Bagus Untuk Kesehatan Mental Loh! 5 Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Senin 01 Januari 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi - Manfaat memelihara hewan peliharaan sangat banyak, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Manfaat memelihara hewan peliharaan sangat banyak, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Memelihara hewan peliharaan adalah salah satu pengalaman yang menyenangkan. Namun, tahukah kamu hewan peliharaan dapat memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental?

Hewan peliharaan membutuhkan perhatian dan perawatan yang rutin, seperti berjalan-jalan, bermain, dan makan. Hal ini dapat mendorong pemiliknya untuk lebih aktif bergerak dan berolahraga.

Bermain dengan hewan peliharaan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini karena bermain dapat meningkatkan produksi endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi stres.

Baca Juga: Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Mental! Ini 7 Manfaat Daun Kemangi

Nah, berikut adalah beberapa manfaat memelihara hewan peliharaan yang baik untuk kesehatan, seperti dihimpun via everydayhealth.

1. Hewan Peliharaan Baik untuk Hubungan Sosial

Memiliki seekor anjing membawa Anda keluar, di mana Anda secara alami akan berinteraksi dan terlibat dengan orang-orang secara teratur. Misalnya, hewan peliharaan dapat berfungsi sebagai pemecah kebuntuan dalam sosial, kata Nancy R. Gee, PhD , seorang profesor psikiatri dan Ketua Bill Balaban dalam Interaksi Manusia dan Hewan di Virginia Commonwealth University di Richmond.

“Bagi banyak orang, hewan peliharaan berfungsi sebagai modal sosial di lingkungan sekitar dan komunitas,” kata Dr. Gee. “Mereka mempercepat pertukaran bantuan dan mendorong keterlibatan masyarakat.”

Baca Juga: 12 Teh Herbal yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mental

Hal ini mungkin sangat berarti bagi para introvert, atau orang-orang yang kesulitan memulai percakapan dengan orang baru, misalnya. Gee merujuk pada survei riset pasar pada tahun 2019 yang menemukan bahwa lebih dari separuh (54 persen) responden mengatakan hewan peliharaan mereka membantu mereka terhubung dengan orang lain.

“Studi observasi lain menemukan bahwa berjalan-jalan dengan anjing di depan umum meningkatkan frekuensi interaksi sosial dan pengakuan sosial, seperti tatapan ramah dan senyuman,” kata Gee.

2. Memiliki Hewan Peliharaan Bantu Menurunkan Tekanan Darah

Meskipun memiliki hewan peliharaan tidak membuat Anda makan dengan buruk atau mengambil risiko kesehatan, kabar baiknya adalah bahwa kepemilikan hewan peliharaan dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung.

Baca Juga: 11 Tanda Gangguan Kesehatan Mental Pada Seseorang, Yuk Kenali!

Sebuah penelitian sebelumnya meneliti kepemilikan hewan peliharaan dan reaktivitas kardiovaskular, penanda potensial risiko penyakit jantung dan menemukan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan memiliki detak jantung dan tekanan darah dasar yang lebih rendah.

Pemilik hewan peliharaan juga mengalami peningkatan detak jantung dan tekanan darah yang lebih kecil selama periode stres, dan peningkatan ini lebih cepat kembali normal setelahnya, menurut penelitian yang menganalisis pemilik anjing dan kucing.

Studi terkontrol acak lainnya, yang diterbitkan di Hypertension pada bulan April 2018, menunjukkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan dikaitkan dengan respons tekanan darah yang lebih rendah terhadap stres mental.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Lelah Batin Agar Bisa Hidup Tenang dan Bahagia

3. Hewan Peliharaan Dapat Membantu Mencegah Kesepian

Bahkan jika Anda memiliki pasangan atau tinggal bersama teman sekamar, rasa kesepian dapat menghampiri. Namun memiliki hewan peliharaan dapat membantu, kata Dr. Fierstein, terutama bagi orang yang tinggal sendirian.

Misalnya, jika Anda bekerja dari jarak jauh, Anda tahu akan menenangkan jika anjing atau kucing Anda meringkuk di samping Anda saat mengetik di laptop. Persahabatan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda, kata Gee.

Penelitian ilmiah yang kuat mengenai hal ini masih kurang, namun secara anekdot, setidaknya, tampaknya pemilik hewan peliharaan dengan cepat menghubungkan kurangnya rasa kesepian dengan hewan peliharaan berbulu mereka.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Luka Batin Agar Bisa Kembali Bangkit dan Hidup Tenang

Meskipun demikian, sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Desember 2021 di PLoS One meneliti penanda psikologis pada pemilik anjing dan non-pemilik anjing selama pandemi COVID-19 melalui survey online yang tervalidasi.

Para peneliti menemukan bahwa pemilik anjing melaporkan bahwa mereka merasa mendapat lebih banyak dukungan sosial (dan lebih sedikit rasa kesepian), yang mereka yakini disebabkan oleh hewan peliharaan mereka.
Mereka juga dilaporkan mengalami lebih sedikit gejala depresi dibandingkan non-pemilik anjing, meskipun mereka tidak menemukan perbedaan dalam tingkat kecemasan atau kebahagiaan secara keseluruhan.

