Bogor Sukabumi Hingga Cianjur, BMKG Ingatkan Hujan Akhir Februari Serta Dampaknya

Senin 27 Februari 2023, 18:28 WIB
Peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan, hingga kecepatan angin permukaan dan meningkatkan potensi awan hujan di sebagian wilayah Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat | Foto : Ist

Peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan, hingga kecepatan angin permukaan dan meningkatkan potensi awan hujan di sebagian wilayah Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG (Badan Metologi Klimatologi dan Geofisika) mengeluarkan prakiraan cuaca di akhir februari ini, menurutnya ada potensi hujan lebat hingga sangat lebat periode tanggal 24 Februari 2023 hingga 02 Maret 2023.

Dalam keterangan tertulisnya pada tanggal 24 Februari 2023, Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Indra Gustari menyampaikan bahwa BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, dimana berdasarkan data analisis cuaca terbaru terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia khususnya wilayah Jawa Barat.

"kondisi dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan tersebut antara lain: Peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan, hujan secara signifikan di wilayah Indonesia. Intensifikasi seruakan dingin Asia signifikan di wilayah Indonesia bagian barat yaitu +10.0 (normal < +10), SST anomaly berada pada +0.5 s/d +3.0 °C sehingga dapat kecepatan angin permukaan dan meningkatkan potensi awan hujan di sebagian wilayah Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat," ujar Indra.

Baca Juga: Penjualan Menurun, Pangkalan Elpiji di Kota Sukabumi Resah

Kemudian menurut Indra, Sirkulasi siklonik terpantau di sebelah barat daya Lampung, yang mendukung terbentuknya pertemuan massa udara/konvergensi di sepanjang pesisir barat Sumatera dan Pulau Jawa, sehingga berpengaruh pula terhadap peningkatan curah hujan, kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

Oleh karena menurut Indra, perlu diwaspadai wilayah Sukabumi Bogor hingga Cianjur dan di berbagai wilayah lainnya pada tanggal-tanggal berikut ini:

Tanggal 24 Februari 2023 :

Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Garut, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran, Kab Subang, Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Purwakarta, Kab Karawang, Kab. Sumedang Kab Majalengka, Kab dan Kota bekasi, Kab Indramayu,
Kab Kuningan, Kab dan Kota Cirebon.

Baca Juga: Warung-Bale di Pantai Kebon Kalapa Citepus Sukabumi Hancur Diterjang Gelombang

Tanggal 25 Februari 2023 :

Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kab. Karawang, Kab Subang, Kab Purwakarta, Kab Cianjur, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab dan Kota Bandung, Kab Garut, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab
Indramayu, Kab Kuningan, Kab dan Kota Cirebon, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran, Kab dan Kota Tasikmalaya.

Tanggal 26 Februari 2023 :

Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kab. Karawang, Kab Subang, Kab Purwakarta, Kab Cianjur, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab dan Kota Bandung, Kab Garut, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab
Indramayu, Kab Kuningan, Kab dan Kota Cirebon, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran, Kab dan Kota Tasikmalaya. 

Tanggal 27 Februari 2023 :

Kab Sukabumi, Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab Cianjur, Kota Banjar, Kab Ciamis, Kab Pangandaran, Kab dan Kota Sukabumi, Kab dan Kota Bekasi Kab Tasikmalaya dan Kab Kuningan.

Baca Juga: Misteri Goa Pojok Lawang, Saudara Ketiga Goa Kutamaneuh dan Situ Kubang Sukabumi

Tanggal 28 Februari 2023 :

Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Ciamis, Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Banjar, Kab Karawang, Kab Subang, Kab Kuningan dan Kab Cirebon. 

Tanggal 1 Maret 2023 :

Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kab Karawang, Kab Cianjur, Kab Bandung Barat, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Kuningan, Kab Tasikmalaya, Kab Ciamis dan Kota Banjar.

