11 Manfaat Mengonsumsi Kacang-kacangan untuk Kesehatan Tubuh

Rabu 24 Januari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Makan kacang-kacangan dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (Sumber : pexels.com/@Vanessa Loring).

Ilustrasi - Makan kacang-kacangan dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (Sumber : pexels.com/@Vanessa Loring).

SUKABUMIUPDATE.com - Kacang merupakan tanaman polong-polongan bergizi yang mengandung kombinasi unik seperti serat, protein, vitamin, dan mineral. Kacang menawarkan banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan gula darah dan kolesterol serta membantu pencernaan.

Mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan setiap minggu dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan serat. Asupan serat harian yang direkomendasikan berdasarkan jenis kelamin adalah 25–38 gram. Kacang juga kaya akan folat, potasium, zat besi, magnesium, seng, kalsium, dan banyak lagi.

Berikut adalah manfaat mengonsumsi kacang-kacangan untuk kesehatan tubuh yang dihimpun via verywellhealth.

Baca Juga: Buah Pir: Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Apabila Dikonsumsi Manusia

1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Kacang kaya akan karbohidrat kompleks, seperti serat makanan. Selain meningkatkan rasa kenyang, mengatur usus, dan membantu mengontrol gula darah, serat membantu menurunkan kolesterol. Serat larut bertindak seperti spons, menyerap cairan dan menciptakan zat seperti gel yang mengeluarkan kolesterol dari tubuh.

2. Sumber Zat Besi yang Baik

Kacang mengandung zat besi nabati yang memiliki berbagai peran. Zat besi sangat penting untuk perkembangan saraf, fungsi sel, sintesis hormon, dan pertumbuhan fisik.

Kacang mengandung zat besi nonheme yang tidak diserap secara efisien oleh tubuh. Namun mengonsumsi makanan kaya zat besi dengan makanan tinggi vitamin C dapat meningkatkan penyerapan.

Baca Juga: Buah Naga: Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

3. Dapat Mengurangi Tekanan Darah

Kacang secara alami rendah natrium dan lemak serta merupakan sumber potasium yang baik, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah dan meningkatkan kehilangan natrium melalui urin, keduanya berfungsi menurunkan tekanan darah.

4. Mengandung Folat

Folat adalah bentuk alami vitamin B9. Asupan folat yang cukup sangat penting selama kehamilan, sehingga mengurangi kemungkinan cacat bawaan. Folat juga berperan dalam metabolisme homosistein, sintesis DNA, dan pertumbuhan sel yang cepat.

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Satu setengah cangkir porsi kacang-kacangan menyediakan sekitar 11% kebutuhan magnesium Anda. Magnesium merupakan mineral penting yang memiliki banyak peran dalam tubuh.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Akan Mendapatkan Ketenangan Selama Hidupnya

Ini adalah kofaktor (koenzim) di lebih dari 300 sistem enzim yang terlibat dalam sintesis protein, pengaturan gula darah dan tekanan darah, serta fungsi otot dan saraf. Pola makan tinggi magnesium dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena diabetes tipe 2.

6. Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh

Makanan nabati seperti kacang-kacangan kaya akan polifenol, senyawa dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Namun, perannya dalam kesehatan kekebalan tubuh terus diselidiki. Kacang juga mengandung seng, mineral penting yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

7. Prebiotik untuk Kesehatan Usus

Pati resisten adalah serat yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan kacang-kacangan (kacang polong). Ia bertindak sebagai prebiotik dengan mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan usus dan meningkatkan produksi asam lemak di usus besar. Hal ini dapat meningkatkan keragaman bakteri dan organisme lain di usus ( mikrobioma usus ), sehingga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Sulit Sukses dalam Hidupnya, Apa Kamu Salah Satunya?

8. Menjaga Usus Tetap Teratur

Makanan tinggi serat, seperti kacang-kacangan, dapat menambah massa tinja dan meningkatkan kecepatan pergerakannya melalui usus. Namun, jika pola makan Anda rendah serat, tambahkan sedikit kacang-kacangan secara perlahan dan dengan jumlah air yang cukup untuk mengurangi risiko gas dan kembung.

9. Meningkatkan Perasaan Penuh

Pengosongan lambung yang tertunda terjadi setelah mengonsumsi makanan tinggi serat, sehingga meningkatkan rasa kenyang. Makanan yang mengandung protein juga lebih mengenyangkan dan dapat menurunkan nafsu makan. Meningkatnya perasaan kenyang dapat menyebabkan penurunan asupan kalori jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

10. Mendukung Regulasi Gula Darah

Kacang kaya akan serat dan protein, kombinasi yang mendukung pengendalian gula darah . Dalam sebuah penelitian, peneliti menemukan bahwa orang yang mengikuti diet rendah indeks glikemik kaya kacang-kacangan (sekitar 1 cangkir per hari) selama tiga bulan mengalami penurunan gula darah (diukur dengan HbA1c) , tekanan darah, dan berat badan.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Kebahagiaan Sampai Umurnya Tua

11. Sumber Protein yang Hebat untuk Pemakan Non-Daging

Orang yang memilih untuk tidak makan daging bisa mendapatkan manfaat dari makan kacang-kacangan, sumber protein nabati yang berharga. Protein adalah makronutrien penting yang bertindak sebagai bahan pembangun otot, tulang, tulang rawan, dan kulit.

Protein dibutuhkan ketika sel-sel sedang diperbaiki, seperti dalam penyembuhan luka. Protein juga melawan infeksi dan membawa vitamin, mineral, dan oksigen ke seluruh tubuh.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life27 April 2024, 16:30 WIB

7 Ciri-ciri Orang Baperan di Sekitar Kita, Jangan-jangan Kamu Termasuk?

Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya.
Ilustrasi - Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya. (Sumber : Pexels/Liza Summer).
Nasional27 April 2024, 16:22 WIB

Getaran Hingga Jakarta dan Sukabumi, Gempa M4,8 di Sumur Banten

Koordinator mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG Dr Daryono menyebut episenter gempa ini berada di koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT, berlokasi di laut 58 km Barat Daya Sumur, Provinsi Banten.
Parameter gempa sumur banten, Sabtu (27/4/2024) (Sumber: BMKG)
Life27 April 2024, 16:00 WIB

Ketahui Kuncinya! 6 Etika Ngobrol yang Harus Diterapkan Jika Ingin Disegani Orang

Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara.
Ilustrasi - Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara. (Sumber : Pexels/fauxels).