Dan menurut laporan tahun 2019 oleh Human Animal Bond Research Institute dan Mars Petcare , 80 persen pemilik hewan peliharaan mengatakan bahwa hewan peliharaan mereka membuat mereka tidak merasa terlalu kesepian.

Baca Juga: 9 Ciri Orang Stres Karena Mengalami Tekanan Batin, Yuk Kenali!

Ricky Thompson, konselor kesehatan mental berlisensi di Thriveworks di Jacksonville, Florida, merujuk pada penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2020 di Aging & Mental Health yang menunjukkan bahwa kepemilikan anjing dikaitkan dengan lebih sedikit perasaan terisolasi dibandingkan kepemilikan kucing, untuk mendukung gagasan ini.

Namun pada akhirnya, ketika memutuskan jenis hewan berbulu mana yang terbaik, kata Thompson, “hal ini tergantung pada preferensi pribadi dan jenis hewan apa yang paling nyaman bagi seseorang.”

4. Mengelus Hewan Peliharaan Dapat Meningkatkan Hormon Perasaan Baik

Pernahkah Anda berpikir mengapa Anda membelai hewan peliharaan Anda, menggaruk telinga anjing Anda, atau mengelus perut berbulu kucing Anda? Tentu saja, hewan peliharaan Anda mungkin senang jika pemiliknya memberikan perhatian yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat hormonal bagi orang yang mengelusnya juga. Misalnya, sebuah penelitian kecil, yang diterbitkan pada bulan Oktober 2017 di Frontiers in Psychology, menemukan bahwa memelihara anjing dikaitkan dengan tingkat hormon oksitosin yang lebih tinggi dan tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah.

Studi kecil lainnya terhadap peserta yang dipasangkan dengan anjing baru menunjukkan bahwa kehadiran Fido dikaitkan dengan penurunan kadar kortisol selama tes stres di lingkungan yang tidak biasa.

Fierstein mengatakan membelai teman berbulu Anda dapat meningkatkan produksi oksitosin dan endorfin , yang menurutnya dapat membantu mengurangi perasaan stres, kecemasan, depresi, kesepian, dan isolasi sosial.

5. Hewan Peliharaan Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental

“Hewan peliharaan memupuk hubungan sosial dan emosional, yang secara positif dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan,” kata Fierstein. Dia menambahkan bahwa hewan peliharaan dapat menjadi sumber dukungan bagi orang-orang yang hidup dengan kondisi kesehatan mental, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian observasional.

Penelitian tampaknya mendukung gagasan bahwa hewan peliharaan dapat meningkatkan kesehatan mental. Sebuah ulasan besar, yang diterbitkan pada bulan Februari 2018 di BMC Psychiatry, meneliti 17 penelitian yang dilakukan tentang kepemilikan hewan peliharaan di antara orang-orang yang hidup dengan kondisi kesehatan mental.

Tinjauan tersebut menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan memiliki banyak manfaat potensial bagi kelompok ini, misalnya kepemilikan anjing terbukti bermanfaat bagi para veteran yang hidup dengan gangguan stres pasca-trauma dan kepemilikan hewan peliharaan secara umum dikaitkan dengan peningkatan stabilitas emosional. Memiliki hewan peliharaan juga dikaitkan dengan peningkatan makna dan tujuan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat05 Mei 2024, 09:43 WIB

KOPPURI Canangkan Dana Abadi Komunitas Bersama LW Doa Bangsa

Program Dana Abadi berbasis Wakaf dan PMKH, kembali disosialisasikan oleh LW Doa Bangsa kepada KOPPURI di Gunung Puntang.
Koperasi Konsumen Pedagang Puntang Lestari (KOPPURI) canangkan dana abadi komunitas bersama Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Mei 2024, 09:00 WIB

9 Rekomendasi Sarapan Terbaik Bagi Penderita Asam Lambung (GERD)

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD).
Ilustrasi Crepes - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD). (Sumber : pexels.com/@ The Castlebar).
Sehat05 Mei 2024, 08:00 WIB

Picu Serangan, 4 Bahaya Terlalu Banyak Makan Purin untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat memiliki metabolisme yang tidak efisien dalam mengurai purin.
Ilustrasi - Serangan Asam Urat di Rumah Adalah Salah Satu Bahaya Makan Purin Berlebihan (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel05 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jawer Kotok untuk Mengobati Diabetes, 7 Langkah Simpel!

Daun Jawer Kotok memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pahit namun bisa diolah sebagai air rebusan untuk mengobati diabetes secara alami.
Ilustrasi. Daun Jawer Kotok, Bahan Air Rebusan untuk Mengobati Diabetes Secara Alami. Foto: Instagram/@gerbanghijau
Science05 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan untuk Sukabumi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)