9 Cara Mudah Mencegah dan Mengelola Sakit Kepala Saat Kehamilan

Jumat 14 Juni 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi cara mencegah dan mengelola sakit kepala saat kehamilan (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)

Ilustrasi cara mencegah dan mengelola sakit kepala saat kehamilan (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit kepala memang tidak menyenangkan, tapi ketika sedang hamil, hal ini juga bisa jadi mengkhawatirkan. Karena penyakit ini sangat umum terjadi pada kehamilan serta dapat disebabkan oleh apa saja mulai dari hormon kehamilan, perubahan postur tubuh hingga penghentian kafein, dan stres.

Seringkali, sakit kepala saat hamil tidak berbahaya. Namun terkadang bisa menjadi indikasi komplikasi kehamilan yang serius seperti preeklamsia.

Menurut penjelasan Giuseppe Ramunno, MD , OB-GYN di Bethany Women's Healthcare di Phoenix, yang dikutip dari laman parents.com, sakit kepala pada trimester pertama sering terjadi karena ada lonjakan hormon dan peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Selama trimester ketiga, sakit kepala sejak minggu ke 27 mungkin berhubungan dengan postur tubuh yang buruk dan ketegangan akibat membawa beban yang semakin meningkat, seiring pertumbuhan bayi.

Selain itu, banyak hal yang bisa menyebabkan sakit kepala muncul walau Anda tidak memiliki riwayatnya, tapi ketika hamil bisa merasakan penyakit itu.

Cara Mencegah dan Mengelola Sakit Kepala Kehamilan

Sakit kepala tidak selalu dapat dicegah, terutama selama kehamilan, namun jika merasa rentan terhadap sakit kepala, pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan atau dokter tentang rencana untuk menanganinya.

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

Selain tetap berhubungan dengan penyedia layanan kesehatan, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala selama kehamilan. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda coba, mengutip dari laman parents.com:

1. Tentukan Pemicu Sakit Kepala

Pantau pola makan dan aktivitas Anda, serta kapan sakit kepala menyerang, untuk membantu mempelajari cara mengubah kebiasaan yang menyebabkan sakit kepala.

2. Latihan atau Olahraga

Temukan olahraga ringan hingga sedang yang Anda sukai. Lakukan jalan-jalan setiap hari atau lakukan yoga prenatal, jika hal ini diizinkan oleh penyedia layanan kesehatan.

3. Lakukan Latihan Relaksasi

Pernapasan dalam, yoga, meditasi, dan visualisasi semuanya dapat membantu para ibu hamil agar bisa menghilangkan stres selama masa kehamilan.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

4. Jaga Gula Darah Tetap Stabil

Makanlah dalam porsi kecil dan sering sepanjang hari untuk menjaga gula darah tetap stabil dan terkendali.

5. Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak cairan agar tetap terhidrasi, terutama setelah melakukan aktivitas fisik atau menghabiskan waktu di luar ruangan.

6. Ikuti Jadwal Tidur yang Teratur

Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan merupakan cara tepat untuk mengurangi atau mencegah sakit kepala muncul ketika hamil.

Baca Juga: Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah: 4 Cara Memasukannya Kedalam Pola Makan

7. Gunakan Terapi Panas dan Dingin

Menggunakan panas untuk mengendurkan otot-otot leher dan wajah, lalu kompres dingin untuk menyempitkan pembuluh darah yang melebar di kepala bisa menjadi cara efektif untuk menghentikan sakit kepala.

8. Periksa Postur Tubuh

Kehamilan bisa memberikan banyak tekanan pada tubuh bagian atas. Dengan mendukung postur tubuh, Anda mungkin membantu untuk meringankan atau mengurangi ketegangan otot yang bisa menjadi penyebab sakit kepala.

9. Meredakan Ketegangan

Anda dapat mencoba pijat prenatal dan mencari relaksasi perut untuk kehamilan jika mengalami banyak nyeri di leher dan bahu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)
Film22 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan

Kang Mak from Peek Mak adalah salah satu film horor komedi terbaru di Indonesia yang akan tayang di seluruh bioskop Tanah Air, pada Kamis, 15 Agustus 2024 mendata
Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan (Sumber : Instagram/@vinogbastian__)
Sukabumi22 Juli 2024, 16:07 WIB

Bobby Maulana dan Tim MKTech Bantu Modal Usaha Pak Engkos Korban Hipnotis

Bagian dari program "Menata Kebaikan," Bobby Maulana dan tim MKTech memberikan bantuan modal usaha kepada Pak Engkos. Selain itu, mereka juga memberikan penghargaan sebagai pelaku UKM yang telah konsisten berjualan selama puluhan
Artis Bobby Maulana saat bertemu Pak Engkos (tukang tahu yang jadi korban hipnotis) warga Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 16:00 WIB

7 Ciri Perempuan yang Memiliki Inner Beauty Kuat Dalam Dirinya

Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik.
Ilustrasi - Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik. (Sumber : pexels.com/@Hải Nguyễn).
Entertainment22 Juli 2024, 15:45 WIB

Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour

Kabar gembira buat penggemar Kpop, girl grup legendaris asal YG Entertainment yaitu 2NE1 akan comeback dan menggelar tur secara global untuk bertemu dengan penggemar.
Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour (Sumber : Instagram/@yg_ent_official)
Sukabumi22 Juli 2024, 15:33 WIB

Rumah di Parungkuda Sukabumi Kebakaran, Baru Ditinggalkan 2 Menit oleh Pemilik

Hanya berselang dua menit setelah meninggalkan rumah, api sudah terlihat berkobar.
Rumah Muhammad Raharjo (20 tahun) kebakaran pada Senin (22/7/2024). Rumah ini berlokasi di Kampung Leuwi Orok RT 10/04 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Film22 Juli 2024, 15:30 WIB

Sinopsis Daily Dose of Sunshine, Menang Drama Terbaik di Blue Dragon Series Awards

drama korea Daily Dose of Sunshine memenangkan nominasi sebagai drama terbaik di Blue Dragon Series Awards ke-3. Bahkan, Park Bo Young yang menjadi pemeran utama juga menjadi pemenang sebagai pemeran utama wanita terbaik
Sinopsis Daily Dose of Sunshine, Menang Drama Terbaik di Blue Dragon Series Awards (Sumber : X /@infodrakor_id)
Bola22 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persis Solo vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persis Solo vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persis Solo vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa.).