6 Kebiasaan Sepele yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Jumat 24 Mei 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi kebiasaan yang harus dihindari oleh penderita penyakit kolesterol tinggi (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)

Ilustrasi kebiasaan yang harus dihindari oleh penderita penyakit kolesterol tinggi (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap tubuh manusia pada dasarnya memiliki kolesterol yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Akan tetapi kolesterol juga bisa bahaya sampai menimbulkan berbagai penyakit di tubuh jika memiliki kebiasaan sepele dalam keseharian.

Di dalam tubuh, kolesterol juga dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel baik. Namun, jika jumlahnya berlebihan atau menumpuk bisa menyumbat pembuluh darah. Hal inilah yang disebut kolesterol tinggi.

Jika tidak ditangani dengan baik, penyumbatan pada pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Maka dari itu, sangat penting mengetahui apa saja kebiasaan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Yuk simak merangkum dari berbagai sumber!

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

1. Kebiasaan Konsumsi Makanan Berlemak Jenuh

Orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan mengandung lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Adapun lemak jenuh berasal dari hewan dan dapat ditemukan pada berbagai produk seperti, minyak goreng, produk olahan susu, keju, dan lain-lain.

2. Terbiasa Mengkonsumsi Masakan Cepat Saji

Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji atau fast food rupanya juga mengandung lemak tinggi pada tubuh. Sedangkan lemak tinggi sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan, salah satunya bisa meningkatkan kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

3. Sering Mengkonsumsi Makanan Olahan

Selain masakan cepat saji, kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Sebab di dalam hidangan tersebut mengandung lemak jenuh cukup tinggi dan trans.

Selain itu, makanan olahan juga rendah gizi dan rendah nutrisi, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi secara rutin. Adapun jenis makanan olahan adalah sosis dan nugget.

4. Konsumsi Daging Merah Berlebihan

Daging merah mengandung zat besi, vitamin, dan protein. Akan tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh. Oleh sebab itu, terlalu sering konsumsi daging merah tidak disarankan bagi penderita kolesterol tinggi.

Baca Juga: 6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

5. Mengkonsumsi Jeroan

Jeroan seperti hati, jantung, babat, dan usus, mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi para penderita kolesterol. Oleh karena itu, pilihlah daging dengan rendah lemak seperti daging filet mignon agar aman dari peningkatan kadar kolesterol.

6. Terbiasa Makan Udang

Bagi penderita kolesterol tinggi sebaiknya hati-hati bila mengkonsumsi makanan laut seperti udang. Meskipun rendah lemak tapi hewan laut satu ini memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jadi, sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering.

Maka dari itu, setiap orang harus lebih peka dan bijaksana dalam merawat kesehatan dirinya. Terlebih bagi penderita kolesterol tinggi agar menghindari sejumlah kebiasaan yang tidak disarankan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional16 Juni 2024, 23:15 WIB

Tolak Wacana Korban Judi Online Jadi Penerima Bansos, MUI: Itu Pilihan Hidup Pelakunya

MUI mendorong agar bansos tersebut diberikan atau diprioritaskan kepada orang yang mau belajar, berusaha, dan gigih dalam mempertahankan hidupnya.
Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Ni'am Sholeh. (Sumber : MUI)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juni 2024, 22:07 WIB

Ketua Komisi I DPRD Sukabumi Kurban Sapi Hitam di Masjid Al Muawanah Pabuaran

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman, berkurban sapi hitam berbobot sekitar 350 kilogram ke Masjid Al Muawanah Pabuaran.
Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman dan sapi hitam yang akan dirinya serahkan untuk jadi hewan kurban di perayaan Idul Adha 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat16 Juni 2024, 21:00 WIB

4 Panduan Diabetes untuk Idul Adha: Hidup Sehat dan Gula Darah Aman Terkendali

Idul Adha bagi diabetes bukan berarti tidak makan makanan enak, malah sebaliknya bisa menikmati makanan enak tanpa dampak negatif dari gula darah.
Ilustrasi -  Idul Adha bagi diabetes bukan berarti tidak makan makanan enak, malah sebaliknya bisa menikmati makanan enak tanpa dampak negatif dari gula darah.  Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi16 Juni 2024, 20:45 WIB

Terancam Roboh, Janda 3 Anak di Jampangtengah Sukabumi Was-was Tinggal di Rumah Reyot

Nurani bersama ketiga anaknya tinggal di rumah reyot terancam roboh di Kampung Cikeuyeup RT 11/RW 04 Desa Cijulang, Jampangtengah Sukabumi.
Kondisi rumah Nurani. Janda tiga anak di Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat16 Juni 2024, 20:00 WIB

10 Tips Mengelola Diabetes Saat Hari Raya Idul Adha, Makan Enak Gula Darah Stabil

Bagi penderita diabetes sangat penting untuk mengelola gula darah saat Idul Adha.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes sangat penting untuk mengelola gula darah saat Idul Adha. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Jawa Barat16 Juni 2024, 19:09 WIB

Sapi Hitam dari Ponpes An-Nidzhom Sukabumi Jadi Kurban Megawati Soekarnoputri

Sapi hitam dari Ponpes An-Nidzom Sukabumi berbobot hampir satu ton itu akan disembelih di rumah ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
Sapi hitam milik pimpinan Ponpes An-Nidzom Sukabumi jadi hewan kurban Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 18:45 WIB

Tidak Pernah Minta Bantuan, 5 Ciri-ciri Orang yang Sangat Sombong atau Arogan Menurut Psikologi

Orang yang sangat sombong atau arogan ternyata memiliki sejumlah ciri-ciri yang bisa dipelajari, salah satunya tidak pernah meminta bantuan.
Ilustrasi - Orang yang sangat sombong atau arogan dapat dikenali dari ciri-cirinya. (Sumber : Pexels.com/@YanKrukau).
Life16 Juni 2024, 18:30 WIB

Kenapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan Oleh Banyak Orang? Ini 4 Alasan Logisnya

Cinta pertama memang sangat sulit dilupakan oleh mayoritas orang. Sebab, kenangan yang tersimpan selalu menjadi hantu di pikiran dan hati.
Ilustrasi - Sejumlah alasan mengapa cinta pertama tergolong sulit dilupakan dalam hidup. (Sumber : Pexels.com/@ Gabriel Bastelli).
Sukabumi16 Juni 2024, 18:15 WIB

Polres Sukabumi Siagakan 349 Personel Jaga Perayaan Idul Adha 2024

349 polisi di Kabupaten Sukabumi disiagakan jaga perayaan Idul Adha 2024.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo. | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 Juni 2024, 18:00 WIB

Niat Sholat Idul Adha untuk Imam dan Makmum, Lengkap Dengan Tata Caranya

Shalat Idul Adha dilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit dan sebelum waktu zuhur.
Ilustrasi Shalat Ied Adha - Shalat Idul Adha dilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit dan sebelum waktu zuhur. (Sumber : Instagram/@polres_sukabumikota)