Demi Mengurangi Frekuensi Serangan Asam Urat, Lakukan 5 Tips Ini Agar Tidak Kambuh

Selasa 19 Maret 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. (Sumber : Freepik.com/@prostooleh).

Ilustrasi - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. (Sumber : Freepik.com/@prostooleh).

SUKABUMIUPDATE.com - Meskipun asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi, penyakit ini diperparah ketika kadar asam urat dalam darah Anda naik di atas tingkat normal dan asam mulai mengkristal di sendi Anda. Kristal asam ini menyebabkan rasa sakit yang parah, peradangan, dan penurunan rentang gerak Anda.

Asam urat dapat menyerang hampir semua sendi di tubuh Anda, namun tampaknya paling sering menyerang sendi jempol kaki. Dalam banyak kasus asam urat yang kambuh, jari kaki menjadi sangat nyeri dan sensitif sehingga sepatu dan bahkan kaus kaki menjadi sulit dipakai.

Meskipun Anda tidak bisa serta merta menghilangkan asam urat dari hidup Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah asam urat dalam darah Anda dan, oleh karena itu, mengurangi risiko nyeri dan peradangan asam urat.

Baca Juga: Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

Untuk membantu Anda mengatasi kondisi yang menyakitkan ini, dikutip dari podiatryhotline, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah asam urat kambuh kembali

1. Berhenti Minuman Mengandung Alkohol

Membatasi alkohol secara umum dapat menurunkan jumlah asam urat dalam aliran darah Anda, tetapi bila Anda benar-benar ingin menurunkan kadarnya, pertimbangkan untuk berhenti minum bir. Di antara alkohol dan ragi, bir adalah salah satu penyebab utama timbulnya asam urat.

2. Perhatikan Apa yang Dimakan

Makanan tertentu juga dapat membuat asam urat lebih mungkin kambuh. Daging merah, sarden hingga kerang semuanya meningkatkan kadar asam urat dan dapat memacu kristalisasi pada persendian Anda.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

Dan jika Anda memasangkan daging merah dengan segelas bir dingin, dijamin Anda hampir pasti mengalami nyeri sendi dan asam urat.

3. Mengonsumsi Pisang, Ceri, dan Seledri

Daripada memilih daging dan karbohidrat ragi saat Anda lapar, pertimbangkan untuk mengonsumsi pisang, ceri, dan seledri. Pisang kaya akan vitamin K, yang mencairkan kristal asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh Anda.

Sebagai bagian dari kandungan antioksidannya, ceri mengandung pigmen yang disebut antosianin yang mengurangi nyeri asam urat dan peradangan. Seledri berfungsi menurunkan kadar asam urat, serta meredakan nyeri dan bengkak.

Baca Juga: Gula Darah Tetap Normal, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

4. Tetap Terhidrasi

Saat Anda dehidrasi, tubuh Anda kesulitan menghilangkan kristal asam urat yang terbentuk di persendian Anda. Hindari dehidrasi dan serangan asam urat dengan berusaha minum setidaknya delapan gelas air 8 ons sehari.

Untuk mendapatkan pencegahan asam urat yang maksimal, cobalah teh daun jelatang. Sifat anti-inflamasinya bekerja sangat baik pada nyeri dan peradangan yang berhubungan dengan arthritis.

5. Bergeraklah

Seperti osteoartritis (bentuk gangguan sendi yang paling umum), asam urat mungkin merespons dengan baik saat bangun dan bergerak. Melakukan olahraga ringan namun rutin membantu menjaga persendian Anda berfungsi dengan baik dan menghilangkan kristalisasi asam urat dari persendian.

Baca Juga: Meski Anda Punya Gula Darah, Inilah 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Olahraga, disertai pola makan yang sehat, juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, sehingga mengurangi risiko kambuhnya asam urat. Meskipun olahraga itu penting, perlu diingat bahwa persendian Anda menderita rematik; jaga rutinitas Anda tetap lembut dan jangan berlebihan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional27 April 2024, 15:08 WIB

Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

Sempat dibawa pihak kepolisian untuk dititipkan ke angkutan umum arah Bandung Barat lalu ke Bogor, perempuan tersebut dilaporkan warga, pada Sabtu (27/4/2024) masih berada di Kota Sukabumi.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Sumber: akun kemensos RI)
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).