12 Cara Mengendalikan Emosi Negatif yang Menjadi Biang Keladi Stres!

Senin 29 Januari 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi - Emosi negatif adalah emosi yang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman atau tertekan yang menjadi penyebab stres. (Sumber : pexels.com).

Ilustrasi - Emosi negatif adalah emosi yang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman atau tertekan yang menjadi penyebab stres. (Sumber : pexels.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Emosi negatif adalah emosi yang dapat membuat kita merasa tidak enak atau tidak nyaman. Mereka dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kecemasan, kemarahan, dan kesedihan.

Tentunya emosi negatif seperti kemarahan, kesedihan, dan kecemasan dapat menjadi biang keladi stres. Stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.

Mengendalikan emosi negatif adalah langkah penting untuk mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Berikut adalah 12 cara untuk mengendalikan emosi negatif yang menjadi biang keladi stres:

Baca Juga: 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

1. Kenali Pemicu Emosi Negatif

Langkah pertama untuk mengendalikan emosi negatif adalah dengan mengenali apa yang memicunya. Apakah pekerjaan, hubungan, atau masalah keuangan? Setelah Anda mengetahui pemicunya, Anda dapat mulai mencari cara untuk menghindarinya atau mengatasinya.

2. Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau pernapasan dalam dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Luangkan waktu 10-15 menit setiap hari untuk melakukan teknik relaksasi.

3. Beri Diri Izin untuk Merasa Emosi Tersebut

Izinkan diri Anda untuk merasakan emosi tanpa menilai atau menekan perasaan tersebut. Merasakan emosi adalah bagian normal dari pengalaman manusia.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Stres Agar Kembali Hidup Senang dan Bahagia

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda. Lakukan olahraga yang Anda sukai, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda.

5. Batasan Diri

Menetapkan batasan diri dapat membantu mencegah kelelahan dan stres berlebihan. Belajar untuk mengatakan "tidak" jika diperlukan.

6. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam tidur setiap malam.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Asam Lambung (GERD)

7. Catat Perasaan Anda

Mencatat perasaan dan pikiran Anda dalam jurnal dapat membantu Anda memproses emosi. Ini juga dapat membantu Anda melihat pola-pola yang mungkin memengaruhi suasana hati Anda

8. Makan Makanan Sehat

Makan makanan sehat dapat membantu meningkatkan mood Anda dan memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk mengatasi stres. Pastikan untuk makan banyak buah, sayur, dan protein.

9. Berbicara dengan Orang Terdekat

Berbicara dengan orang terdekat seperti teman, keluarga, atau pasangan tentang masalah Anda dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang

10. Lakukan Kegiatan yang Anda Sukai

Melakukan kegiatan yang Anda sukai dapat membantu Anda menghilangkan stres dan meningkatkan mood Anda. Luangkan waktu untuk melakukan hobi Anda, seperti membaca, menonton film, atau bermain musik.

11. Bersyukurlah atas Hal-hal Baik dalam Hidup

Bersyukurlah atas hal-hal baik dalam hidup Anda dapat membantu Anda untuk lebih fokus pada hal positif dan mengurangi stres.

12. Asah Keterampilan Mengatasi Masalah

Belajar keterampilan mengatasi masalah dapat membantu Anda menghadapi tantangan dengan lebih efektif, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan rasa kendali atas kehidupan Anda.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Tak Ingin Kejadian Anak Bunuh Ibu Terulang, Ini Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)