Terserang Asam Urat? Coba 7 Pengobatan Rumah Ini Untuk Menyembuhkannya

Jumat 07 Juni 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi Bawang putih, salah satu pengobatan rumah yang dapat menyembuhkan asam urat (Sumber : Freepik.com/@jcomp)

Ilustrasi Bawang putih, salah satu pengobatan rumah yang dapat menyembuhkan asam urat (Sumber : Freepik.com/@jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah salah satu bentuk artritis proaktif yang menyerang persendian. Penyakit ini bisa karena disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat.

Asam urat adalah zat yang terbentuk ketika tubuh memecah purin (zat penting yang dianggap sebagai bahan penyusun DNA, serta mempengaruhi sirkulasi darah, pencernaan, dan penyerapan nutrisi).

Darah mengangkut asam urat ke ginjal dan membuangnya melalui urin. Hiperurisemia merupakan kondisi membentuknya asam urat berlebih di dalam tubuh, sehingga menyebabkan gejalanya muncul.

Mengutip dari laman NDTV Food, seringkali disarankan untuk menggunakan pengobatan rumah untuk asam urat dan banyak penyakit lainnya, agar tidak terlalu sering bergantung pada obat-obatan dokter.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

7 Pengobatan Rumah Untuk Asam Urat

1. Biji Fenugreek/Kelabat

Fenugreek adalah bahan herbal dengan daun berwarna hijau muda dan bunga kecil berwarna putih. Konsumsi biji fenugreek dapat membantu menyembuhkan asam urat karena bisa mengurangi peradangan internal dan eksternal pada tubuh.

Cara untuk mengkonsumsinya itu dengan direndam 1 sendok makan biji fenugreek dalam setengah gelas air selama semalaman, minum air tersebut ketika pagi hari, lalu kunyah biji yang sudah direndam tersebut. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan sendi dan menghilangkan rasa sakit.

2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan obat yang luar biasa untuk menyembuhkan asam urat ketika. Ini membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh. Mengkonsumsinya bisa dengan telan satu buah bawang putih dan jika dirasa sulit maka bisa dicincang halus dulu lalu dimakan. Ini akan membantu asam urat sembuh dari akarnya.

3. Biji Ajwain (Carom) dan Jahe

Biji Carom dan jahe berfungsi membuat Anda berkeringat, sehingga membantu menghilangkan asam urat dari tubuh. Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri dan bengkak.

Ambil ½ sendok makan ajwain dan 1 inci irisan jahe, rebus dengan segelas air. Saring ramuannya dan konsumsi setengahnya pada pagi hari, lalu setengahnya lagi pada malam hari.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

4. Minyak Jarak

Ahli kesehatan menyarankan untuk mengambil minyak jarak yang cukup hangat dan memijatnya pada area yang nyeri asam urat atau hanya mengoleskannya dengan bola kapas. Ini akan membantu memecah timbunan racun, menghilangkan kemerahan, dan nyeri.

5. Ketumbar

Ketumbar bisa membantu memperbaiki saluran pencernaan dengan baik oleh sifat antioksidannya, sehingga mampu menurunkan kadar asam urat. Selain itu, Minum air dalam jumlah cukup juga dapat memberikan keajaiban dalam menstabilkan kadar asam urat yang ada di tubuh.

Ambil beberapa tangkai ketumbar dan campurkan dalam segelas air lalu konsumsi. Tambahkan ke makanan Anda sebagai hiasan dan nikmatilah.

6. Kunyit

Masih satu jenis dengan jahe, kunyit dipercaya memiliki banyak potensi khasiat obat. Kunyit menekan peradangan kronis, sehingga mengurangi aktivitas Xanthine oksidase (enzim yang menghasilkan asam urat).

Kunyit dapat dikonsumsi setelah dicampurkan ke dalam susu, dijadikan minuman seperti jamu, teh, dan lainnya.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

7. Ceri

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Boston menemukan bahwa pasien asam urat yang mengkonsumsi ceri selama dua hari menunjukkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen lebih rendah, dibandingkan dengan yang tidak memakan buah tersebut.

Temuan menunjukkan bahwa mengkonsumsi ceri (hingga tiga porsi, satu porsi berisi satu setengah cangkir atau 10 hingga 12 buah ceri) atau ekstrak ceri menurunkan risiko serangan asam urat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Contoh kultur jaringan anggrek dendrobium | Foto : Istimewa
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)