peradangan. Seledri berfungsi menurunkan kadar asam urat, serta meredakan nyeri dan bengkak.

Baca Juga: Gula Darah Tetap Normal, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

4. Tetap Terhidrasi

Saat Anda dehidrasi, tubuh Anda kesulitan menghilangkan kristal asam urat yang terbentuk di persendian Anda. Hindari dehidrasi dan serangan asam urat dengan berusaha minum setidaknya delapan gelas air 8 ons sehari.

Untuk mendapatkan pencegahan asam urat yang maksimal, cobalah teh daun jelatang. Sifat anti-inflamasinya bekerja sangat baik pada nyeri dan peradangan yang berhubungan dengan arthritis.

5. Bergeraklah

Seperti osteoartritis (bentuk gangguan sendi yang paling umum), asam urat mungkin merespons dengan baik saat bangun dan bergerak. Melakukan olahraga ringan namun rutin membantu menjaga persendian Anda berfungsi dengan baik dan menghilangkan kristalisasi asam urat dari persendian.

Baca Juga: Meski Anda Punya Gula Darah, Inilah 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Olahraga, disertai pola makan yang sehat, juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, sehingga mengurangi risiko kambuhnya asam urat. Meskipun olahraga itu penting, perlu diingat bahwa persendian Anda menderita rematik; jaga rutinitas Anda tetap lembut dan jangan berlebihan.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Resahkan Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)