12 Teh Herbal yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mental

Senin 01 Januari 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Beberapa teh herbal memiliki sifat yang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. (Sumber : pexels.com/@cottonbro studio)

Ilustrasi - Beberapa teh herbal memiliki sifat yang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. (Sumber : pexels.com/@cottonbro studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Teh herbal adalah minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti daun, bunga, akar, atau kulit kayu. Teh herbal telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai tujuan, termasuk menjaga kesehatan mental.

Teh herbal bebas kafein dan terdiri dari beragam tanaman, masing-masing memiliki rasa unik dan potensi manfaat kesehatan. Banyak teh herbal mengandung senyawa yang berdampak positif pada kesehatan mental.

Teh ini mengandung senyawa bioaktif yang berinteraksi dengan neurotransmiter, hormon, dan reseptor untuk menumbuhkan rasa ketenangan dan keseimbangan mental. Dihimpun via Mind.Help, berikut ada beberapa teh yang baik untuk mendukung kesehatan mental.

Baca Juga: 9 Ciri Orang Stres Karena Mengalami Tekanan Batin, Yuk Kenali!

1. Teh Chamomile

Teh Chamomile terkenal karena khasiatnya yang menenangkan, bertindak sebagai obat penenang lembut untuk sistem saraf. Senyawa alaminya, seperti apigenin, membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan relaksasi. Menyeruput teh kamomil dapat menciptakan ritual yang menenangkan, cocok untuk menenangkan diri setelah hari yang melelahkan.

2. Teh Lavender

Teh lavender yang berasal dari ramuan wangi, menawarkan manfaat relaksasi karena kualitas aroma-terapeutiknya. Aroma lavender yang menyenangkan dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan membantu meningkatkan kualitas tidur, menjadikannya pilihan yang menenangkan untuk kesehatan mental.

3. Teh Lemon Balm

Teh lemon balm dikenal karena khasiatnya yang meningkatkan suasana hati. Senyawanya, seperti asam rosmarinic, membantu mengurangi stres dan meningkatkan ketenangan pikiran. Teh ini sangat efektif untuk mengurangi kegelisahan dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

Baca Juga: Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Mental! Ini 7 Manfaat Daun Kemangi

4. Teh Peppermint

Aroma teh peppermint yang menyegarkan dan kandungan mentol dapat membantu meringankan kelelahan mental dan meningkatkan fokus. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan kejernihan mental, menjadikannya ideal untuk momen konsentrasi.

5. Teh Bunga Markisa

Teh bunga markisa terkenal karena efek penenangnya, membantu meringankan gejala kecemasan dan kegelisahan. Teh herbal ini bekerja dengan meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA), neurotransmitter yang meningkatkan relaksasi.

6. Teh Akar Valerian

Teh akar valerian telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk insomnia dan kecemasan. Mengandung senyawa yang berinteraksi dengan reseptor GABA di otak, menghasilkan rasa tenang dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Luka Batin Agar Bisa Kembali Bangkit dan Hidup Tenang

7. Teh Holy Basil

Teh daun kemangi suci atau tulsi, adalah adaptogen yang membantu tubuh mengatasi stres. Ini mendukung kelenjar adrenal dan membantu mengatur tingkat kortisol, meningkatkan respons stres yang seimbang dan kesehatan mental secara keseluruhan.

8. Teh Lemon Verbena

Teh lemon verbena menawarkan rasa jeruk yang menyegarkan dan mengandung antioksidan yang mendukung stabilitas suasana hati. Efek menenangkannya membantu meredakan ketegangan saraf dan meningkatkan relaksasi.

9. Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu kaya akan antioksidan yang mendukung kesehatan otak dengan mengurangi stres oksidatif. Warnanya yang cerah dan rasanya yang asam menjadikannya pilihan yang menyenangkan untuk meningkatkan suasana hati dan meningkatkan vitalitas kognitif.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Lelah Batin Agar Bisa Hidup Tenang dan Bahagia

10. Teh Hijau

Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang meningkatkan relaksasi dan fokus. Dikombinasikan dengan kandungan kafeinnya yang ringan, teh hijau menawarkan peningkatan energi yang seimbang dan kejernihan mental.

11. Teh Ginseng

Teh ginseng, berasal dari akar ginseng, merupakan adaptogen yang dikenal dapat meningkatkan manajemen stres dan fungsi kognitif. Senyawa ginsenoside-nya memerangi kelelahan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan ketahanan mental, menjadikannya ideal untuk meningkatkan fokus dan kesejahteraan secara keseluruhan.

12. Teh Rosemary

Teh rosemary, dari daun aromatik, menawarkan manfaat kognitif dan suasana hati. Dengan senyawa seperti asam rosmarinic, mendukung daya ingat, konsentrasi, dan ketajaman mental. Aroma rosemary yang menyegarkan menstimulasi kewaspadaan, melawan kelelahan mental dan menumbuhkan suasana hati yang positif, cocok untuk meningkatkan ketajaman mental dan membangkitkan semangat.

Baca Juga: 11 Tanda Gangguan Kesehatan Mental Pada Seseorang, Yuk Kenali!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams