Ampuh dan Mudah! Cek 7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Bahan yang Tersedia di Rumah

Jumat 03 Februari 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi. Cara mengatasi gigi ngilu sebenarnya bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah | Foto: Unplash/Diana Polekhina

Ilustrasi. Cara mengatasi gigi ngilu sebenarnya bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah | Foto: Unplash/Diana Polekhina

SUKABUMIUPDATE.com - Gigi ngilu menjadi salah satu masalah kesehatan yang dialami banyak orang hingga banyak yang mencari cara mengatasi gigi ngilu yang efektif.

Gigi ngilu kerap menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman saat mengonsumsi makanan yang terlalu dingin atau panas.

Cara Mengatasi gigi ngilu sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Baca Juga: Bangun Tidur atau Setelah Sarapan? Simak Waktu Tepat Menyikat Gigi di Pagi Hari

Cara-cara itu dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu dengan kondisi yang tergolong masih belum parah.
Untuk diketahui, gigi ngilu juga bisa menjadi menjadi tanda kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis.

Mengutip dari Akurat.co yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/2/2023), berikut cara atasi sakit gigi di rumah yang mengganggu.

1. Pasta gigi desensitisasi

Saat gigi kamu sedang sakit, sebaiknya menggunakan pasta gigi desensitisasi. Pasta gigi tersebut dapat membantu gigi untuk mengurangi rasa ngilu yang berhubungan dengan gigi sensitif.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

Banyak produk yang dapat kamu pilih, untuk lebih jelasnya kamu bisa konsultasi ke dokter jenis produk yang paling cocok kamu gunakan.

2. Menggunakan air lemon

Lemon dinilai cukup efektif untuk berbagai pengobatan, seperti cara atasi sakit gigi bisa menggunakan air lemon. Buah yang satu ini memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri.

Baca Juga: Bos Aos Preman Pensiun 8 Kembali ke Terminal, Rest In Peace Terusir dari Parkiran?

Cara menggunakannya juga sederhana, kamu cukup meneteskan perasan lemon hingga menyentuh bagian gigi yang terasa sakit. Cara lainnya, yaitu menggunakan kapas yang ditetesi air lemon, lalu diaplikasikan pada gigi yang ngilu.

3. Memanfaatkan air garam

Cara selanjutnya cukup mudah dilakukan. Walaupun terdengar biasa, namun memiliki efek yang cukup efektif untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi. Kamu cukup menyiapkan segelas air hangat dan garam secukupnya.

Baca Juga: Saling Sikut Tim 3 Besar Klasemen Liga 1: Persib, Persija dan PSM Berjarak Satu Poin

Larutkan air garam, lalu kamu bisa berkumur dengan air garam selama 3 detik sebelum membuang air tersebut dari mulut. Ulangi beberapa kali. Air garam dapat membuat mulut kamu terasa kebal dan mengurangi bakteri di mulut.

4. Es batu

Saat gigi kamu terasa ngilu, kamu juga bisa coba cara atasi sakit gigi yang satu ini. Kamu cukup bungkus es batu menggunakan kain tipis, kemudian kamu bisa tempelkan pada area gigi yang terasa sakit dari bagian pipi luar.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

Sensasi dingin dari es batu bisa membantu mematikan saraf gigi yang terasa sakit. Selain kompres dengan es batu, kamu juga bisa memijat daerah gigi yang sakit dengan jari. Hal ini kamu lakukan untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi.

5. Minyak cengkeh

Cengkeh biasa digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Minyak cengkeh memiliki sifat untuk penghilang rasa sakit dan antibakteri alami, seperti membantu untuk mematikan saraf. Kamu perlu hati-hati dalam penggunaannya.

Baca Juga: Terjemahan Lirik Lagu Somewhere Only We Know dari Keane, Bisa Bawa Kamu Bernostalgia

Jangan teteskan minyak cengkeh secara langsung pada gusi atau terkena lidah, karena bisa menimbulkan rasa nyeri. Sebaiknya kamu menggunakan kapas yang ditetesi minyak cengkeh untuk ditempelkan pada gigi yang sakit.

6. Cuka apel

Manfaat dari cuka apel sangatlah banyak, seperti untuk meredakan sakit gigi. Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk kamu gunakan sebagai pengurang rasa sakit gigi. Penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu berkumur dengan cuka apel selama 30 detik.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemain One Piece Live Action yang Akan Tayang 2023 Di Netflix

7. Daun jambu merah

Menurut kebanyakan orang, daun jambu dapat menyembuhkan sakit gigi. Nyatanya, daun jambu memang bersifat analgesik, anti radang, dan antimikroba.

