12 Rekomendasi Spot Wisata di Surade Sukabumi, Berlibur Hingga Napak Tilas

Sabtu 18 Februari 2023, 07:31 WIB
Taman Megalodon Surade | Foto : Istimewa

Taman Megalodon Surade | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi memang memiliki sejuta pesona keindahan alam, mulai dari pantai, air terjun, pegunungan hingga goa pun banyak di Sukabumi. Di artikel kali ini sukabumiupdate.com akan berbagi informasi tentang 11 destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Surade Sukabumi.

1. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong yang berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dan Surade, Kabupaten Sukabumi, kini terdapat spot kamping nan eksotis yang patut dikunjungiPantai Karang Bolong yang berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dan Surade, Kabupaten Sukabumi, kini terdapat spot kamping nan eksotis yang patut dikunjungi.

Pesona indahnya Pantai Karang Bolong Sukabumi ini memang termasuk destinasi wisata baru di Sukabumi yang sedang "naik daun", hal ini dikarenakan belum terlalu banyaknya orang yang mengetahui akan keberadaan pantai indah ini, dan baru sekarang-sekarang inilah banyak pengunjung yang mulai berdatangan ke pantai ini.

Lokasi Pantai Karang Bolong ini terletak di Desa Sukatani Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Bagi sahabat semua yang bermintat berkunjung ke pantai indah ini, silahkan saja menuju Kecamatan Surade, sesampainya di terminal Surade, sahabat bisa menanyakan ke penduduk disana arah menuju Desa Sukatani.

2. Curug Cigangsa

Nama lain Curug Cigangsa adalah Curug Luhur. Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan curug ini memiliki debit air yang kecilCurug Cigangsa atau Curug Luhur. Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan curug ini memiliki debit air yang kecil

Nama lain Curug Cigangsa adalah Curug Luhur. Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan diperkirakan terbentuk akibat gempa yang cukup kuat sehingga mengakibatkan longsor.

Curug ini memiliki debit air yang kecil, hal ini dikarenakan di bagian hulunya dibendung untuk keperluan irigasi. Keunikan Curug Cigangsa adalah dinding batunya berwarna kehitaman sebagai landasan air mengalir.

Disekitar lokasi ini terdapat sebuah batu. Batu ini oleh masyarakat setempat menyebutnya dengan batu Masigit. Di Curug Cigangsa ini pengunjung dapat menikmati keindahan curug dari dua arah, yaitu dari atas dan bawah. Lokasi Curug Cigangsa ini terletak di Batu Suhunan Kelurahan Surade Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi.

3. Muara Cimarancang

Lokasi Muara Cipamarangan ini terletak di Desa Buniwangi Kecamatan SuradeLokasi Muara Cipamarangan ini terletak di Desa Buniwangi Kecamatan Surade

Lokasi Muara Cipamarangan ini terletak di Desa Buniwangi Kecamatan Surade Kabupaen Sukabumi. Dari Pantai Minajaya ke arah kiri dan berjarak sekitar 4 KM.

4. Goa Gunung Sungging

Destinasi wisata yang bisa anda kunjungi , Goa Gunung Sungging. Sebuah Goa yang berada di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, ini punya pemandangan yang eksotis.Destinasi wisata yang bisa anda kunjungi, Goa Gunung Sungging. Sebuah Goa yang berada di Kecamatan Surade ini punya pemandangan yang eksotis.

Sebagaimana namanya, Goa Gunung Sungging ini terletak di Kampung Cigintung, Desa Gunung Sungging, Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Goa ini terlatak dibawah permukaan tanah, karena ketika sahabat akan masuk kedalam goa ini, sahabat harus menuruni tangga masuk terlebih dahulu.

Goa Gunungsungging di Desa Gunungsungging, merupakan goa dengan nilai sejarah dan keindahan unik seperti granit yang menyerupai wayang, buaya, dan lainnya.

5. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya di Sukabumi Selatan ini dengan daya tariknya berupa hamparan batu karang yang unik dan ombak yang tenang.Pantai Minajaya di Sukabumi Selatan ini dengan daya tariknya berupa hamparan batu karang yang unik dan ombak yang tenang.

