Ingin Panjang Umur? Terapkan 6 Kebiasaan Sehat Ini dengan Istiqomah Setiap Hari

Jumat 07 Juni 2024, 18:15 WIB
Ilustrasi Sejumlah kebiasaan sehat yang dapat membantu diri panjang umur (Sumber : Pexels.com/@ ANTONISHKRABAproduction)

Ilustrasi Sejumlah kebiasaan sehat yang dapat membantu diri panjang umur (Sumber : Pexels.com/@ ANTONISHKRABAproduction)

SUKABUMIUPDATE.com - Penting diketahui bahwa kebiasaan sehat yang diterapkan sehari-hari akan menjadikan fisik jauh lebih sehat, termasuk bisa membuat panjang umur.

Sebaliknya, sering menerapkan kebiasaan tidak sehat akan berbahaya bagi kesehatan fisik, mental, dan bahkan bisa memperpendek umur seseorang.

Itulah kenapa, panjang umur tidaknya seseorang salah satunya dipengaruhi faktor seberapa konsisten menerapkan kebiasaan sehat.

Lantas apa saja kebiasaan sehat yang mesti diterapkan? Yuk simak merujuk penjelasan dari berbagai sumber!

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Tidur yang Cukup

Banyak studi menerangkan bahwa memiliki kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kesehatan, salah satunya terhindar dari gejala stres, depresi, dan penyakit jantung yang bisa berujung kematian.

Oleh sebab itu, hindari begadang di malam hari dan usahakan menjaga kualitas tidur minimal dalam sehari-semalam tidur 6-8 jam. Dengan begitu, potensi harapan hidup panjang lebih memungkinkan.

2. Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Menurut penelitian British Journal of Nutrition, sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat meningkatkan harapan hidup lebih panjang serta menurunkan resiko kematian dini. Selain itu, manfaatnya juga bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, sindroma metabolik, dan depresi.

Untuk itu, mulai sekarang penting menghindari asupan yang di dalamnya mengandung pewarna, pengawet, lemak jenuh, dan tinggi garam yang sejatinya buruk bagi kesehatan itu sendiri.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

3. Hindari Merokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat memunculkan resiko penyakit yang berbahaya bagi kesehatan, seperti stroke, penyakit jantung, impotensi, kanker dan kematian dini.

Dalam jurnal Archives of Internal Medicine disebutkan, harapan hidup orang yang tidak merokok lebih tinggi dibandingkan mereka yang kecanduan merokok.

Itu sebabnya, penting untuk menghindari kebiasaan merokok. Jika pun sudah kecanduan, harus berusaha berhenti meski caranya harus pelan-pelan.

4. Olahraga Secara Teratur

Kebiasaan berolahraga jelas bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah munculnya ragam penyakit di dalam tubuh. Selain itu, rutin olahraga akan menurunkan tekanan darah, resiko stroke, dan mengurangi resiko penyakit kanker.

Lantaran mendorong fisik lebih sehat, tidak heran jika rutin olahraga dapat meningkatkan kualitas harapan tidur lebih panjang, daripada mereka yang jarang atau tidak pernah berolahraga.

5. Hindari Stres

Membiarkan stres terus membebani pikiran tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan bisa menimbulkan ragam penyakit, seperti jantung, stroke, diabetes, depresi, dan kanker. Jadi, mengendalikan stres adalah cara sehat untuk mencegah semua resiko penyakit seperti di atas.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

6. Sering Melakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Tentu saja, melakukan sesuatu yang menyenangkan adalah terapi mandiri untuk bisa bisa menenangkan pikiran, seperti mendengarkan musik, berenang, dan aktivitas lainnya yang sesuai hobi.

Ini artinya, seseorang harus selalu dalam keadaan tenang, damai, dan bahagia. Karena semakin bahagia suasana hati, maka akan membuat diri lebih cerah menjalani hidup dan terhindar dari resiko stres dan depresi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi, Polisi Selidiki Penyebabnya

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist