Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Selasa 18 Juni 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)

Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada berbagai kondisi yang dialami oleh penderita diabetes, salah satunya kadar gula darah naik pada saat bangun tidur di pagi hari.

Kenaikan kadar glukosa dalam darah yang dialami oleh para pengidap diabetes saat bangun tidur kerap dikenal dengan istilah fenomena fajar.

Sejatinya, kondisi ini dapat dialami oleh sebagian kalangan, terutama orang dengan riwayat kadar gula darah tinggi atau diabetes.

Lalu, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak uraian lengkap berikut ini, merujuk pada laman hellosehat.

Baca Juga: 5 Aturan Makan Nasi Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Melonjaknya kadar glukosa dalam darah saat bangun tidur di pagi hari bisa dikatakan sebagai kondisi alami dan dapat terjadi bagi sebagian besar orang.

Menurut sebuah penelitian, kondisi ini bisa terjadi sebagai reaksi tubuh dalam memastikan bahwa seseorang memiliki cukup energi untuk bergerak bangun dan mengawali aktivitas selama seharian.

Kabar baiknya, pada pengidap diabetes, kondisi ini bakal kembali normal lantaran adanya peran insulin yang berfungsi untuk mengontrol gula darah, namun tidak berlaku sama pada diabetesi.

Pasalnya, tubuh penderita diabetes tidak memiliki cukup insulin untuk bereaksi dengan baik terhadap melonjaknya kadar gula darah di pagi hari. Sehingga, kadar glukosa yang terlalu tinggi ini memicu penderita diabetes mengalami gejala seperti mual, penglihatan kabur, atau haus yang ekstrim saat bangun tidur.

Baca Juga: Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah: 4 Cara Memasukannya Kedalam Pola Makan

Oleh sebab itu, penting bagi para pengidap diabetes untuk waspada dan memperhatikan sejumlah hal penting dalam mengatasi lonjakan kadar gula darah saat bangun tidur di pagi hari.

Berikut beberapa kebiasaan sehat yang bisa membantu penderita diabetes turunkan kadar glukosa yang naik di pagi hari.

1. Membiasakan Sarapan Tinggi Nutrisi

Sarapan dengan menu tinggi nutrisi dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah. Namun sayangnya, sebagian orang masih saja melewatkan momen sarapan lantaran belum terbiasa dan merasa tidak lapar usai bangun tidur di pagi hari.

Padahal, sarapan seimbang bisa membantu mengendalikan turunkan lonjakan kadar gula darah usai bangun tidur. Pemenuhan asupan sarapan kaya nutrisi sangatlah penting bagi penderita diabetes agar kadar glukosa tetap terkontrol, terutama saat bangun tidur pagi hari.

2. Kebutuhan Cairan Tercukupi

Salah satu faktor yang bisa mengatasi lonjakan kadar gula darah di pagi hari adalah pemenuhan kebutuhan cairan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tubuh yang kurang asupan dapat meningkatkan konsentrasi gula darah.

Untuk mengatasi hal ini, minum air putih yang cukup setelah bangun tidur di pagi hari dapat membantu mengencerkan jumlah gula dalam aliran darah.

Baca Juga: Tidak Melulu Soal IQ, Ini 3 Ciri-ciri Umum Anak Berbakat Dilihat Dari Sifatnya

3. Konsumsi Makanan Kaya Protein dan Serat

Protein dan serat termasuk dalam golongan nutrisi atau zat yang dibutuhkan tubuh. Kedua zat ini membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga gula darah relatif tidak cepat naik.

Dengan makan makanan tinggi protein dan serat juga dapat menciptakan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga penderita diabetes bisa lebih terbantu untuk mengontrol diri dari kebiasaan pola makan tidak sehat yang dapat memicu kenaikan gula darah.

4. Sempatkan Aktivitas Fisik

Sudah bukan rahasia kalau olahraga sangat penting bagi siapa saja, tak terkecuali penderita diabetes. Bagi pengidap diabetes yang menyempatkan olahraga ringan di pagi hari dipercaya dapat membantu tubuh menyeimbangkan kadar gula darah.

