7 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Penyakit Jantung, Hindari Jika Ingin Selamat!

Kamis 20 Juni 2024, 20:15 WIB
Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)

Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagian tubuh yang menjadi sumber kehidupan adalah jantung. Maka dari itu, perlu menjaga kesehatan agar jantung juga menjadi sehat serta terbebas dari penyakit.

Namun, terkadang banyak orang lupa dan melakukan kebiasaan buruk yang justru mengancam terserang penyakit jantung. Jika jantung sudah tidak sehat, maka tubuh pun berisiko untuk terkena komplikasi lainnya.

Menjaga jantung tentu banyak caranya. Salah satunya dengan mengadopsi pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk agar tidak terserang penyakit jantung.

Mengutip dari laman The Health Site, serangan jantung terjadi ketika tubuh kekurangan atau ada penyumbatan total suplai darah di arteri. Hal ini bisa terjadi akibat adanya kebiasaan buruk yang dilakukan. Berikut 7 kebiasaan buruk yang menyebabkan penyakit jantung, menurut laman tersebut:

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

1. Merokok

Kebiasaan buruk seperti merokok dapat merusak pembuluh jantung dan menyebabkan pembekuan darah, sehingga hal ini membuat seseorang terkena serangan jantung.

2. Konsumsi Alkohol

Menurut British Heart Foundation, kebiasaan buruk minum alkohol yang berlebihan akan membuat tekanan darah tinggi dan akhirnya menyebabkan serangan jantung.

3. Diet yang Buruk

Makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan kolesterol "jahat" atau LDL dalam darah. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke.

Oleh karena itu, kebiasaan makan yang buruk akan menjadi faktor paling berpengaruh pada jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Tips Makan Malam yang Aman untuk Menjaga Kadar Gula Darah dan Contoh Menunya

4. Kurangnya Aktivitas Fisik

Orang yang sedikit atau tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali beresiko lebih tinggi mengalami serangan jantung. Oleh sebab itu, menambah aktivitas fisik yang positif seperti olahraga merupakan hal baik bagi kesehatan jantung.

5. Asupan Garam Tinggi

Terlalu banyak natrium menyebabkan hipertensi. Jika sudah pada tahap hipertensi, sangat mungkin menjadi penyebab serangan jantung.

Dengan mengatur asupan garam dan menghindari kelebihan natrium, maka kita bisa membuat tubuh lebih sehat dan jantung juga terjaga.

6. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Menurut Harvard Health, kurang tidur dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan tekanan darah tinggi pada tubuh. Hal ini tentu pada akhirnya bisa meningkatkan resiko serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

7. Makan Berlebihan

Makan terlalu banyak tanpa pembakaran kalori akan menyebabkan penumpukan lemak dan pembekuan darah. Yang pada akhirnya akan menyebabkan serangan jantung.

Hindarilah kebiasaan buruk agar tubuh tetap sehat dan bugar, sehingga jantung juga sehat serta terhindar dari penyakit yang membahayakan. Menjaga pola makan dan rutin berolahraga dengan porsi yang sesuai akan membuat tubuh lebih sehat dan terjaga dari segala penyakit.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Internasional23 Juli 2024, 19:32 WIB

Mengenal Kimberly Cheatle, Wanita Hebat Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat

Kimberly Cheatle adalah seorang petugas penegak hukum yang telah menjabat sebagai direktur ke-27 Secret Service atau Dinas Rahasia Amerika Serikat
Kimberly Cheatle: Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat | Foto : kob.com
Gadget23 Juli 2024, 19:30 WIB

Xiaomi MIX Fold 4: HP Lipat yang Ringan dan Tipis dengan Kamera Periskop

Xiaomi Mix Fold 4 adalah pilihan menarik bagi konsumen yang mencari ponsel lipat tipis dan ringan dengan fitur-fitur unggulan.
Xiaomi Mix Fold 4 adalah pilihan menarik bagi konsumen yang mencari ponsel lipat tipis dan ringan dengan fitur-fitur unggulan. (Sumber : mi.com).