Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah: 4 Cara Memasukannya Kedalam Pola Makan

Selasa 04 Juni 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi. Kayu manis adalah obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)

Ilustrasi. Kayu manis adalah obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)

SUKABUMIUPDATE.com - Kayu manis merupakan rempah-rempah yang berasal dari kulit dalam pohon kayu manis (Cinnamomum verum atau Cinnamomum cassia). Tanaman herbal ini memiliki aroma yang khas dan telah lama digunakan dalam berbagai masakan serta obat-obatan tradisional selama berabad-abad.

Beberapa penelitian menunjukkan, kayu manis dapat membantu mengurangi kadar glukosa (gula) dalam darah. Dikutip dari verywellhealth, berikut adalah hubungan kayu manis dan gula darah.

Kayu Manis

Kayu manis sendiri bersumber dari kulit bagian dalam pohon Cinnamomum. Saat dikeluarkan dari batang pohon dan dibiarkan mengering, kulit kayu secara alami akan menggulung menjadi duri yang biasa disebut sebagai batang kayu manis. 

Baca Juga: 5 Alasan Kadar Gula Darah Tidak Mau Turun, Anda Pernah Mengalaminya?

Batang kayu manis dijual apa adanya atau bisa juga digiling menjadi bubuk halus. Kedua bentuk tersebut mudah ditemukan di toko kelontong atau dimanapun bumbu dan bahan masakan dijual.

Terdapat dua jenis kayu manis yaitu Ceylon, atau "kayu manis asli" yang harganya lebih mahal,  dan kayu manis lainnya, cassia, digunakan untuk membumbui sebagian besar produk makanan.

Rasa dan aroma khas kayu manis berasal dari minyak atsiri yang bernama cinnamaldehyde. Minyak esensial tersebutlah yang diyakini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Kayu manis juga memiliki jumlah antioksidan yang signifikan, lebih tinggi dibandingkan 25 rempah lainnya.

Baca Juga: 10 Tips Mengelola Diabetes Saat Hari Raya Idul Adha, Makan Enak Gula Darah Stabil

Kayu Manis dan Gula Darah

Penelitian yang mengamati potensi efek kayu manis pada kadar gula darah telah mengusulkan dua manfaat rempah-rempah tersebut. Pertama adalah dengan memberikan efek mirip insulin dalam tubuh, dengan kata lain, memicu sel untuk mengeluarkan glukosa dari darah. 

Kedua adalah dengan meningkatkan aktivitas protein transporter yang memindahkan glukosa keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel. Penelitian konklusif yang menyelidiki penggunaan kayu manis dalam mengelola diabetes masih kurang. 

Hal-hal yang ada bersifat kontradiktif, ada yang menunjukkan dampak positif yang signifikan dan ada pula yang menunjukkan sedikit atau bahkan tidak ada pengaruh. Namun, ada beberapa temuan positif. 

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Gula Darah Naik Saat Lebaran Idul Adha

Di antara temuan positif tersebut, meta-analisis tahun 2013 dari 10 uji coba terkontrol secara acak menyimpulkan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat menurunkan gula darah puasa. Analisis tersebut juga menemukan bahwa kayu manis memiliki efek positif terhadap kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Cara Menambahkan Kayu Manis ke Pola Makan Anda

Selain menambahkan kayu manis ke dalam makanan Anda, ada juga suplemen kayu manis yang bisa Anda beli secara online dan di toko suplemen nutrisi. Tidak ada aturan mengenai penggunaan suplemen ini secara tepat, meskipun beberapa produsen merekomendasikan 2.000 miligram (mg) per hari.

Meskipun demikian, menambahkan kayu manis dalam jumlah yang wajar ke dalam makanan kemungkinan besar tidak berbahaya. Dalam penelitian yang menemukan kayu manis memiliki efek positif pada kadar gula darah, subjek mengonsumsi setara dengan satu sendok teh per hari.

Baca Juga: 7 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Gula Darah Terkendali!

Memasukkan Kayu Manis ke dalam Pola Makan

1. Tambahkan ke Minuman:

  • Teh Kayu Manis: Rebus air dengan satu batang kayu manis selama 10 menit. Saring dan minum sebagai teh.
  • Smoothie: Tambahkan setengah sendok teh kayu manis ke dalam smoothie buah.
  •  

2. Campurkan ke dalam Makanan Sarapan:

  • Oatmeal: Taburkan setengah sendok teh bubuk kayu manis ke dalam oatmeal atau bubur sarapan.
  • Yogurt: Aduk setengah sendok teh kayu manis ke dalam yogurt rendah lemak bersama dengan buah segar.
    •  

3. Pencuci Mulut:

  • Muffin dan Roti: Tambahkan kayu manis ke dalam adonan muffin atau roti yang Anda buat.
  • Apel Panggang: Panggang irisan apel dengan taburan kayu manis dan sedikit madu sebagai camilan sehat.

4. Masakan Gurih:

  • Bumbu Masak: Gunakan kayu manis dalam bumbu masak untuk hidangan seperti kari atau sup.
  • Marinasi: Tambahkan sedikit kayu manis ke dalam bumbu marinasi untuk ayam atau daging tanpa lemak.




AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan22 Juli 2024, 18:30 WIB

Kenapa Sunscreen Harus Dipakai Meski di Dalam Ruangan? Ini 5 Alasannya!

Sinar UVA dapat menembus kaca jendela dan menyebabkan kerusakan kulit seperti penuaan dini dan risiko kanker kulit. Sunscreen membantu melindungi kulit dari paparan tersebut ketika di dalam ruangan.
Ilustrasi. Menjadikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan meskipun tidak beraktivitas di luar. (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)
Sukabumi22 Juli 2024, 18:20 WIB

Asep Japar Bicara Pemeliharaan Budaya Sukabumi Di Acara Seren Taun Kasepuhan Girijaya

Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024).
Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024) | Foto : Ist
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 18:06 WIB

Pemkab dan DPRD Sukabumi Sepakati RPJPD 2025-2045

Pemkab Sukabumi dan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045 di Rapat Paripurna.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan pimpinan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life22 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Wajah Mulus Bercahaya dan Memancarkan Aura Positif

Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.
Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.  | Foto : Pixabay
Sukabumi22 Juli 2024, 17:52 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan dan Edukasi Ke Warga di Pasar Ramayana Sukabumi

BPJS Ketenagakerjaan Kota Sukabumi memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di Toserba Ramayana, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Selasa 16 Juli 2024.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)