Pantai Minajaya merupakan tempat rekreasi warga masyarakat Surade dan sekitarnya bahkan dari luar kota Sukabumi maupun mancanegara. Pantainya indah dan rindang dengan tumbuhnya pepohonan di pinggir pantai. Panoramanya sangat indah sekali terutama pada saat sore hari. Kita bisa melihat Sunset yang menghias pantai minajaya.

Semilir angin pantai begitu nikmat, hingga kalau kita duduk di tenda-tenda yang tersedia tanpa terasa sering tertidur lelap. Pesisir pantainya memang hampar, ombaknya tidak besar sehingga anak-anak kecil dengan bebas bisa mandi sepuas-puasnya tanpa ada rasa kekhawatiran. Pantai Minajaya ini terletak di Desa Buniwangi Kec. Surade Kab. Sukabumi.

6. Tugu Surade

Bunderan Surade memang tidak nampak wah. Namun keberadaannya menjadi semacam penanda, bukan saja penanda bahwa Anda telah sampai di kota kecamatan berpenduduk 73.146 jiwa ini, tetapi juga menjadi penanda dua arah menuju tiga tempat wisata alam nan indah, yakni Curug Luhur Batusuhunan atau Curug Cigangsa, Geopark Ciletuh, dan Pantai Ujunggenteng. Tak heran jika di sekitar kawasan Tugu Surade, menjadi salah satu pusat keramaian kota kecamatan ini.

7. Pantai Cicaladi

Pemerintah Desa Sukatani, Kecamatan Surade, tengah mengembangkan potensi wisata Pantai Cicaladi Karang BolongPemerintah Desa Sukatani, Kecamatan Surade, tengah mengembangkan potensi wisata Pantai Cicaladi Karang Bolong

Pantai Cicaladi berada di Desa Sukatani yang kaya akan potensi alam seperti pasir besi dan rumput laut. Buat kalian yang mencari ketenangan kalian dapat langsung mengunjungi lokasi wisata Pantai Cicaladi ini yang lokasinya sendiri berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Kalian memang sudah bisa menggunakan kendaraan pribadi kalian untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Cicaladi mau itu menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

8. Situ Cikalapa

Berada di jalur wisata Pantai Ratu Cimandala Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Situ Cikalapa menawarkan pemandangan menarik berupa hamparan danau yang memiliki luas 30 hektare.Berada di jalur wisata Pantai Ratu Cimandala Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Situ Cikalapa menawarkan pemandangan menarik berupa hamparan danau seluas 30 hektare.

Situ Cikalapa yang terletak di Kampung Cimandala, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade. Danau yang berlimpah air jernih dan bersih sepanjang tahun ini memiliki keindahan alam khas Pajampangan dengan aneka jenis pepohonan dan satwa lokal.

Luas Situ Cikalapa sekitar 30 hektare kira-kira seluas satu kedusunan. Bentuknya memanjang dari utara dengan bagian ujung selatan yang lebih besar. Dilihat sekilas, alur air pada danau ini menyerupai sungai. Airnya yang sangat jernih berasal dari mata air alami di dalam tanah dengan pasokan air yang tidak berhenti mengalir sepanjang tahun.

Dengan bentangan alam seluas dan berdebit air sebanyak itu, Situ Cikalapa tidak ubahnya kolam raksasa tempat berkembang biak aneka jenis ikan. Di tempat ini ikan dapat hidup dengan leluasa sambil menjelajahi lekuk-lekuk dan pinggiran danau yang bertebing-tebing. Setiap saat para pemancing profesional atau sekedar hobi berdatangan ke danau ini untuk menyalurkan hasratnya dalam adu kecekatan dan kecepatan dengan ikan air tawar.

9. Pematang Sawah Batu Bersusun

Sawah dengan pematang tanah itu biasa. Namun, jika sawah dengan pematang dari batu bersusun, mungkin cuma ada di Kelurahan Surade. Jika Anda penasaran ingin melihatnya, silakan kunjungi Curug Luhur Batu Suhunan.

Di kawasan air terjun yang berada di tengah area persawahan ini, terdapat banyak batu raksasa seperti tumbuh di antara hamparan tanaman padi. Namun, bukan hanya batu-batu berukuran besar di tengah sawah yang membuatnya nampak unik, tapi pematang sawahnya pun banyak yang terbuat dari batu bersusun bak dinding bangunan.

10. Eyang santri Dalem

Eyang Santri DalemEyang Santri Dalem

Masyarakat Pajampangan tidak asing mendengar nama Eyang Santri Dalem atau Eyang Cigangsa. Konon, tokoh ini menjadi bagian dari cerita berdirinya Surade yang kekinian menjadi salah satu nama kecamatan di selatan Kabupaten Sukabumi.

Beberapa orang mencatat Eyang Santri Dalem merupakan pendiri pondok pesantren pertama di Surade. Informasi ini setidaknya disampaikan oleh keturunan Eyang Santri Dalem yang hingga kini masih hidup dan menjadi tokoh bagi warga Pajampangan yakni Kamaludin (72 tahun).

"Dalam catatan sejarah, beliau (Eyang Santri Dalem) memiliki nama asli Raden Suranangga dan merupakan putra dari Raden Arya Adipati Jagabaya," kata Kamaludin kepada sukabumiupdate.com di rumahnya di Kampung Pasir Karang RT 04/02 Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Rabu (15/2/2023).

Kamaludin menyebut Raden Arya Adipati Jagabaya adalah Bupati Galuh Imbanagara atau Ciamis pada 1732 hingga 1751. Menurut Kamaludin, Raden Arya Adipati Jagabaya memerintah saat wilayahnya masih di bawah kekuasaan Kerajaan Mataram dan zaman penjajahan Belanda.

Bagi yang berkunjung ke Kecamatan Surade bisa sekaligus napak tilas dengan berziarah ke makam Eyang Santri Dalem

11. Museum Megalodon

Museum Megalodon, Surade, SukabumiMuseum Megalodon, Surade, Sukabumi

Lokasi museum ini berada di Jl. Cisaat, Gunung Sungging, Kec. Surade, Kab. Sukabumi, lebih tepatnya terletak di samping Kantor Desa Gunung Sumbing.

Museum yang didirikan pada awal tahun 2021 ini merupakan museum yang mengoleksi sekitar 500 fosil kehidupan purba laut.

Di sini terdapat banyak fosil gigi Megalodon yang begitu besar. Tak hanya itu, terdapat juga fosil moluska jenis kerang, arthropoda, fosil lumba-lumba, tulang paus, hingga ambergris atau muntahan paus.

12. Taman Megalodon 

Taman MegalodonTaman Megalodon

Selain museum Megalodon. Taman Megalodon juga didirikan tepat di bundaran jalan protokol Surade - Ujunggenteng. Alasan didirikannya Tugu Megalodon di bundaran Surade untuk memperkenalkan Surade yang punya sejarah Megalodon.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 22:31 WIB

6 Strategi agar Konsisten Menghindari Makanan Tidak Sehat, Ini Solusinya

Untuk konsisten menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, perlu strategi yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Cara konsisten hindari makanan tidak sehat. (Sumber Foto : Pexels/Nathan Cowley)
Jawa Barat29 Maret 2024, 22:13 WIB

Gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Guncangannya Terasa Hingga Kalapanunggal Sukabumi

BMKG melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 3,0 mengguncang wilayah Kota Bogor Jawa Barat dan sekitarnya pada Jumat (29/3/2024) malam.
Episenter gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Jumat (29/3/2024) pukul 21:22:42 WIB. (Sumber : BMKG)
Sehat29 Maret 2024, 22:03 WIB

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Picu Diabetes dan Obesitas!

Penting dalam hidup mengetahui bahaya keseringan bergadang. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh lama kelamaan.
Ilustrasi. Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh. (Sumber foto : Pexels/cottonbro pro)
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).