5 Penyebab Umum Kram Perut Pada Kehamilan Trimester Pertama

Sabtu 08 Juni 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi - penyebab kram perut pada kehamilan trimester pertama. (Sumber : pexels.com/@cottonbro studio).

Ilustrasi - penyebab kram perut pada kehamilan trimester pertama. (Sumber : pexels.com/@cottonbro studio).

SUKABUMIUPDATE.COM - Kram perut yang terasa mirip dengan kram menstruasi paling sering terjadi pada trimester pertama dan kedua kehamilan. Kram perut pada awal kehamilan yang normal ini biasanya berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa jam. 

Kram juga biasanya bersifat ringan dan dapat berkurang seiring dengan perubahan posisi. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika nyeri kram yang Anda rasakan tidak parah, dan hanya terjadi di satu sisi saja, atau disertai pendarahan. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang kram di awal kehamilan.

Kram Perut di Trimester Pertama

Sebagian besar kehamilan akan mengalami kram ringan secara berkala selama 16 minggu pertama,” kata Chad Klauser, MD, Asisten Profesor Klinis Obstetri dan Ginekologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai di New York City. Berikut beberapa penyebab umum kram pada trimester pertama. 

1. Kram implantasi

Bagi sebagian orang, kram adalah salah satu tanda awal kehamilan, seperti yang terkadang terjadi saat sel telur yang telah dibuahi masuk ke dalam dinding rahim.

Fenomena ini dikenal sebagai kram implantasi, dan rasanya seperti menstruasi akan segera dimulai, jelas Holly Puritz, MD , direktur medis untuk Sentara Leigh Hospital Group for Women di Norfolk, Virginia.

2. Pertumbuhan rahim

Pertumbuhan rahim yang cepat pada dua trimester pertama kehamilan juga dapat menyebabkan sensasi tertarik pada perut. Rahim Anda harus meregang dan mengembang untuk menampung bayi yang sedang tumbuh, dan ini dapat menyebabkan kram berkala.

3. Masalah pencernaan

Perubahan kadar hormon dapat menyebabkan peningkatan gas, kembung, dan sembelit selama trimester pertama. Sehingga semua masalah pencernaan ini bisa memicu sensasi kram.

4. Kehamilan ektopik

Dalam kasus yang jarang terjadi, kram pada trimester pertama dapat disebabkan oleh kehamilan ektopik (ketika embrio tertanam di luar rahim, biasanya di tuba falopi).

Kehamilan ektopik seringkali disertai dengan kram di satu sisi, pendarahan, sakit kepala ringan, atau nyeri bahu.

5. Keguguran

Keguguran paling sering terjadi karena perkembangan embrio yang tidak normal (biasanya disebabkan oleh kelainan kromosom). Kram yang berhubungan dengan keguguran terjadi saat rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah dan jaringan.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), keguguran paling sering terjadi pada awal kehamilan (80% kasus) dan terjadi pada 10% kehamilan yang diketahui secara klinis.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Contoh kultur jaringan anggrek dendrobium | Foto : Istimewa
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)