Pastikan memilih jenis olahraga yang tepat seperti jalan santai, yoga, atau tai chi, karena jenis olahraga tersebut dapat membantu kadar gula darah tetap stabil di pagi hari.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

5. Membatasi Makanan Tinggi Gula

Membatasi makanan tinggi gula tidak hanya membantu menjaga kadar gula darah penderita diabetes di pagi hari, tapi juga dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, pastikan para penderita diabetes disiplin dalam menerapkan kebiasaan memakan makanan rendah gula.

Selain itu, mengutamakan konsumsi makanan tinggi serat dan protein juga bermanfaat bagi tubuh agar terhindar dari lonjakan kadar glukosa.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi23 Oktober 2024, 22:10 WIB

Banggar DPRD Sukabumi dan Pemda Sepakati RAPBD 2025, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025.
Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi sepakati RAPBD 2025 | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi23 Oktober 2024, 21:49 WIB

Kecewa, 16 Anggota Walk Out Saat Paripurna Pembentukan AKD DPRD Kota Sukabumi

Sebanyak 16 Anggota DPRD Kota Sukabumi dikabarkan tak kembali saat jeda istirahat sidang paripurna membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) di ruang sidang Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) malam.
Rapat paripurna pembahasan AKD di Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) | Foto : Dok. Sekwan
Inspirasi23 Oktober 2024, 20:53 WIB

Jejak Inspiratif, Sosok Wamen Pendidikan Dr. Fajar Dimata Guru dan Kakak Kelas di YASTI Sukabumi

Kemunculan nama Fajar Riza Ulhaq di jajaran Kabinet Merah Putih menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru dan kakak kelasnya semasa sekolah tingkat menengah di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, Dr. Fajar merupakan alumni MTs YASTI
Dr. Fajar Riza Ulhaq, Wamen Pendidikan RI 2024-2029 (kiri), Haerudin (Guru MTs Yasti Cisaat Sukabumi) | Foto : Sukabumiupdate.com
Musik23 Oktober 2024, 20:00 WIB

Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan

Festival musik yang akan mendatangkan musisi dari K-Hip Hop dan K-R&B yakni NEVAEVA! Festival 2024 secara resmi mengumumkan batal diselenggarakan.
Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan (Sumber : Instagram/@nevaeva_indonesia)
Jawa Barat23 Oktober 2024, 19:58 WIB

Anggota DPRD Jabar Haji Aka Minta Negara Cari Solusi untuk Masalah Gurandil di Sukabumi

Hal ini lebih khusus disampaikan kepada Dinas ESDM Jabar.
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yusuf Maulana mengikuti rapat kerja dengan mitra kerja Komisi IV di kantor BAPENDA Kabupaten Garut pada Selasa, 22 Oktober 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi23 Oktober 2024, 19:29 WIB

Hilang Kendali di Tikungan Lalu Tabrak Warung, Pemotor Tewas di Simpenan Sukabumi

Mereka diduga kehilangan kendali sehingga terjatuh ke sebelah kiri jalan.
Lokasi kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa
Food & Travel23 Oktober 2024, 19:00 WIB

5 Makanan Khas Kota Tangerang yang Unik dan Menggugah Selera

Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba.
Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba. (Sumber : Instagram/@laksatangerangcikimhua/@sumsum_pisangmas).
Entertainment23 Oktober 2024, 18:30 WIB

NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap

Kabar bahagia datang dari NCT DREAM yang akan comeback dengan merilis album terbaru bertajuk DREAMSCAPE pada 11 November 2024. Renjun akan berpartisipasi usai hiatus.
NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap (Sumber : Instagram/@nct_dream)
Life23 Oktober 2024, 18:00 WIB

Kumpulan Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki dan Perempuan, Yuk Amalkan

Berdoa meminta jodoh terbaik merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba kepada Allah SWT.
Meminta jodoh yang terbaik adalah bentuk usaha untuk mendapatkan pasangan hidup yang bisa membimbing kita dalam menjalankan ibadah dan meraih ridho Allah. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi23 Oktober 2024, 17:53 WIB

Satu Tewas! Pemotor Satria Kecelakaan Tunggal di Jalan Simpenan Sukabumi

Kecelakaan melibatkan pengendara dan penumpang sepeda motor Satria F 150.
Sepeda motor Satria F 150 yang kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa