Ikan Salmon dan Apel, 10 Rekomendasi Makanan Terbaik yang Mendukung Kesehatan Jantung

Selasa 09 April 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi Salmon  - Ada beberapa makanan yang mendukung kesehatan jantung Anda. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)

Ilustrasi Salmon - Ada beberapa makanan yang mendukung kesehatan jantung Anda. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori dan lemak yang tepat merupakan bagian penting dalam menjaga jantung Anda. Beberapa makanan sangat bermanfaat dalam hal ini karena profil nutrisinya.

Mengutip verywellhealth, American Heart Association menyarankan pola makan yang kaya buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, unggas, ikan, dan kacang-kacangan.

Pilihan ini sangat layak untuk dimasukkan dalam daftar konsumsi sehari-hari. Berikut rekomendasi makanan terbaik untuk kesehatan jantung.

1. Apel

Apel telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Hal ini karena mengandung banyak senyawa berbeda yang meningkatkan berbagai faktor yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Misalnya, apel mengandung fitokimia yang disebut quercetin yang bertindak sebagai agen anti inflamasi alami. Quercetin dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Apel mengandung serat larut yang dapat menurunkan jenis kolesterol berbahaya. Mereka juga mengandung polifenol, yang dikenal karena efek antioksidannya. Salah satu polifenol, khususnya yang disebut flavonoid epicatechin, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Flavonoid lain dikaitkan dengan penurunan risiko stroke. Makanan ini mungkin juga mempunyai efek dalam mengurangi jenis kolesterol berbahaya.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun meningkatkan risiko kardiovaskular, kemungkinan besar dengan menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan ini merupakan komponen penting dari diet Mediterania.

Minyak zaitun juga dapat memperlambat penuaan jantung. Sebuah studi tahun 2011 yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa pola makan kaya zaitun mengurangi kerusakan dan disfungsi endotel. Endotelium adalah lapisan sel di dinding arteri yang membantu aliran darah.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, ditambah lagi dengan vitamin dan fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi jantung dan bagian tubuh lainnya.

Asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat, dikenal dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama di jantung.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau kaya akan senyawa yang bermanfaat bagi jantung dan sistem pembuluh darah Anda. Mereka juga kaya serat, yang dapat menurunkan jenis kolesterol berbahaya dan mengurangi penyakit jantung.

5. Ikan salmon

Salmon adalah salah satu sumber terbaik dari dua asam lemak omega-3 rantai panjang yakni EPA dan DHA. EPA dan DHA telah lama dikenal dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi sel endotel.

Sebuah analisis penelitian pada tahun 2012 menemukan bahwa 0,45 hingga 4,5 gram asam lemak omega-3 (sekitar 3 ons salmon) dapat memberikan peningkatan signifikan pada fungsi arteri.

Salmon tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki rasa yang lembut dan tidak terlalu amis dibandingkan beberapa jenis ikan lainnya. Dan itu bisa disiapkan dengan berbagai cara dikukus, ditumis, dipanggang, atau diasap.

6. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang akan membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.

Oat, khususnya, layak untuk dikonsumsi. Oat mengandung serat larut yang disebut beta glukan yang membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 yang dilaporkan dalam American Journal of Nutrition menemukan bahwa gandum utuh mungkin merupakan gandum utuh yang paling efektif untuk menurunkan kolesterol.

7. Kedelai

Kedelai adalah protein nabati dan merupakan alternatif yang bagus untuk daging. Ini memiliki efek kardiovaskular yang mengesankan, termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol.

Mengganti kedelai beberapa kali seminggu dapat mengurangi jumlah lemak jenuh (lemak tidak sehat) dalam makanan Anda. Tambahkan tahu ke tumisan favorit Anda atau tuangkan susu kedelai pada sereal pagi Anda.

8. Tomat

Tomat kaya akan vitamin, dan produk tomat pekat mengandung likopen yang tinggi. Menambahkan likopen ke dalam makanan Anda dapat membantu melindungi jantung Anda, terutama jika makanan Anda saat ini tidak memberikan semua antioksidan yang Anda butuhkan.

9. Kacang Kenari

Kebanyakan kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan zat alami lainnya yang dapat menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap terkendali. Kacang kenari istimewa karena juga merupakan sumber asam lemak omega-3 nabati yang baik.

Kacang kenari bisa menjadi camilan enak dengan sepotong buah. Untuk sarapan pagi, taburkan sedikit kenari cincang di atas semangkuk oatmeal hangat bersama sedikit madu atau blueberry.

10. Kacang Polong

Kacang kaya akan protein dan serat, dan terbukti baik untuk kesehatan jantung. Meskipun padat kalori, kacang-kacangan belum terbukti menambah berat badan.

Kacang adalah salah satu makanan yang paling serbaguna. Banyak jenis kacang-kacangan yang memiliki rasa berbeda, sementara jenis kacang lainnya mudah menyerap rasa bumbu yang ditambahkan ke dalamnya

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)
Sukabumi05 Mei 2024, 17:55 WIB

Terungkap! Ini Sosok Ibu di Sukabumi yang Tega Buang Bayinya di Semak-semak

Polisi berhasil mengamankan ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi. Ternyata mantan TKW
Sosok YS (46 tahun), ibu kandung yang tega buang bayinya sendiri di semak-semak kebun warga Gunungguruh Sukabumi (Sumber : Istimewa)