9 Cara Meredakan Sakit Punggung Saat Hamil, Sudah Disetujui Para Ahli!

Minggu 09 Juni 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi. Cara meredakan sakit punggung saat kehamilan. Foto: Freepik/@tirachardz

Ilustrasi. Cara meredakan sakit punggung saat kehamilan. Foto: Freepik/@tirachardz

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika mengalami sakit punggung saat hamil, rasa sakitnya mungkin sulit diredakan karena perubahan hormon dan pertumbuhan bayi akan memperparah rasa sakit tersebut.

Di awal kehamilan, tubuh Anda mulai memproduksi hormon relaksin, yang membuat ligamen dan persendian lebih fleksibel namun juga dapat membuat punggung Anda stres.

Kemudian, antara bulan kelima dan bulan ketujuh, rahim Anda bergerak ke perut, memberi tekanan lebih besar pada punggung bagian bawah dan tengah, jelas Holly Herman, DPT , penulis buku How to Raise Children Without Breaking Your Back: A Body Manual for New Mothers dan Orang Tua dari Anak Kecil.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Ada banyak cara yang disetujui para ahli untuk meredakan nyeri punggung saat hamil, mulai dari meditasi dan pengobatan hingga pijat dan akupunktur. 

Berikut beberapa solusi untuk meringankan sakit punggung saat tubuh Anda melakukan pekerjaan terpentingnya untuk menumbuhkan bayi.

Cara Meredakan Sakit Punggung

  1. Berlatih Yoga Prenatal

Prenatal yoga terdiri dari latihan perlahan dan lembut yang menjaga Anda dan bayi tetap aman, yoga prenatal telah terbukti meningkatkan gaya berjalan dan kelincahan pada ibu hamil serta mengurangi ketidaknyamanan secara keseluruhan.

Yoga prenatal dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan menyegarkan tubuh sebagai persiapan untuk proses melahirkan. Yoga prenatal juga mengatasi stres emosional dengan latihan pernapasan yang dalam dan penuh perhatian. 

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

  1. Minum Obat (Dengan Hati-hati)

Banyak orang yang berhati-hati dalam mengkonsumsi obat selama kehamilan. Namun bila ketidaknyamanan punggung semakin parah, dokter mungkin merekomendasikan obat pereda nyeri yang aman untuk kehamilan untuk membantu Anda mengatasinya.

  1. Cobalah Akupuntur

Akupuntur adalah praktik pengobatan tradisional 

Tiongkok dimana jarum halus di tusukkan ke titik-titik tekanan tertentu pada tubuh yang sesuai dengan berbagai sistem kesehatan fisik dan emosional. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara akupunktur dan pereda nyeri punggung saat hamil.

Merangsang titik-titik akupunktur ini melalui penyisipan jarum atau akupresur (teknik di mana praktisi menggunakan jari sebagai pengganti jarum) juga dapat membantu mengatasi mual di pagi hari.

Namun akupunktur harus diberikan dengan benar untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan seperti mual, sakit kepala, dan rangsangan berlebihan yang dapat menginduksi persalinan.

Baca Juga: 10 Sikap Sinis Orang Pura-pura Baik Karena Aslinya Tidak Suka dengan Kita

  1. Dapatkan Pijat Prenatal

Pijat prenatal dapat meredakan nyeri punggung dengan cepat, seperti ketika saraf khususnya saraf sciatic di bokong dan kaki teriritasi. Penelitian menunjukkan bahwa selain menghilangkan rasa sakit, pijat prenatal secara teratur dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan selama kehamilan.

  1. Terapi Fisik

Terapis fisik dapat membantu ibu hamil mengatasi sakit punggung dengan memanipulasi titik-titik tekanan sendi, otot, dan saraf. Mereka juga dapat memberikan tip postur dan olahraga. 

  1. Bersantai Dengan Meditasi

Penelitian menunjukkan bahwa bermeditasi secara teratur dapat meningkatkan tingkat toleransi terhadap rasa sakit. Praktek ini dapat berguna baik ketika menangani nyeri punggung saat hamil dan dalam mengatasi nyeri selama persalinan.

Baca Juga: 11 Tips Menyembuhkan Asam Urat Tinggi di Rumah dengan Cara Alami

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu bentuk olahraga kehamilan yang paling direkomendasikan karena mengurangi tekanan pada tulang belakang, kata Mary Rosser, MD, PhD , seorang OB-GYN di Columbia University Irving Medical Center di New York City.

  1. Menopang Tubuh Saat Tidur

Tidur bisa menjadi sulit selama kehamilan , terutama jika punggung Anda sakit. Kebanyakan orang hamil tidur miring. Tidur menyamping penting dilakukan setelah trimester pertama karena dapat mengoptimalkan aliran darah, tetapi hal ini mungkin membuat punggung yang pegal menjadi semakin tidak nyaman.

Bantal tubuh dapat membantu menopang dada, pinggul, dan punggung bawah dalam posisi berbaring miring. Atau, lipat handuk tebal memanjang dan letakkan tegak lurus punggung di pinggang. 

Baca Juga: Resep Simpel Teh Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Mudah Dibuat di Rumah!

  1. Temukan Sepatu yang Tepat

Jika rutin memakai sepatu hak tinggi, Anda tidak akan memberikan manfaat apapun pada punggung. Sepatu hak tinggi meningkatkan kelengkungan punggung dan menciptakan tekanan yang mendorong beban rahim yang terus membesar langsung ke tulang belakang bagian bawah dan sendi pinggul.

Maka dari itu, pakailah sepatu atau sandal yang nyaman untuk mengurangi nyeri pada punggung.

Sumber : www.parents.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 22:22 WIB

Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024: DPT Capai 1.997.822 Pemilih, TPS Ditetapkan 4.310

Persiapan untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 semakin matang dengan pengumuman resmi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan jumlah TPS
Logo Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Sukabumi25 Juni 2024, 22:02 WIB

Terekam CCTV, Pria Dengan Santai Curi Motor di Area Parkir Masjid Cibadak Sukabumi

Aksi pencurian kendaraan motor kembali terjadi. Kali ini terjadi di area parkir Masjid Darul Matin, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 12.20 WIB.
Pelaku pencurian motor di Masjid Darul Matin, Cibadak, tertangkap kamera CCTV saat melancarkan aksinya pada Selasa (25/6/2024) | Foto : capture video cctv / ibnu sanubari
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI