Ciri-ciri Orang Kecanduan Stres, Nyata dan Berbahaya Bagi Kesehatan!

Sabtu 27 Januari 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Kecanduan stres bisa menjadi kondisi yang berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental. (Sumber : pexels.com/David Garrison)

Ilustrasi - Kecanduan stres bisa menjadi kondisi yang berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental. (Sumber : pexels.com/David Garrison)

SUKABUMIUPDATE.com - Kecanduan stres adalah kondisi ketika seseorang merasa perlu untuk terus-menerus berada dalam keadaan stres. Mereka mungkin merasa hidup mereka tidak berarti atau tidak menarik kecuali mereka merasa kewalahan atau tertekan.

Orang yang kecanduan stres mungkin merasa mereka bekerja paling baik di bawah tekanan, dan mereka mungkin merasa bersalah atau cemas ketika mereka tidak merasa stres.

Bisakah Anda Kecanduan Stres?

Bisakah Anda kecanduan stres? Jawabannya iya. Ada kemungkinan untuk mengembangkan kecanduan stres. Seperti halnya kecanduan lainnya, orang yang kecanduan stres merasa tidak pernah merasa cukup akan hal itu. Mereka mungkin merasa perlu terus-menerus stres agar bisa berfungsi.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Orang yang kecanduan stres mungkin selalu merasa khawatir. Mereka mungkin mengalami kesulitan tidur atau makan karena stres. Mereka mungkin juga merasa tidak pernah bisa rileks. Jika Anda merasa cemas, stres, atau kewalahan setiap hari, mungkin inilah saatnya untuk mencari bantuan.

Apa Itu Kecanduan Stres?

Dihimpun dari northpointwashington, kecanduan stres adalah masalah nyata bagi banyak orang. Ini adalah ketergantungan pada sistem respons stres. Ketergantungan ini dapat bermanifestasi dalam berbagai cara tetapi biasanya mencakup kekhawatiran kronis, perasaan tegang atau gelisah, dan kesulitan bersantai.

Orang yang kecanduan stres sering kali merasa tidak pernah bisa lengah. Mereka mungkin mengalami kesulitan tidur atau makan karena stres dan mungkin menggunakan zat-zat seperti alkohol atau obat-obatan untuk mengatasinya.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Adalah Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Kecanduan stres adalah fenomena nyata. Sama seperti kecanduan lainnya, mengatasi sendiri bisa jadi sulit. Ketika Anda kecanduan stres, tubuh Anda menjadi terbiasa dengan kortisol dan adrenalin yang dilepaskan sebagai respons terhadap situasi stres. Adaptasi ini dapat menimbulkan masalah fisik dan emosional.

Gejala Stres

Ada beberapa tanda stres fisik dan mental. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini dalam jangka waktu yang lama, gejala-gejala tersebut mungkin menjadi hal yang umum, dan Anda tidak menganggapnya sebagai masalah. Faktanya, hal tersebut dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan Anda.

Tanda-tanda Fisik Stres

Gejala fisik stres meliputi:

  • Insomnia
  • Sakit kepala
  • Masalah pencernaan
  • Ketegangan otot
  • Nyeri dada
  • Kelelahan
  • Masalah kulit

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Orang Cerdas Dibalik Sikapnya yang Kalem dan Sederhana

Seiring waktu, ketegangan yang dibawa tubuh Anda bahkan dapat menyebabkan reaksi stres akut dan dapat menyebabkan masalah kesehatan besar seperti penyakit jantung dan stroke.

Tanda-Tanda Mental Stres

Gejala mental dan tanda-tanda stres meliputi:

  • Kecemasan
  • Depresi
  • Sifat lekas marah
  • Perubahan suasana hati
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Masalah memori

Tanda Lain Anda Kecanduan Stres

Kecanduan stres adalah fenomena nyata dan sama sulitnya untuk diatasi seperti jenis kecanduan lainnya. Jika Anda kesulitan mengatasi stres, penting untuk menyadari tanda-tanda bahwa Anda mungkin kecanduan. Berikut beberapa tanda peringatan Anda kecanduan stres dan perlu mencari bantuan:

Baca Juga: 4 Gejala Utama Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD) dan Ciri-cirinya

1. Selalu Berpergian

Jika Anda tidak bisa duduk diam atau rileks, itu mungkin pertanda Anda kecanduan stres. Anda mungkin merasa seperti Anda selalu mengejar pencapaian berikutnya dan menemukan diri Anda terus-menerus mencari pengalaman baru dan menarik. Pola ini dapat menimbulkan siklus kelelahan dan kelelahan.

2. Selalu Stres

Jika Anda terus-menerus merasa cemas, kewalahan, atau gelisah, itu tandanya stres telah mengambil alih hidup Anda. Anda mungkin merasa tidak bisa lepas dari penyebab stres dan beralih ke mekanisme penanggulangan yang tidak sehat seperti alkohol atau obat-obatan.

3. Selalu Merasa Lelah

Jika Anda terus-menerus merasa lelah, bahkan setelah tidur malam yang nyenyak, itu mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang berjuang mengatasi stres dalam hidup Anda. Anda mungkin merasa membutuhkan lebih banyak kafein untuk menjalani hari, dan Anda mungkin kesulitan berkonsentrasi atau fokus.

Baca Juga: Stres di Tempat Kerja: Penyebab, Efek Kesehatan Mental dan Cara Mengatasinya

4. Lebih Sering Sakit

Jika Anda lebih sering sakit, itu mungkin karena sistem kekebalan tubuh Anda melemah akibat stres dalam hidup. Anda mungkin juga kesulitan untuk pulih dari penyakit dan lebih rentan terhadap kondisi yang berhubungan dengan stres seperti kecemasan dan depresi.

Jika Anda berjuang melawan kecanduan stres, mencari bantuan sangatlah penting. Ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia. Langkah pertama adalah menghubungi profesional berkualifikasi yang dapat membantu Anda menilai situasi Anda dan mengembangkan rencana tindakan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich