Jangan Khawatir, 7 Tanda Kehamilan Tidak Biasa Namun Sebenarnya Sangat Normal

Kamis 06 Juni 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi tanda kehamilan yang tidak biasa namun sebenarnya normal (Sumber : Pexels.com/@Keiscampa)

Ilustrasi tanda kehamilan yang tidak biasa namun sebenarnya normal (Sumber : Pexels.com/@Keiscampa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kehamilan merupakan pengalaman unik yang akan dijalani oleh seorang perempuan. Kebanyakan dari mereka juga mengharapkan gejala kehamilan tertentu muncul seperti mual, muntah, dan bahkan sakit punggung. Hal ini biasanya diantisipasi oleh banyak calon orang ibu.

Namun, kehamilan dapat membawa beberapa gejala normal yang tidak terduga, aneh, atau tampaknya tidak berhubungan dan mungkin tidak Anda sadari. Efek fisik ini juga jarang dibicarakan oleh dokter, teman, atau keluarga, sehingga banyak ibu hamil ketika mengalaminya menjadi terkejut sampai khawatir.

Meski begitu, para calon ibu tidak perlu khawatir. Karena bisa saja tanda-tanda biasa yang muncul saat hamil sebenarnya gejala normal dan tidak membahayakan kondisi janin di dalam kandungan.

Melansir dari laman verywellfamily.com, berikut gejala kehamilan tidak biasa tetapi sebenarnya gejala normal pada ibu hamil:

Baca Juga: 10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

1. Pendarahan Hidung dan Tersumbat

Hidung sangat jauh dari rahim bagaimana itu bisa terlibat? Namun mimisan dan hidung tersumbat sangat umum terjadi selama hamil karena ada peningkatan aliran darah melalui hidung selama kehamilan.

Anda dapat mengatasi gejalanya dengan pengobatan alami seperti menggunakan pelembab udara atau menggunakan Neti pot untuk membilas saluran hidung dengan air garam.

Jika tidak membantu, bicarakan dengan dokter atau bidan untuk mengetahui pilihan lain. Yakinlah bahwa selain menimbulkan ketidaknyamanan mimisan dan hidung tersumbat selama kehamilan jarang sekali bersifat parah.

2. Keputihan

Saat hamil, Anda pasti mengharapkan menstruasi yang sedang dialami segera berhenti karena tubuh tidak lagi berovulasi. Mungkin juga berharap tidak adanya peningkatan pada keputihan, yang dimana hal ini disebut sebagai kotoran tidak berwarna atau putih, tapi bisa menyebabkan iritasi dan tidak berbau.

Hal ini sangat mirip dengan apa yang dialami saat berovulasi. Jika hal tersebut mengganggu, cobalah mengenakan panty liner, namun jangan menggunakan tampon karena dapat meningkatkan risiko infeksi vagina.

Keputihan kemungkinan akan bertambah jumlahnya hingga bayi Anda lahir. Kalau terjadi perubahan warna atau bau, segera berkonsultasi ke dokter atau bidan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

3. Insomnia

Anda mungkin sudah mengetahui fakta bahwa kehamilan menguras energi, setidaknya selama trimester pertama dan ketiga. Bahkan beberapa perempuan juga mengalami insomnia saat hamil, tapi ini bisa menjadi tanda awal bahwa sedang hamil.

Hal ini dapat bermanifestasi dalam bentuk kesulitan untuk tertidur atau ketidakmampuan kembali tidur setelah terbangun, seperti sering pergi ke kamar mandi di malam hari.

Meski begitu tidak perlu khawatir, karena tidak bisa tidur saat malam hari akan terjadi selama masa kehamilan dan masa nifas.

4. Gangguan Gastrointestinal

Apakah bersendawa dan buang angin merupakan tanda kehamilan? Hormon kehamilan dapat membuat saluran pencernaan terasa berputar, dimana hal ini akan membuat gejala seperti bersendawa dan gas yang cukup umum terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester pertama dan ketiga.

Maka dari itu, atasi gejalanya dengan menghindari makanan dan minuman yang menghasilkan gas, sebagai berikut:

  • Minuman berkarbonasi
  • Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis brussel, dan kubis
  • Produk susu
  • Makanan pedas
  • Biji-bijian utuh

Baca Juga: Cara Membuat Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

5. Sakit Area Pusar

Sakit perut yang juga disebut nyeri korset panggul atau nyeri rongga panggul, sangat umum terjadi pada kehamilan. Karena pertumbuhan rahim dan peregangan otot, kulit, tendon, saraf, serta jaringan lain seiring bertambahnya ukuran janin.

Ketidaknyamanan ini terkadang berpusat pada kulit perut dan area pusar, sehingga menimbulkan rasa nyeri yang bisa disebut dengan nyeri pusar.

Area pusar akan terasa pegal atau nyeri akut ketika disentuh. Meski rasanya kadang datang dan pergi, tetapi sering dialami ketika kehamilan memasuki trimester akhir atau karena perut semakin besar.

6. Sembelit Kehamilan

Sembelit adalah efek lain dari tubuh terhadap kehamilan. Faktanya, antara 11% dan 38% ibu hamil mengalami sembelit. Karena saat hamil ada peningkatan progesteron menyebabkan usus menjadi lambat, sehingga ketika sedang mengandung membuat para ibu kesulitan buang air besar.

Berolahraga, minum banyak air mineral, dan mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mengurangi sembelit pada ibu hamil. Jika tidak ada solusi yang meredakannya, bicarakan dengan bidan atau dokter untuk tindakan tambahan seperti pengobatan.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

7. Gusi berdarah

Ibu hamil cenderung mengalami gusi yang lebih lunak. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke mulut, yang dapat menyebabkan pembengkakan, peningkatan sensitivitas, dan pendarahan selama kehamilan.

Selain itu, ibu hamil juga sering merasakan rasa logam di mulutnya atau ketika gusi berdarah, yaitu sebuah gejala yang mungkin mengganggu namun biasanya tidak berbahaya.

Jika masalah gigi seperti radang gusi sudah ada, mungkin akan semakin parah selama kehamilan. Menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang dua kali sehari serta pembersihan gigi secara teratur dapat membantu mengendalikan gejalanya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 22:22 WIB

Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024: DPT Capai 1.997.822 Pemilih, TPS Ditetapkan 4.310

Persiapan untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 semakin matang dengan pengumuman resmi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan jumlah TPS
Logo Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Sukabumi25 Juni 2024, 22:02 WIB

Terekam CCTV, Pria Dengan Santai Curi Motor di Area Parkir Masjid Cibadak Sukabumi

Aksi pencurian kendaraan motor kembali terjadi. Kali ini terjadi di area parkir Masjid Darul Matin, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 12.20 WIB.
Pelaku pencurian motor di Masjid Darul Matin, Cibadak, tertangkap kamera CCTV saat melancarkan aksinya pada Selasa (25/6/2024) | Foto : capture video cctv / ibnu sanubari
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI