Ini 6 Cara Efektif Mencegah Lonjakan Asam Urat Agar Tidak Kambuh Kembali

Kamis 13 Juni 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi mencegah lonjakan asam urat agar tidak kambuh salah satunya minum air putih (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi mencegah lonjakan asam urat agar tidak kambuh salah satunya minum air putih (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah suatu kondisi peradangan menyakitkan yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat pada persendian di dalam tubuh.

Kondisi ini dikenal juga sebagai artritis gout yaitu kondisi yang bisa terjadi secara tiba-tiba dan paling sering dimulai pada jempol kaki.

Selain itu, asam urat adalah senyawa yang tercipta saat tubuh memecah purin, yang ditemukan dalam tubuh dan makanan yang Anda makan. Kadar asam urat tinggi menyebabkan terbentuknya kristal asam urat, kemudian akan menumpuk di persendian, dan menyebabkan timbulnya rasa sakit serta peradangan.

Penderita asam urat mengalami periode dimana gejalanya memburuk, yang dikenal sebagai serangan asam urat.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Pencegahan Asam Urat

Melansir dari laman verywellhealth.com, orang yang secara genetik berpotensi terkena asam urat masih dapat mencegah terjadinya serangan asam urat dengan melakukan perubahan gaya hidup berikut:

1. Perubahan Pola Makan

Bagi orang-orang yang kadar asam uratnya hanya sedikit meningkat, perubahan pola makan mungkin merupakan satu-satunya hal yang diperlukan untuk mencegah kadar asam urat tinggi atau kambuh.

Menghindari dan membatasi makanan tinggi purin dapat sangat mengurangi risiko terkena asam urat di kemudian hari.

2. Batasi Asupan Alkohol

Alkohol mengandung purin yang tinggi, itulah sebabnya ia berkontribusi terhadap asam urat. Beberapa orang mengatakan bahwa hanya biji-bijian alkohol seperti bir yang berkontribusi terhadap serangan asam urat, sementara yang lain percaya hal itu dipicu oleh anggur atau wine.

Namun, berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa semua jenis alkohol dapat menimbulkan risiko yang sama terhadap perkembangan asam urat.

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

3. Penurunan Berat Badan

Menurunkan berat badan berpotensi mengurangi risiko asam urat karena bisa menurunkan rata-rata kadar asam urat seseorang. Selain itu, penurunan berat badan melalui operasi bariatrik dan perubahan pola makan ternyata memberikan hasil positif bagi orang-orang yang berisiko terkena asam urat.

Namun, bukti yang mendukung peran penurunan berat badan dalam menurunkan kadar asam urat memiliki kualitas rendah hingga sedang, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian untuk menunjukkan manfaat penurunan berat badan terhadap asam urat.

4. Manajemen Stres

Untuk sebagian orang, stres dapat memicu serangan asam urat. Itu disebabkan karena tingginya tingkat stres dan kecemasan berhubungan dengan peningkatan kadar asam urat.

Mengambil tindakan untuk mengelola stres dengan meditasi, yoga, atau melakukan hobi disuka, dapat mendukung keadaan pikiran lebih tenang dan membantu mengurangi peradangan asam urat yang berkaitan dengan stres.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

5. Konsumsi Air Putih

Air putih berperan sangat penting dalam mencegah serangan asam urat karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh dan mencegah penumpukan kristal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa keringat akibat olahraga mengurangi ekskresi asam urat dan menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Hal ini menunjukkan bahwa dehidrasi dapat meningkatkan kadar asam urat serum yang merupakan faktor risiko serangan asam urat.

6. Konsumsi Obat Asam Urat

Obat-obatan tertentu dapat membantu mencegah kambuhnya asam urat. Misalnya, allopurinol (Alloprim) adalah obat yang membatasi pemecahan purin, sehingga bisa menurunkan kadar asam urat serum.

Allopurinol termasuk dalam kelas obat yang disebut inhibitor xanthine oksidase, dan bekerja dengan mengurangi produksi asam urat dalam tubuh.

Febuxostat adalah penghambat xanthine oksidase lain yang dapat digunakan untuk mencegah serangan asam urat pada orang yang tidak berhasil diobati atau tidak dapat mengkonsumsi allopurinol. Namun, obat ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan allopurinol dan memberikan peringatan akan peningkatan risiko kematian terkait jantung.

Allopurinol dan febuxostat digunakan untuk mencegah serangan asam urat, bukan untuk mengobatinya begitu serangan tersebut terjadi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Film18 Juli 2024, 15:30 WIB

Mengangkat Kisah Nyata Pembajakan Pesawat, Berikut Sinopsis Film Hijack 1971

Film Hijack 1971 menarik untuk ditonton karena terinspirasi dari kisah nyata mengenai pembajakan pesawat Korean Air F27 yang terjadi di tahun 1971. Di film ini akan mengisahkan krisis para penumpang dan awak pesawat saat dibajak
Mengangkat Kisah Nyata Pembajakan Pesawat, Berikut Sinopsis Film Hijack 1971 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi18 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi (Sumber : Freepik.com).
Entertainment18 Juli 2024, 14:30 WIB

Sukses Foto Selfie Seminggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun

Sukses melaksanakan challenge foto selfie selama satu minggu karena teaser film Heartbreak Motel tembus 100.000 ribu viewers, artis Laura Basuki mengaku ingin rehat satu tahun untuk berselfie.
Sukses Foto Selfie Satu Minggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun (Sumber : X@/LauraBas)
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:31 WIB

Hati-hati Goweser, Maling Bermobil Angkut Sepeda Warga Sukabumi Saat di Masjid

i Sukabumi sepeda MTB (mountain bike) milik warga Kalapanunggal raib digondol maling bermobil, Kamis subuh (18/7/2024).
Maling sepeda di Kalapanunggal Sukabumi (Sumber: CCTV)
Entertainment18 Juli 2024, 13:30 WIB

Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil

Usai menggugat cerai, artis Kimberly Ryder kini melaporkan suaminya Edward Akbar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan penggelapan mobil.
Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil (Sumber : Instagram@/kimbrlyryder)
Sukabumi18 Juli 2024, 13:22 WIB

Wabup Kunjungi Kemenkes RI untuk Persiapan Healthy City Summit 2024 di Sukabumi

Kunjungan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dengan tujuan utama mengekspos persiapan penyelenggaraan acara Healthy City Summit (HCS) ke-6
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat mengunjungi Kemenkes RI dalam rangka persiapan HSC 2024 | Foto : Dokpim