Para Orang Tua, Ketahui Cara Cegah Cyberbullying Pada Anak

Selasa 23 Februari 2021, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial adalah hal yang cukup penting di era digital saat ini. Melalui media sosial, seseorang dapat mengeksplor diri lebih luas lagi.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika di media sosial segala hal dapat terjadi. Untuk itu, orang tua harus bisa mengawasi anaknya dalam menggunakan media sosial.

Salah satu dampak negatif dari media sosial yaitu, adanya cyberbullying. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan psikis anak jika mengalaminya.

Orang tua juga sangat berperan penting dalam pengawasan serta pencegahan cyberbullying. Dilansir dari Suara.com, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan memberhentikan cyberbullying, di antaranya:

1. Kenali media sosial

Saat ini beragam media sosial yang ada di masyarakat. Orang tua harus mengetahui berbagai media sosial yang digunakan oleh anak. Dengan itu, orang tua dapat terut mengontrol apa yang terjadi sehingga anak dapat terhindar dari cyberbullying. Namun, orang tua juga harus tetap memberikan privasi sehingga anak tidak merasa tertekan.

2. Berikan contoh yang baik

Anak bisa menjadi korban cyberbullying atau bahkan pelakunya. Untuk itu, orang tua harus memberikan contoh kepada anak jika penggunaan media sosial untuk hal-hal yang baik.

Hal ini dapat memberi penjelasan kepada anak hal apa saja yang boleh dan tidak dilakukan di media sosial. biasanya anak suka memposting hal-hal yang sembarangan. Dengan itu, orang tua dapat menjelaskan jika hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Orang tua juga dapat menjelaskan alasan mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Hal itu akan membuat anak paham sehingga tidak melakukannya. Selain itu, media sosial orang tua juga harus mencontohkan hal-hal baik. Jika media sosial orang tua melakukan hal yang tidak baik, anak juga akan mencontohnya.

3. Pahami anak

Orang tua juga harus memahami sifat anak. Usahakan arahkan anak untuk bermain media sosial yang akan berdampak baik untuknya. Sifat anak yang ingin tahu banyak hal juga harus dipantau. Hal ini karena anak bisa membuka apa saja yang ada di media sosial dan berdampak buruk untuknya.

4. Ketahui cara kerja cyberbullying

Orang tua harus mengetahui bentuk-bentuk cyberbullying yang ada di media sosial. Hal ini karena bentuk cyberbullying sangat beragam. Bisa juga berupa pelecehan verbal, foto yang ada, atau penggunaan akun palsu. Dengan mengetahui hal tersebut, orang tua dapat mengantisipasi agar tidak terjadi kepada anaknya.

5. Tetap terhubung kepada anak secara langsung maupun daring

Orang tua harus terus terhubung dengan anak, baik secara langsung maupun daring.  Dengan hal ini orang tua akan tahu segala perkembangan anak. Jadi jika terjadi penyalahgunaan media sosial, orang tua bisa segera mencegah atau memberhentikannya.  Pantau juga kehidupan anak sehari-hari, apakah ada perubahan yang terjadi. Bisa saja perubahan tersebut karena pengaruh media sosial yang dimilikinya. 

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Inspirasi18 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi (Sumber : Freepik.com).
Entertainment18 Juli 2024, 14:30 WIB

Sukses Foto Selfie Seminggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun

Sukses melaksanakan challenge foto selfie selama satu minggu karena teaser film Heartbreak Motel tembus 100.000 ribu viewers, artis Laura Basuki mengaku ingin rehat satu tahun untuk berselfie.
Sukses Foto Selfie Satu Minggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun (Sumber : X@/LauraBas)
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:31 WIB

Hati-hati Goweser, Maling Bermobil Angkut Sepeda Warga Sukabumi Saat di Masjid

i Sukabumi sepeda MTB (mountain bike) milik warga Kalapanunggal raib digondol maling bermobil, Kamis subuh (18/7/2024).
Maling sepeda di Kalapanunggal Sukabumi (Sumber: CCTV)
Entertainment18 Juli 2024, 13:30 WIB

Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil

Usai menggugat cerai, artis Kimberly Ryder kini melaporkan suaminya Edward Akbar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan penggelapan mobil.
Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil (Sumber : Instagram@/kimbrlyryder)
Sukabumi18 Juli 2024, 13:22 WIB

Wabup Kunjungi Kemenkes RI untuk Persiapan Healthy City Summit 2024 di Sukabumi

Kunjungan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dengan tujuan utama mengekspos persiapan penyelenggaraan acara Healthy City Summit (HCS) ke-6
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat mengunjungi Kemenkes RI dalam rangka persiapan HSC 2024 | Foto : Dokpim
Life18 Juli 2024, 13:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Seseorang Cepat Sukses

Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan. (Sumber : Freepik.com)