Jangan Khawatir, 7 Tanda Kehamilan Tidak Biasa Namun Sebenarnya Sangat Normal

Kamis 06 Juni 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi tanda kehamilan yang tidak biasa namun sebenarnya normal (Sumber : Pexels.com/@Keiscampa)

Ilustrasi tanda kehamilan yang tidak biasa namun sebenarnya normal (Sumber : Pexels.com/@Keiscampa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kehamilan merupakan pengalaman unik yang akan dijalani oleh seorang perempuan. Kebanyakan dari mereka juga mengharapkan gejala kehamilan tertentu muncul seperti mual, muntah, dan bahkan sakit punggung. Hal ini biasanya diantisipasi oleh banyak calon orang ibu.

Namun, kehamilan dapat membawa beberapa gejala normal yang tidak terduga, aneh, atau tampaknya tidak berhubungan dan mungkin tidak Anda sadari. Efek fisik ini juga jarang dibicarakan oleh dokter, teman, atau keluarga, sehingga banyak ibu hamil ketika mengalaminya menjadi terkejut sampai khawatir.

Meski begitu, para calon ibu tidak perlu khawatir. Karena bisa saja tanda-tanda biasa yang muncul saat hamil sebenarnya gejala normal dan tidak membahayakan kondisi janin di dalam kandungan.

Melansir dari laman verywellfamily.com, berikut gejala kehamilan tidak biasa tetapi sebenarnya gejala normal pada ibu hamil:

Baca Juga: 10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

1. Pendarahan Hidung dan Tersumbat

Hidung sangat jauh dari rahim bagaimana itu bisa terlibat? Namun mimisan dan hidung tersumbat sangat umum terjadi selama hamil karena ada peningkatan aliran darah melalui hidung selama kehamilan.

Anda dapat mengatasi gejalanya dengan pengobatan alami seperti menggunakan pelembab udara atau menggunakan Neti pot untuk membilas saluran hidung dengan air garam.

Jika tidak membantu, bicarakan dengan dokter atau bidan untuk mengetahui pilihan lain. Yakinlah bahwa selain menimbulkan ketidaknyamanan mimisan dan hidung tersumbat selama kehamilan jarang sekali bersifat parah.

2. Keputihan

Saat hamil, Anda pasti mengharapkan menstruasi yang sedang dialami segera berhenti karena tubuh tidak lagi berovulasi. Mungkin juga berharap tidak adanya peningkatan pada keputihan, yang dimana hal ini disebut sebagai kotoran tidak berwarna atau putih, tapi bisa menyebabkan iritasi dan tidak berbau.

Hal ini sangat mirip dengan apa yang dialami saat berovulasi. Jika hal tersebut mengganggu, cobalah mengenakan panty liner, namun jangan menggunakan tampon karena dapat meningkatkan risiko infeksi vagina.

Keputihan kemungkinan akan bertambah jumlahnya hingga bayi Anda lahir. Kalau terjadi perubahan warna atau bau, segera berkonsultasi ke dokter atau bidan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

3. Insomnia

Anda mungkin sudah mengetahui fakta bahwa kehamilan menguras energi, setidaknya selama trimester pertama dan ketiga. Bahkan beberapa perempuan juga mengalami insomnia saat hamil, tapi ini bisa menjadi tanda awal bahwa sedang hamil.

Hal ini dapat bermanifestasi dalam bentuk kesulitan untuk tertidur atau ketidakmampuan kembali tidur setelah terbangun, seperti sering pergi ke kamar mandi di malam hari.

Meski begitu tidak perlu khawatir, karena tidak bisa tidur saat malam hari akan terjadi selama masa kehamilan dan masa nifas.

4. Gangguan Gastrointestinal

Apakah bersendawa dan buang angin merupakan tanda kehamilan? Hormon kehamilan dapat membuat saluran pencernaan terasa berputar, dimana hal ini akan membuat gejala seperti bersendawa dan gas yang cukup umum terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester pertama dan ketiga.

Maka dari itu, atasi gejalanya dengan menghindari makanan dan minuman yang menghasilkan gas, sebagai berikut:

  • Minuman berkarbonasi
  • Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis brussel, dan kubis
  • Produk susu
  • Makanan pedas
  • Biji-bijian utuh

Baca Juga: Cara Membuat Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

5. Sakit Area Pusar

Sakit perut yang juga disebut nyeri korset panggul atau nyeri rongga panggul, sangat umum terjadi pada kehamilan. Karena pertumbuhan rahim dan peregangan otot, kulit, tendon, saraf, serta jaringan lain seiring bertambahnya ukuran janin.

Ketidaknyamanan ini terkadang berpusat pada kulit perut dan area pusar, sehingga menimbulkan rasa nyeri yang bisa disebut dengan nyeri pusar.

Area pusar akan terasa pegal atau nyeri akut ketika disentuh. Meski rasanya kadang datang dan pergi, tetapi sering dialami ketika kehamilan memasuki trimester akhir atau karena perut semakin besar.

6. Sembelit Kehamilan

Sembelit adalah efek lain dari tubuh terhadap kehamilan. Faktanya, antara 11% dan 38% ibu hamil mengalami sembelit. Karena saat hamil ada peningkatan progesteron menyebabkan usus menjadi lambat, sehingga ketika sedang mengandung membuat para ibu kesulitan buang air besar.

Berolahraga, minum banyak air mineral, dan mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mengurangi sembelit pada ibu hamil. Jika tidak ada solusi yang meredakannya, bicarakan dengan bidan atau dokter untuk tindakan tambahan seperti pengobatan.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

7. Gusi berdarah

Ibu hamil cenderung mengalami gusi yang lebih lunak. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke mulut, yang dapat menyebabkan pembengkakan, peningkatan sensitivitas, dan pendarahan selama kehamilan.

Selain itu, ibu hamil juga sering merasakan rasa logam di mulutnya atau ketika gusi berdarah, yaitu sebuah gejala yang mungkin mengganggu namun biasanya tidak berbahaya.

Jika masalah gigi seperti radang gusi sudah ada, mungkin akan semakin parah selama kehamilan. Menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang dua kali sehari serta pembersihan gigi secara teratur dapat membantu mengendalikan gejalanya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)