Tanggal 2 Maret 2023 :

Kab dan Kota Sukabumi, Kab dan Kota Bogor, Kota depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Subang, Kab Ciamis, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Kuningan, Kab dan Kota Cirebon, Kab Karawang dan Kota Banjar.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Spot Wisata di Surade Sukabumi, Berlibur Hingga Napak Tilas

Berikutnya, menurut Indra, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut. Banjir pesisir (rob) pada tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2023) berpotensi terjadi di beberapa Pesisir utara Jawa Barat yakni pesisir Cirebon. Di pesisir selatan berpotensi banjir rob pada tanggal 24 – 26 Februari 2023 di pesisir Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Maka dari itu, menurut Indra BMKG memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak terkait diharapkan melakukan persiapan antara lain:

  1. Memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.
  2. Melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.
  3. Masyarakat pengguna transportasi angkutan penyeberangan perlu meningkatkan
    kewaspadaan sebagai salah satu upaya adaptasi dan mitigasi kondisi tersebut.
  4. Melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.
  5. Menggencarkan sosialisasi, edukasi, dan literasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat serta pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi).
  6. Lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi.
  7. Terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG, secara lebih rinci dan detail untuk tiap kecamatan di seluruh wilayah Indonesia.

sumber : rilis BMKG 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 19:13 WIB

Demokrat Sambut Baik Ayep Zaki Ramaikan Pilkada Kota Sukabumi

DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi, Luviana Adam mengaku sangat respect dengan sosok Ayep Zaki yang merupakan tokoh Sukabumi yang konsen dalam bidang pangan.
Ketua Pembina Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), Ayep Zaki, mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon (bacalon) Wali Kota dari Partai Demokrat, pada Selasa (16/4/2024) | Foto : Sukabumi Update
Life17 April 2024, 19:00 WIB

8 Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua

Ayah Bunda Wajib Tahu! Ini Sederet Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua
Ilustrasi. Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua. Foto : Pixabay/Mimzy
Sukabumi17 April 2024, 18:33 WIB

Sempat Tutup Jalan, Pohon Setinggi 16 Meter Tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi

Kejadian pohon tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi ini terjadi saat hujan deras dan angin kencang melanda wilayah tersebut.
Proses evakuasi pohon tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi, Rabu (17/4/2024) sore. (Sumber : Istimewa)
Bola17 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Persis Solo di Liga 1 Pekan ke-31

Persija Jakarta vs Persis Solo akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persija Jakarta vs Persis Solo akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : pexels.com/@Tom Fisk).
Sukabumi17 April 2024, 18:09 WIB

Perpustakaan Palabuhanratu Miliki Koleksi Buku Lengkap, Cek Jam Bukanya

Dikelola Diarpus Kabupaten Sukabumi, Perpustakaan Palabuhanratu miliki 4000 koleksi buku.
Unit Pelayanan Perpustakaan Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Life17 April 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Ibu Hamil Agar Janin Dalam Kandungan Sehat dan Selamat Saat Melahirkan

Kumpulan doa untuk buah hati dalam kandungan yang dapat dilafalkan ibu hamil.
Ilustrasi-Kumpulan doa untuk buah hati dalam kandungan yang dapat dilafalkan ibu hamil. | Foto: Freepik/@valeria_aksakova
Sehat17 April 2024, 17:30 WIB

Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

Teh daun sirsak sangat mudah dibuat dan manfaat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Teh daun sirsak sangat mudah dibuat dan manfaat untuk menurunkan gula darah. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Musik17 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok

Inilah Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok. Sudah Dengar?
Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok (Sumber : YouTube/FabioAsher)
Bola17 April 2024, 16:00 WIB

Persija Jakarta vs Persis Solo di Liga 1 2023/2024: Head to Head, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Persija Jakarta akan menyambut tamunya Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2023/2024, malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persija Jakarta akan menyambut tamunya Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2023/2024, malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persija/@persisofficial).
Sukabumi17 April 2024, 15:39 WIB

Menko PMK Optimis Perbaikan Permanen Tol Bocimi Seksi 2 Rampung dalam 3 Bulan

Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau langsung proses perbaikan bahu jalan yang longsor di KM 64+600 A Tol Bocimi seksi 2, Parungkuda Sukabumi, (17/4/2024).
Menko PMK Muhadjir Effendy tinjau perbaikan jalan yang longsor di KM 64+600 A Tol Bocimi seksi 2, Parungkuda Sukabumi, Rabu (17/4/2024). (Sumber : SU/Ibnu)