Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Selasa 18 Juni 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)

Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada berbagai kondisi yang dialami oleh penderita diabetes, salah satunya kadar gula darah naik pada saat bangun tidur di pagi hari.

Kenaikan kadar glukosa dalam darah yang dialami oleh para pengidap diabetes saat bangun tidur kerap dikenal dengan istilah fenomena fajar.

Sejatinya, kondisi ini dapat dialami oleh sebagian kalangan, terutama orang dengan riwayat kadar gula darah tinggi atau diabetes.

Lalu, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak uraian lengkap berikut ini, merujuk pada laman hellosehat.

Baca Juga: 5 Aturan Makan Nasi Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Melonjaknya kadar glukosa dalam darah saat bangun tidur di pagi hari bisa dikatakan sebagai kondisi alami dan dapat terjadi bagi sebagian besar orang.

Menurut sebuah penelitian, kondisi ini bisa terjadi sebagai reaksi tubuh dalam memastikan bahwa seseorang memiliki cukup energi untuk bergerak bangun dan mengawali aktivitas selama seharian.

Kabar baiknya, pada pengidap diabetes, kondisi ini bakal kembali normal lantaran adanya peran insulin yang berfungsi untuk mengontrol gula darah, namun tidak berlaku sama pada diabetesi.

Pasalnya, tubuh penderita diabetes tidak memiliki cukup insulin untuk bereaksi dengan baik terhadap melonjaknya kadar gula darah di pagi hari. Sehingga, kadar glukosa yang terlalu tinggi ini memicu penderita diabetes mengalami gejala seperti mual, penglihatan kabur, atau haus yang ekstrim saat bangun tidur.

Baca Juga: Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah: 4 Cara Memasukannya Kedalam Pola Makan

Oleh sebab itu, penting bagi para pengidap diabetes untuk waspada dan memperhatikan sejumlah hal penting dalam mengatasi lonjakan kadar gula darah saat bangun tidur di pagi hari.

Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa membantu penderita diabetes turunkan kadar glukosa yang naik di pagi hari.

1. Membiasakan Sarapan Tinggi Nutrisi

Sarapan dengan menu tinggi nutrisi dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah. Namun sayangnya, sebagian orang masih saja melewatkan momen sarapan lantaran belum terbiasa dan merasa tidak lapar usai bangun tidur di pagi hari.

Padahal, sarapan seimbang bisa membantu mengendalikan turunkan lonjakan kadar gula darah usai bangun tidur. Pemenuhan asupan sarapan kaya nutrisi sangatlah penting bagi penderita diabetes agar kadar glukosa tetap terkontrol, terutama saat bangun tidur pagi hari.

2. Kebutuhan Cairan Tercukupi

Salah satu faktor yang bisa mengatasi lonjakan kadar gula darah di pagi hari adalah pemenuhan kebutuhan cairan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tubuh yang kurang asupan dapat meningkatkan konsentrasi gula darah.

Untuk mengatasi hal ini, minum air putih yang cukup setelah bangun tidur di pagi hari dapat membantu mengencerkan jumlah gula dalam aliran darah.

Baca Juga: Tidak Melulu Soal IQ, Ini 3 Ciri-ciri Umum Anak Berbakat Dilihat Dari Sifatnya

3. Konsumsi Makanan Kaya Protein dan Serat

Protein dan serat termasuk dalam golongan nutrisi atau zat yang dibutuhkan tubuh. Kedua zat ini membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga gula darah relatif tidak cepat naik.

Dengan makan makanan tinggi protein dan serat juga dapat menciptakan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga penderita diabetes bisa lebih terbantu untuk mengontrol diri dari kebiasaan pola makan tidak sehat yang dapat memicu kenaikan gula darah.

4. Sempatkan Aktivitas Fisik

Sudah bukan rahasia kalau olahraga sangat penting bagi siapa saja, tak terkecuali penderita diabetes. Bagi pengidap diabetes yang menyempatkan olahraga ringan di pagi hari dipercaya dapat membantu tubuh menyeimbangkan kadar gula darah.

Pastikan memilih jenis olahraga yang tepat seperti jalan santai, yoga, atau tai chi, karena jenis olahraga tersebut dapat membantu kadar gula darah tetap stabil di pagi hari.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

5. Membatasi Makanan Tinggi Gula

Membatasi makanan tinggi gula tidak hanya membantu menjaga kadar gula darah penderita diabetes di pagi hari, tapi juga dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, pastikan para penderita diabetes disiplin dalam menerapkan kebiasaan memakan makanan rendah gula.

Selain itu, mengutamakan konsumsi makanan tinggi serat dan protein juga bermanfaat bagi tubuh agar terhindar dari lonjakan kadar glukosa.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life23 Juli 2024, 06:30 WIB

8 Rutinitas Pagi yang Tidak Pernah Ditinggalkan Orang Sukses

Rutinitas pagi yang terstruktur dan positif dapat membantu meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Dengan meniru kebiasaan pagi orang sukses, Anda dapat memulai hari dengan lebih baik dan mencapai tujuan hidup dengan lebih efektif. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Food & Travel23 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat!

Semoga Resep Petis Rujak ini membantu menikmati kelezatan mangga muda dengan petis!
Ilustrasi. Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)