12 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Ibu Hamil, Lezat dan Kaya Nutrisi

Rabu 31 Januari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi Yoghurt dan Parfait Buah - Selama kehamilan, Ibu mesti menyiapkan makanan atau camilan sehat yang baik untuk pertumbuhan janin. (Sumber : pexels.com/@Nicola Barts).

Ilustrasi Yoghurt dan Parfait Buah - Selama kehamilan, Ibu mesti menyiapkan makanan atau camilan sehat yang baik untuk pertumbuhan janin. (Sumber : pexels.com/@Nicola Barts).

SUKABUMIUPDATE.com - Mempersiapkan camilan sehat selama kehamilan dapat membantu memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang optimal serta mendukung tumbuh kembang bayi.

Saat tubuh Anda tumbuh dan menyesuaikan diri, Anda mungkin mengalami perubahan nafsu makan. Mengidam makanan, serta keengganan, sangat umum terjadi pada kehamila begitu pula kelelahan.

Karena Anda lelah, mengisi dapur Anda dengan bahan-bahan untuk menyiapkan camilan sehat dan mudah dibuat sangatlah penting. Pada trimester pertama, Anda mungkin hanya bisa makan dalam porsi kecil karena mual di pagi hari, sehingga meningkatkan kebutuhan Anda akan camilan.

Baca Juga: Diet GERD: 10 Makanan yang Dianjurkan dan Mana Saja Perlu Dihindari

Pada trimester kedua dan ketiga, kebutuhan energi meningkat dan camilan sehat dapat membantu memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup.

Lalu Apa yang Harus Dimakan Selama Kehamilan?

Untuk mengoptimalkan kesehatan ibu dan mendukung tumbuh kembang janin, penting untuk mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup makanan dari semua kelompok makanan.

Ini bisa mencakup buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, protein berkualitas tinggi, dan produk susu. Penting juga untuk mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi untuk mengurangi kemungkinan tertelannya bakteri jahat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Asam Lambung (GERD)

Jika Anda mengalami mual di pagi hari, Anda bisa mencoba mengganti makanan besar dengan camilan sehat setiap satu hingga dua jam dan minum banyak cairan untuk membantu mengurangi rasa mual.

Trimester Pertama

  • Biasanya tidak diperlukan kalori ekstra untuk satu janin

Trimester Kedua

  • Sekitar 340 kkal per hari

Trimester Ketiga

  • Sekitar 450 kkal per hari

Baca Juga: 13 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang


12 Ide Camilan Sehat

Selama kehamilan, ada baiknya untuk selalu menyiapkan camilan. Mengutip verywellhealth, camilan sehat ini mengenyangkan dan kaya nutrisi untuk menjaga Anda dan bayi tetap bergizi.

1. Wortel dan Hummus

Hummus sendiri adalah makanan khas Timur Tengah yang mirip bubur. Teksturnya lembut dan creamy, mirip dengan bubur kacang hijau atau bubur sumsum.

  • Penyajian: 6-8 wortel kecil dan 1/4 cangkir hummus
  • Kalori: 176

Sayuran mentah seperti wortel dan paprika tidak hanya renyah dan lezat, tetapi juga jauh lebih rendah lemak dan natrium dibandingkan keripik tradisional. Pasangkan dengan hummus untuk camilan lezat dan kaya nutrisi.

Baca Juga: 10 Camilan Sehat yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan

2. Yogurt dan Parfait Buah

Parfait buah adalah hidangan penutup yang terdiri dari lapisan buah-buahan segar, yogurt, granola, dan custard. Parfait biasanya disajikan dalam gelas tinggi atau mangkuk kecil.

  • Penyajian: 1/2 cangkir yogurt Yunani susu murni, 1/4 cangkir beri, 2 sendok makan kacang-kacangan atau granola
  • Kalori: 225

Yogurt kaya akan protein dan kalsium yang juga dikemas dengan probiotik untuk meningkatkan sistem pencernaan yang sehat. Padukan dengan buah beri segar untuk camilan kaya antioksidan dan bergizi untuk membantu Anda tetap kenyang hingga waktu makan berikutnya.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Stres Agar Kembali Hidup Senang dan Bahagia

Parfait yogurt Yunani dengan buah-buahan mengandung protein, kalsium, magnesium, dan vitamin B12 untuk membantu bayi Anda tumbuh dan berkembang. Buah beri juga menambahkan vitamin C, folat, dan mangan.

3. Kue Beras dengan Selai Kacang

  • Penyajian : 2 kue beras dan 2 sendok makan mentega almond
  • Kalori: 242

Jika Anda menyukai makanan manis, oleskan selai kacang pada kue beras untuk camilan tengah hari yang memuaskan. Anda juga bisa menyiapkannya dengan pisang atau keping coklat hitam untuk suguhan ekstra manis.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Adalah Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

4. Keju Cottage dengan Berry

  • Penyajian: 1 cangkir keju cottage dan 1/4 cangkir beri
  • Kalori: 198

Dengan hampir 11 gram protein per porsi, keju cottage adalah camilan bergizi untuk kehamilan. Ini juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk menjaga gigi dan tulang Anda kuat. Padukan dengan buah beri segar untuk menambah rasa dan nutrisi.

5. Kacang atau Biji-bijian

  • Penyajian: 1 ons (sekitar 23 kacang almond)
  • Kalori: 167

Kacang-kacangan dan biji-bijian selalu enak untuk dimiliki karena memerlukan sedikit persiapan. Mereka juga kaya akan protein, lemak sehat , serta vitamin dan mineral untuk membuat Anda kenyang saat keinginan makan muncul. Almond dan kacang-kacangan lainnya juga cocok dipadukan dengan keju string untuk camilan yang mengenyangkan saat bepergian.

Baca Juga: Toserba Tiara Sukabumi: Dulu Pension Tjipellang dan Hotel Merdeka yang Cukup Dikenal

6. Popcorn

  • Penyajian: 3 cangkir popcorn
  • Kalori: 100

Popcorn terbuat dari biji-bijian utuh dan tinggi serat serta dapat menjadi camilan sehat jika diberi rasa yang lapang dan diberi sedikit bumbu. Namun, sebaiknya lewati atau batasi popcorn yang dilapisi gula, seperti jagung karamel.

7. Telur dengan Muffin Inggris

Muffin Inggris adalah sebuah roti berragi datar, bundar dan kecil yang umum dipotong horizontal, dipanggang, dan diberi mentega.

  • Penyajian: 1 muffin Inggris dan 1 telur orak-arik
  • Kalori: 208

Baca Juga: Enak Dibikin Sayur dan Tumis, Ini 9 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Selama kehamilan, penting untuk mendapatkan cukup vitamin D untuk menjaga kadar kalsium yang tepat. Kuning telur mengandung banyak vitamin D, A, E, dan K.3

Cukup orak-arik telur dan sajikan di atas muffin Inggris panggang untuk hidangan sarapan yang enak dan bergizi. Ingatlah untuk memastikan kuning telur dimasak dengan matang untuk menghancurkan bakteri berbahaya.

8. Smoothie

  • Penyajian: 1/2 buah pisang, 1 cangkir raspberry, 1 cangkir susu almond, 1 sendok makan selai kacang, 1/2 cangkir es
  • Kalori: 270 kalori

Baca Juga: 11 Manfaat Mengonsumsi Kacang-kacangan untuk Kesehatan Tubuh

Minum smoothie selama kehamilan dapat memaksimalkan nutrisi dan mengatasi mual di pagi hari. Vitamin B , terutama vitamin B6 dapat membantu mengatasi mual yang berhubungan dengan awal kehamilan. Ini juga dapat mendukung perkembangan kesehatan bayi Anda yang sedang tumbuh.

