5 Cara Berikut Dapat Meredakan Sakit Punggung saat Hamil, Salah Satunya Olahraga dan Terapi Fisik

Rabu 24 April 2024, 18:35 WIB
Ilustrasi meredakan sakit punggung saat hamil. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi meredakan sakit punggung saat hamil. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit punggung sangat terjadi umum terjadi, dan penyakit ini sering terjadi pada awal kehamilan dibandingkan yang diperkirakan orang, hal ini
merupakan akibat dari serangkaian perubahan kompleks pada fisiologi wanita hamil, dan biasanya membaik dengan beberapa langkah pengobatan sederhana.

Wanita yang menderita nyeri punggung jenis ini harus menemukan strategi yang berhasil untuk meringankan gejalanya karena masalah ini mungkin tidak hilang sepenuhnya selama kehamilan dan mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan atau lebih setelah melahirkan untuk teratasi sepenuhnya.

Meskipun pilihan pengobatan mungkin terbatas, namun ada beberapa pilihan yang tersedia, dan beberapa di antaranya mungkin efektif:

1. Perawatan komplementer

Banyak wanita merasa lega dengan terapi medis alternatif. Ini termasuk perawatan chiropractic dan pijat. Jika Anda tidak merasa lega dengan metode ini, Anda dapat mencoba salah satu perawatan berikut untuk mengetahui apakah ini bermanfaat bagi Anda. Tanyakan apakah terapis pijat atau kiropraktik Anda memiliki pelatihan dan pengalaman khusus dalam merawat wanita hamil.

2. Olahraga dan terapi fisik

Perawatan yang paling efektif telah terbukti adalah olahraga dan terapi. Terus bergerak sebenarnya sangat membantu dan istirahat di tempat tidur cenderung menerima gejala sakit pinggang. Temukan ahli terapi fisik di daerah Anda yang pernah menangani wanita hamil dan dapat membantu meningkatkan postur dan pergerakan tulang belakang.

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil Agar Janin Dalam Kandungan Sehat dan Selamat Saat Melahirkan

3. Penggunaan es dan kompres air panas

Bukti ilmiah terbatas yang mendukung kegunaannya, namun banyak orang merasa lega dengan menggunakan terapi dingin atau penggunaan kompres air panas untuk mengatasi sakit punggung. Salah satu cara di atas belum tentu lebih baik dibandingkan cara yang lain, dan beberapa orang mendapatkan hasil yang lebih baik dengan terapi dingin sementara yang lain mungkin merasa lega dengan terapi panas.

4. Pengobatan

Seperti yang mungkin Anda ketahui, obat-obatan selama kehamilan digunakan dengan sangat hati-hati. Obat-obatan yang digunakan selama kehamilan dinilai berdasarkan skala klasifikasi untuk membantu pasien dan dokter memahami kemungkinan risiko terhadap perkembangan janin.

Skala klasifikasi ini berguna bagi pasien untuk mempertimbangkan risiko dan manfaat dari perawatan pengobatan yang berbeda. Tylenol umumnya dianggap aman dan diberi peringkat Kelas B. Obat antiinflamasi oral memiliki beberapa risiko dan dianggap Kelas C pada awal kehamilan dan Kelas D pada kehamilan selanjutnya. Beberapa obat pelemas otot juga aman digunakan sementara yang lain harus dihindari.

Selain itu, obat-obatan narkotika umumnya harus dihindari jika memungkinkan. Selalu diskusikan penggunaan obat baik dengan dokter yang menangani sakit punggung Anda maupun dengan dokter spesialis kandungan.

5. Penopang dan bantal

Bantal penopang, terutama saat duduk atau tidur di malam hari, bisa sangat membantu. Wanita hamil yang menderita sakit punggung biasanya merasa paling nyaman untuk tidur miring dengan bantal penyangga di antara lutut yang ditekuk.

Namun sayangnya, jarang ada solusi cepat untuk mengatasi nyeri pinggang yang terjadi selama kehamilan. Karena pengobatannya terbatas, efeknya mungkin memerlukan waktu. Meskipun banyak orang mencapai penyelesaian cepat setelah melahirkan, pencapaian penyelesaian nyeri mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan atau lebih lama setelah melahirkan.

Sumber : verywellfamily

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya
Science06 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Mei 2024, Yuk Cek Dulu Langit di Awal Pekan!

Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua).
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)