Para Orang Tua, Ketahui Cara Cegah Cyberbullying Pada Anak

Selasa 23 Februari 2021, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial adalah hal yang cukup penting di era digital saat ini. Melalui media sosial, seseorang dapat mengeksplor diri lebih luas lagi.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika di media sosial segala hal dapat terjadi. Untuk itu, orang tua harus bisa mengawasi anaknya dalam menggunakan media sosial.

Salah satu dampak negatif dari media sosial yaitu, adanya cyberbullying. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan psikis anak jika mengalaminya.

Orang tua juga sangat berperan penting dalam pengawasan serta pencegahan cyberbullying. Dilansir dari Suara.com, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan memberhentikan cyberbullying, di antaranya:

1. Kenali media sosial

Saat ini beragam media sosial yang ada di masyarakat. Orang tua harus mengetahui berbagai media sosial yang digunakan oleh anak. Dengan itu, orang tua dapat terut mengontrol apa yang terjadi sehingga anak dapat terhindar dari cyberbullying. Namun, orang tua juga harus tetap memberikan privasi sehingga anak tidak merasa tertekan.

2. Berikan contoh yang baik

Anak bisa menjadi korban cyberbullying atau bahkan pelakunya. Untuk itu, orang tua harus memberikan contoh kepada anak jika penggunaan media sosial untuk hal-hal yang baik.

Hal ini dapat memberi penjelasan kepada anak hal apa saja yang boleh dan tidak dilakukan di media sosial. biasanya anak suka memposting hal-hal yang sembarangan. Dengan itu, orang tua dapat menjelaskan jika hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Orang tua juga dapat menjelaskan alasan mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Hal itu akan membuat anak paham sehingga tidak melakukannya. Selain itu, media sosial orang tua juga harus mencontohkan hal-hal baik. Jika media sosial orang tua melakukan hal yang tidak baik, anak juga akan mencontohnya.

3. Pahami anak

Orang tua juga harus memahami sifat anak. Usahakan arahkan anak untuk bermain media sosial yang akan berdampak baik untuknya. Sifat anak yang ingin tahu banyak hal juga harus dipantau. Hal ini karena anak bisa membuka apa saja yang ada di media sosial dan berdampak buruk untuknya.

4. Ketahui cara kerja cyberbullying

Orang tua harus mengetahui bentuk-bentuk cyberbullying yang ada di media sosial. Hal ini karena bentuk cyberbullying sangat beragam. Bisa juga berupa pelecehan verbal, foto yang ada, atau penggunaan akun palsu. Dengan mengetahui hal tersebut, orang tua dapat mengantisipasi agar tidak terjadi kepada anaknya.

5. Tetap terhubung kepada anak secara langsung maupun daring

Orang tua harus terus terhubung dengan anak, baik secara langsung maupun daring.  Dengan hal ini orang tua akan tahu segala perkembangan anak. Jadi jika terjadi penyalahgunaan media sosial, orang tua bisa segera mencegah atau memberhentikannya.  Pantau juga kehidupan anak sehari-hari, apakah ada perubahan yang terjadi. Bisa saja perubahan tersebut karena pengaruh media sosial yang dimilikinya. 

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)