Isi smoothie Anda dengan sumber B6 alami seperti pisang, bayam, kenari, dan alpukat.

9. Telur Rebus

  • Porsi: 1 butir telur rebus
  • Kalori: 78

Telur kaya akan lemak sehat, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda dan bayi selama kehamilan. Kuning telur merupakan sumber kolin yang baik, yang penting untuk perkembangan otak bayi Anda.

Baca Juga: 7 Jenis Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan dan Fungsi Otak, Yuk Kenali!

10. Roti Panggang Rasa Alpukat

  • Penyajian: 1 potong roti panggang gandum dan 1/4 buah alpukat
  • Kalori: 142

Alpukat mengandung sejumlah besar nutrisi penting yang Anda perlukan selama kehamilan, seperti folat, lemak sehat, dan potasium. Hidangkan dengan roti panggang gandum, dan Anda akan mendapatkan camilan memuaskan yang kaya serat.

Untuk membuatnya, haluskan alpukat dalam mangkuk dan bumbui dengan garam dan merica sesuai selera. Oleskan pada satu atau dua potong roti gandum panggang.

11. Apel dan Keju

  • Penyajian: 1 apel dan 1 ons keju
  • Kalori: 214

Apel menawarkan serat yang mengenyangkan, serta vitamin A dan C, dan potasium. Ditambah lagi, keju memasok kalsium, protein, dan lemak untuk camilan yang mengenyangkan.

Baca Juga: 12 Makanan yang Bantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

12. Pisang

  • Penyajian: 1 buah pisang
  • Kalori: 200

Pisang adalah salah satu camilan kehamilan yang paling mudah dibawa bepergian. Mereka tinggi karbohidrat yang dapat membantu Anda mempertahankan energi sepanjang hari saat kelelahan saat hamil menyerang. 6 Mereka juga tinggi potasium, vitamin B6, dan serat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 13:00 WIB

Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna.
Ilustrasi - Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna. (Sumber : Freepik.com).
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life29 April 2024, 12:30 WIB

7 Penyesalan Orang Tua kepada Anak Akibat Kesalahan Mengasuh di Masa Lalu

Para orang tua biasanya akan mengalami rasa penyesalan manakala berurusan dengan kesalahan pada pola asuhnya di masa lalu kepada anak-anaknya.
Ilustrasi. Pola asuh. Contoh Penyesalan orang tua kepada anaknya. Sumber foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Bola29 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Selangkah Menuju Final!

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024.
Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. (Korsel) | Foro : Ist
Sehat29 April 2024, 12:00 WIB

Bebas Asam Urat: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Degeneratif Tanpa Obat

Asam urat termasuk salah satu penyakit degeneratif, yakni penyakit yang biasanya dialami oleh lansia. Meskipun saat ini, penyakit asam urat juga kerap dimiliki oleh generasi millenial dan Z.
Ilustrasi. Tenaga Profesional Kesehatan | Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Rutin Konsultasi Dokter (Sumber : pixabay.com/@Max)
Inspirasi29 April 2024, 11:57 WIB

Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi Laksanakan Penyalaan Listrik Gratis

Light Up The Dream merupakan program penyambungan listrik gratis dari donasi pegawai PLN.
PT PLN (Persero) UP3 melalui ULP Sukaraja melaksanakan penyambungan listrik gratis melalui program LUTD kepada masyarakat. | Foto: PLN
Sukabumi29 April 2024, 11:31 WIB

84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore.
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
Life29 April 2024, 11:30 WIB

6 Tanda Kamu Memiliki Bakat Jadi Pemimpin di Masa Depan, Ini Buktinya

Jika orang memiliki jiwa sebagai pemimpin, biasanya akan nampak pada sikapnya, baik untuk dirinya maupun kepada orang lain.
Ilustrasi. Tanda orang yang berjiwa pemimpin. Sumber foto : Pexels/Rebrand Cities
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba