Punya Hipertensi? Hindari 7 Makanan Tinggi Garam Ini Agar Tekanan Darah Aman

Rabu 22 Mei 2024, 12:45 WIB
Hindarilah 7 makanan tinggi garam ini jika mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi (Sumber : Freepik/@Racool_studio)

Hindarilah 7 makanan tinggi garam ini jika mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi (Sumber : Freepik/@Racool_studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Natrium (garam) merupakan mineral yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan, fungsi saraf, dan kontraksi otot di dalam tubuh.

Namun asupan natrium yang berlebihan dapat memicu berbagai komplikasi kesehatan, terutama jika sudah memiliki tekanan darah tinggi yang biasa disebut dengan hipertensi.

Menurut pakar kesehatan, mengonsumsi makanan tinggi natrium dapat memperburuk gejala hipertensi dan meningkatkan risiko kesehatan kardiovaskular.

Mengutip dari salah satu artikel di laman healthshots.com yang diunggah pada 17 Oktober 2023, ada 7 macam makanan tinggi garam yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi. Berikut ini daftarnya:

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

1. Beberapa Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun beberapa sayuran berdaun hijau seperti seledri, bayam, wortel, dan bit mengandung banyak garam yang dapat mempengaruhi tingkat tekanan darah. Jika tekanan darah selalu tinggi, hindari makan sayuran ini atau makanlah secukupnya.

2. Keju

Meskipun keju merupakan sumber kalsium dan protein yang baik, tetapi juga seringkali mengandung banyak garam serta lemak jenuh. Berarti terlalu banyak makan keju bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD).

Karena keju bisa menjadi salah satu makanan yang secara tidak langsung menaikkan tekanan darah dan kolesterol. Jika Anda tetap ingin memakannya, pilihlah yang rendah sodium dan konsumsilah secukupnya.

3. Sup dan Kaldu Kalengan

Untuk meningkatkan rasa dan mengawetkan produk ada beberapa sup kalengan dan kaldu siap saji yang mengandung banyak garam. Jika ingin memakannya, carilah versi tanpa tambahan garam, rendah natrium, atau pilih varietas segar atau beku. Alangkah baiknya membuat sendiri sup di rumah.

Baca Juga: Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

4. Acar dan Daging Olahan

Acar, asinan kubis, serta makanan fermentasi lainnya biasanya mengandung banyak garam karena proses pengawetan. Sebagai pengawet dan penambah rasa, daging olahan seperti hot dog, sosis, bacon, dan daging deli juga mengandung kadar natrium yang signifikan. Jadi, sebaiknya batasi seberapa sering Anda mengkonsumsi makanan tersebut.

5. Roti dan Makanan yang Dipanggang

Beberapa roti dan makanan yang dipanggang, terutama dibuat dengan tepung olahan bisa mengandung banyak natrium. Sebelum membeli atau memakan lebih dulu periksa labelnya dan pilih opsi rendah sodium jika tersedia.

6. Bumbu dan Saus Salad

Bumbu seperti kecap, saus tomat, saus barbekyu, dan saus salad bisa menjadi sumber natrium yang signifikan. Gunakan dengan hemat atau pilih versi rendah sodium. Kalaupun ingin bikin sendiri saus salad bisa cuka, jus lemon, dan rempah-rempah.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

7. Makanan Kemasan

Keripik, pretzel, dan makanan kemasan lainnya seringkali kaya akan garam. Pilihlah yang lebih sehat seperti buah-buahan segar, sayuran dengan hummus, atau makanan ringan buatan sendiri seperti popcorn yang diberi bumbu maupun menggunakan kacang tanpa garam.

Ingatlah untuk memeriksa label makanan dengan cermat untuk menentukan kadar garam pada makanan olahan dan kemasan. Untuk lebih mengontrol jumlah garam yang dikonsumsi. Pilihlah makanan segar dan lengkap atau buatlah makanan di rumah bila memungkinkan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang