13 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Jumat 26 Januari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).

Ilustrasi - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).

SUKABUMIUPDATE.com - Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk kesehatan tulang dan gigi yang kuat serta menunjang jantung, otot, dan saraf. Ini adalah mineral paling melimpah di tubuh dan terutama disimpan di tulang dan gigi.

Kalsium adalah bagian penting dari pola makan yang menyeluruh. Produk susu seperti susu, keju, dan yogurt kaya akan kalsium. Sumber kalsium non-air lainnya termasuk sayuran berdaun hijau, biji-bijian, dan produk kedelai seperti tahu dan edamame.

Rekomendasi kalsium harian untuk orang dewasa dan anak-anak adalah:

  • Kebanyakan untuk orang dewasa: 1.000 miligram (mg)
  • Anak-anak usia 4–8 tahun membutuhkan: 1.000 mg
  • Anak-anak dan remaja usia 9–18 tahun: 1.300 mg

Baca Juga: Buah Naga: Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Makanan Susu Tinggi Kalsium

Produk susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Mereka juga mengandung karbohidrat, protein, dan potasium. Mengonsumsi produk susu secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini juga dikaitkan dengan rendahnya risiko sindrom metabolik, suatu kombinasi kondisi yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Berikut adalah makanan yang baik untuk kesehatan tulang, dihimpun via verywellhealth.com.

1. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium dan probiotik, bakteri baik yang meningkatkan kesehatan usus dan fungsi kekebalan tubuh. Yoghurt Yunani juga kaya protein tetapi memiliki lebih sedikit kalsium dibandingkan yogurt biasa.

Satu cangkir yogurt rendah lemak menyediakan 34% dari nilai harian yang direkomendasikan yakni kalsium, fosfor, kalium, dan vitamin B. Mengonsumsi yogurt secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Buah Pisang: Nutrisi, Manfaat Kesehatan dan Batasan Mengonsumsinya

2. Susu

Satu cangkir susu murni mengandung 306 mg kalsium. 9 Secangkir susu tanpa lemak mengandung 325 mg kalsium. 10 Kalsium dalam susu diserap dengan baik oleh tubuh. Susu juga kaya akan protein , vitamin A, dan vitamin D.

3. Keju

Keju adalah sumber kalsium dan protein yang baik. Satu ons keju parmesan mengandung 242 mg kalsium. Keju yang lebih lembut cenderung memiliki lebih sedikit kalsium. Satu ons Brie mengandung 52 mg kalsium.

Keju juga menyediakan sumber protein yang baik. Satu cangkir keju cottage mengandung 23 gram (g) protein. Namun, sebelum memasukkan lebih banyak keju ke dalam makanan Anda, ingatlah bahwa keju mengandung banyak lemak jenuh, kalori, dan natrium, jadi nikmatilah dalam jumlah sedang.

Baca Juga: Buah Pir: Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Apabila Dikonsumsi Manusia

4. Protein Whey

Whey protein ditemukan dalam susu dan mengandung sekitar 160 mg kalsium dalam satu sendok. 14 Whey protein dapat meningkatkan pertumbuhan dan pemulihan otot bila dikonsumsi setelah berolahraga.

Makanan Non Dairy Tinggi Kalsium

Jika Anda tidak bisa mentolerir produk susu atau memilih untuk tidak memakannya, ada beberapa makanan kaya kalsium yang bisa Anda nikmati. Namun, tubuh lebih mudah menyerap kalsium dari produk susu dibandingkan dari sumber nabati.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti sawi, kangkung, dan bayam kaya akan kalsium. Satu cangkir sawi matang mengandung 268 mg kalsium. Bayam mengandung oksalat, senyawa alami pada tumbuhan yang mengikat kalsium dan mempersulit penyerapan tubuh.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Akan Mendapatkan Ketenangan Selama Hidupnya

6. Brokoli

Brokoli adalah sayuran silangan yang menyediakan 35 mg kalsium dalam satu porsi cangkir. Ia juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, termasuk fosfor, kalium, vitamin C, folat, beta karoten, dan vitamin K.

7. Bayam

Bayam adalah biji-bijian kuno yang dapat disajikan sebagai lauk atau sebagai pengganti nasi. Kaya akan kalsium, dengan 116 mg dalam 1 cangkir. Ini juga mengandung folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

8. Sarden

Sarden adalah ikan kecil dengan tulang yang bisa dimakan, sehingga meningkatkan kandungan kalsiumnya. Satu kaleng ikan sarden mengandung 351 mg kalsium dan 22,6 g protein. Ikan berminyak seperti sarden juga kaya akan asam lemak omega-3, yang mendukung kesehatan otak, jantung, dan kulit.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Ketenangan dan Kebahagian Hingga Tua

9. Salmon Kalengan

Salmon adalah sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Satu porsi salmon kalengan 3 ons mengandung 241 mg kalsium dan 19,6 g protein.

10. Kacang dan Lentil

Kacang-kacangan dan lentil kaya akan kalsium, protein, dan serat. Mereka juga menyediakan zat besi, seng, folat, magnesium, dan potasium. Satu cangkir kacang putih mengandung 161 mg kalsium dan 17,4 g protein.

11. Kacang Almond

Almond mengandung kalsium paling banyak per porsi kacang apa pun, dan satu porsi 1 ons (sekitar 23 kacang) menyediakan 76,3 mg. Kacang-kacangan juga menyediakan protein, serat, lemak sehat, dan vitamin E. Mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur terbukti menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 11 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia dan Tidak Mudah Stres

12. Tahu

Tahu adalah produk kedelai olahan dan diperkaya dengan kalsium. Satu setengah cangkir tahu mengandung 861 mg kalsium. Tahu dapat dipanggang, ditumis, atau dibakar dan merupakan sumber protein yang baik, terutama bagi orang yang tidak mengonsumsi daging.

13. Susu Kedelai

Susu kedelai juga diperkaya dengan kalsium (ditambahkan selama pemrosesan). Satu cangkir susu kedelai yang diperkaya menyediakan 300 mg kalsium dan 6,34 g protein.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Kalsium Melalui Makanan

Cara lain untuk mendapatkan lebih banyak kalsium melalui makanan adalah dengan menambahkan makanan yang diperkaya ke dalam makanan Anda. Makanan yang diperkaya dengan kalsium tidak secara alami mengandung kalsium tinggi tetapi memiliki tambahan mineral. Contohnya termasuk sereal sarapan, tahu, jus buah, dan susu kacang.

Baca Juga: 10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Bergantung dengan Orang Lain

Satu porsi sereal menyediakan hingga 1.000 mg kalsium. Namun, tubuh tidak dapat menyerap kalsium sebanyak itu dalam sekali konsumsi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih10 Mei 2024, 10:15 WIB

PAN: Desy Ratnasari dan Bima Arya Disiapkan untuk Pilkada Jawa Barat

PAN akan terus beriringan dengan Gerindra di Pilkada Serentak 2024.
Desy Ratnasari dan Bima Arya. | Foto: Istimewa
Life10 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Ciri-ciri Orang yang Lelah Batin, Apa Kamu Salah Satunya Juga?

Lelah batin atau kelelahan mental adalah kondisi di mana seseorang merasa lelah, terkuras, atau terbebani secara emosional dan mental.
Ilustrasi - Lelah batin atau kelelahan mental adalah kondisi di mana seseorang merasa lelah, terkuras, atau terbebani secara emosional dan mental. (Sumber : pexels.com/@Liza Summer)
Nasional10 Mei 2024, 09:33 WIB

Mulai Oktober 2024, Rumah Potong Hewan dan Unggas Wajib Sertifikasi Halal

Teten menyebut produk halal sudah menjadi permintaan dunia.
(Foto Ilustrasi) Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki buka suara soal tenggat wajib sertifikasi halal bagi pelaku usaha pada 17 Oktober 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan10 Mei 2024, 09:30 WIB

5 Masker Wajah Buah-buahan untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan masker wajah dari buah-buahan, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dan lakukan tes kecil di bagian belakang telinga atau pergelangan tangan untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahannya
Ilustrasi. Facial | Rekomendasi Masker Wajah Buah-buahan untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Membuatnya (Sumber : Pexels/GustavoFring)
Sehat10 Mei 2024, 09:00 WIB

Muncul Benjolan Aneh dan Sakit di Malam Hari, 7 Tanda Kamu Terkena Asam Urat

Sakit asam urat bisa menyerang siapa saja, dan kita harus waspada dengan gejalanya.
Ilustrasi - Sakit asam urat bisa menyerang siapa saja, dan kita harus waspada dengan gejalanya. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi10 Mei 2024, 08:30 WIB

Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini!

Lowongan Kerja S1 di Perusahaan Makanan ini dibuka untuk posisi Mechanical Project.
Ilustrasi. Mechanical Project. Lulusan S1 Punya Jiwa Loyalitas Tapi Masih Nganggur? Coba Apply Loker Ini! (Sumber : Pexels/ThisIsEngineering)
Life10 Mei 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang

Kondisi pikiran yang tenang adalah kondisi di mana pikiran seseorang merasa seimbang dan terpusat, tanpa terganggu oleh kecemasan atau stres yang berlebihan.
Ilustrasi. Bahagia. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantu Pikiran Lebih Tenang (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel10 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel!

Tuangkan air melon ke dalam gelas atau cangkir, tambahkan es batu jika diinginkan, dan nikmati kesegaran air melon yang lezat!
Melon. Cara Membuat Air Melon Segar untuk Menyehatkan Kulit, Mudah dan Simpel! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science10 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 10 Mei 2024, Termasuk Sukabumi dan Sekitarnya

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 10 Mei 2024.  | Foto: SU/Dede
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari