TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Resep dan Fun Fact Opak: Kuliner Sukabumi yang Khas dan Kriuk-kriuk

Kerupuk khas Sunda yang kriuk-kriuk, kering dan renyah.

Penulis
Minggu 20 Nov 2022, 10:38 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi terkenal dengan kuliner opak, dengan sebaran produksi hampir dari berbagai penjuru pelosok. Kerupuk khas Sunda yang kriuk-kriuk, kering dan renyah.

Sukabumiupdate.com, pernah membuat meliput sejumlah produsen opak di Sukabumi, diantaranya;

- Kampung Cempaka RT 15/04, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong. Pengrajin opak bernama Rahman (35 tahun), memproduksi 50 kilogram opak dari 100 kilogram singkong setiap harinya. Ia menekuni usaha opak sejak 2011 silam dan menaruh harga sekitar Rp.13.000,- per kg.

- Beralih ke area Pajampangan ada Opak Pasekon si Kuliner Khas Pajampangan Sukabumi. Opak Pasekon dapat ditemukan di Jalan Raya Cikaso-Tegalbuleud tepatnya di Kampung Mekarjaya RT 001/003, Desa Kademangan, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

Meskipun opak bisa diperoleh di seluruh area Pajampangan, tapi perlu diketahui bahwa opak pasekon merupakan cikal bakal opak yang ada di Pajampangan dan sudah dijual secara turun temurun!

- Selanjutnya, Opak Olahan Nurul Aini (26 Tahun), warga Cikembar Rt 01/04 Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Ia membandrol opak seharga Rp 12 sampai Rp 15 Ribu, termasuk donasi sosial. Opak Nurul Aini, sudah dikirim ke kota tetangga di nusantara, mulai dari Bandung hingga Yogyakarta.

Berbicara soal opak, penasaran gak sih bagaimana cara membuatnya?

Yuk intip resep membuat Opak yang dilansir dari Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Volume 08 (3) September 2022, Universitas Negeri Gorontalo dan SMAN I Surade Sukabumi yang berjudul “Opak Potensi Usaha Ekonomi Lokal Pajampangan Di Kabupaten Sukabumi” dengan penulis Abdul Rahmat, Mira Mirnawati dan Dian Heriyani!

Alat dan Bahan:

Alat


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x