Kamu bisa gunakan dengan mengunyah daun jambu merah yang bersih sebanyak 1-2 lembar hingga ekstraknya keluar. Setelah itu, kamu bisa gunakan ekstraknya untuk dioleskan pada gigi yang sakit dengan lidah.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Cara atasi sakit gigi dengan daun jambu, bisa dengan cara merebus daun hingga keluar ekstraknya, lalu kamu berkumur-kumur menggunakan air tersebut.

Itulah beberapa cara atasi sakit gigi yang ngilu yang bisa kamu coba di rumah. Namun, jika gigi ngilu tersebut masih belum hilang sebaiknya segera meminta bantuan medis.

Sumber: Akurat.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Juni 2024, 16:30 WIB

Konsumsi Banyak Serat, Ini 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

Mengingat kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, dan sering pergi ke toilet.
Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih20 Juni 2024, 16:21 WIB

Kabar Artis Asal Sukabumi di Bursa Pilkada 2024, Ada Omesh, Bobby, hingga Faank

Beberapa public figure atau artis kelahiran Sukabumi menjadi sorotan seiring dengan semakin dekatnya pembukaan pendaftaran Pilkada serentak tahun 2024 di Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Artis asal Sukabumi maju Pilkada Sukabumi, Bobby Maulana, Ananda Omesh, dan Faank alias Farhan Zainal Muttaqin | Foto : Istimewa
Sehat20 Juni 2024, 16:15 WIB

3 Penyebab Penderita Diabetes Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Alasannya

penderita diabetes sering mengalami meningkatnya frekuensi buang air kecil alias kencing di malam hari. Berikut sebab yang memicu hal demikian terjadi
Ilustrasi Beberapa penyebab kenapa penderita diabetes kerap buang air kecil pada saat malam hari (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:14 WIB

Perlu Uji Endotoksin, Hasil Audit KIPI Bayi di Sukabumi Meninggal Setelah Imunisasi

Kusmana menyatakan pihak keluarga ingin kepastian terkait penyebab kematian.
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti Zoom meeting dengan Komite Nasional KIPI pada Kamis (20/6/2024), membahas kasus bayi meninggal setelah imunisasi. | Foto: Pixabay
Nasional20 Juni 2024, 16:11 WIB

Dari Gunung Putri ke Villa di Sukaraja Sukabumi, Sindikat Uang Palsu Miliaran Rupiah

tersangka YS atau yang akrab disapa Ustad yang diketahui berasal dari Sukabumi berperan mencari lokasi baru yaitu sebuah bangunan villa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Pada akhir tahun 2023, Polisi menemukan lembaran uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu di salah satu vila di Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Science20 Juni 2024, 16:00 WIB

9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek.
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi20 Juni 2024, 15:49 WIB

Pria Ini Ditangkap karena Nekat Tabrak Mobil Istrinya di Cibeureum Sukabumi

Polisi mengamankan tiga mobil dan beberapa senjata tajam.
Mobil yang terlibat kejadian di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Selasa, 18 Juni 2024. | Foto: Instagram/@polres_sukabumikota
Sehat20 Juni 2024, 15:45 WIB

Inilah 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Asam Urat Saat Tidur Malam Hari

Saat tidur malam hari, kebanyakan penderita asam urat akan merasakan nyeri asam urat kambuh dan menyiksa sehingga mengganggu jam istirahat mereka.
Ilustrasi Ketahui penyebab dan cara mengatasi nyeri asam urat kambuh saat tidur malam hari (Sumber : Freepik.com/@krakenimages.com)
Food & Travel20 Juni 2024, 15:30 WIB

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi

Kedelai tanpa pemanis cenderung paling kecil kemungkinannya untuk meningkatkan gula darah, karena kadar gula yang lebih rendah dan kadar protein yang lebih tin
Ilustrasi. Awas Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi! (Sumber : Pixabay/Stanias)
Sukabumi20 Juni 2024, 15:23 WIB

Korban Tawuran Pelajar? Remaja Kena Sabetan Celurit di Pabuaran Sukabumi

Korban yang saat ini dirawat di Puskesmas Pabuaran adalah satu orang.
Luka pada kepala remaja yang saat ini ditangani di Puskesmas Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa