Ampuh dan Mudah! Cek 7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Bahan yang Tersedia di Rumah

Jumat 03 Februari 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi. Cara mengatasi gigi ngilu sebenarnya bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah | Foto: Unplash/Diana Polekhina

Ilustrasi. Cara mengatasi gigi ngilu sebenarnya bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah | Foto: Unplash/Diana Polekhina

SUKABUMIUPDATE.com - Gigi ngilu menjadi salah satu masalah kesehatan yang dialami banyak orang hingga banyak yang mencari cara mengatasi gigi ngilu yang efektif.

Gigi ngilu kerap menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman saat mengonsumsi makanan yang terlalu dingin atau panas.

Cara Mengatasi gigi ngilu sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Baca Juga: Bangun Tidur atau Setelah Sarapan? Simak Waktu Tepat Menyikat Gigi di Pagi Hari

Cara-cara itu dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu dengan kondisi yang tergolong masih belum parah.
Untuk diketahui, gigi ngilu juga bisa menjadi menjadi tanda kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis.

Mengutip dari Akurat.co yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/2/2023), berikut cara atasi sakit gigi di rumah yang mengganggu.

1. Pasta gigi desensitisasi

Saat gigi kamu sedang sakit, sebaiknya menggunakan pasta gigi desensitisasi. Pasta gigi tersebut dapat membantu gigi untuk mengurangi rasa ngilu yang berhubungan dengan gigi sensitif.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

Banyak produk yang dapat kamu pilih, untuk lebih jelasnya kamu bisa konsultasi ke dokter jenis produk yang paling cocok kamu gunakan.

2. Menggunakan air lemon

Lemon dinilai cukup efektif untuk berbagai pengobatan, seperti cara atasi sakit gigi bisa menggunakan air lemon. Buah yang satu ini memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri.

Baca Juga: Bos Aos Preman Pensiun 8 Kembali ke Terminal, Rest In Peace Terusir dari Parkiran?

Cara menggunakannya juga sederhana, kamu cukup meneteskan perasan lemon hingga menyentuh bagian gigi yang terasa sakit. Cara lainnya, yaitu menggunakan kapas yang ditetesi air lemon, lalu diaplikasikan pada gigi yang ngilu.

3. Memanfaatkan air garam

Cara selanjutnya cukup mudah dilakukan. Walaupun terdengar biasa, namun memiliki efek yang cukup efektif untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi. Kamu cukup menyiapkan segelas air hangat dan garam secukupnya.

Baca Juga: Saling Sikut Tim 3 Besar Klasemen Liga 1: Persib, Persija dan PSM Berjarak Satu Poin

Larutkan air garam, lalu kamu bisa berkumur dengan air garam selama 3 detik sebelum membuang air tersebut dari mulut. Ulangi beberapa kali. Air garam dapat membuat mulut kamu terasa kebal dan mengurangi bakteri di mulut.

4. Es batu

Saat gigi kamu terasa ngilu, kamu juga bisa coba cara atasi sakit gigi yang satu ini. Kamu cukup bungkus es batu menggunakan kain tipis, kemudian kamu bisa tempelkan pada area gigi yang terasa sakit dari bagian pipi luar.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

Sensasi dingin dari es batu bisa membantu mematikan saraf gigi yang terasa sakit. Selain kompres dengan es batu, kamu juga bisa memijat daerah gigi yang sakit dengan jari. Hal ini kamu lakukan untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi.

5. Minyak cengkeh

Cengkeh biasa digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Minyak cengkeh memiliki sifat untuk penghilang rasa sakit dan antibakteri alami, seperti membantu untuk mematikan saraf. Kamu perlu hati-hati dalam penggunaannya.

Baca Juga: Terjemahan Lirik Lagu Somewhere Only We Know dari Keane, Bisa Bawa Kamu Bernostalgia

Jangan teteskan minyak cengkeh secara langsung pada gusi atau terkena lidah, karena bisa menimbulkan rasa nyeri. Sebaiknya kamu menggunakan kapas yang ditetesi minyak cengkeh untuk ditempelkan pada gigi yang sakit.

6. Cuka apel

Manfaat dari cuka apel sangatlah banyak, seperti untuk meredakan sakit gigi. Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk kamu gunakan sebagai pengurang rasa sakit gigi. Penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu berkumur dengan cuka apel selama 30 detik.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemain One Piece Live Action yang Akan Tayang 2023 Di Netflix

7. Daun jambu merah

Menurut kebanyakan orang, daun jambu dapat menyembuhkan sakit gigi. Nyatanya, daun jambu memang bersifat analgesik, anti radang, dan antimikroba.

Kamu bisa gunakan dengan mengunyah daun jambu merah yang bersih sebanyak 1-2 lembar hingga ekstraknya keluar. Setelah itu, kamu bisa gunakan ekstraknya untuk dioleskan pada gigi yang sakit dengan lidah.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Cara atasi sakit gigi dengan daun jambu, bisa dengan cara merebus daun hingga keluar ekstraknya, lalu kamu berkumur-kumur menggunakan air tersebut.

Itulah beberapa cara atasi sakit gigi yang ngilu yang bisa kamu coba di rumah. Namun, jika gigi ngilu tersebut masih belum hilang sebaiknya segera meminta bantuan medis.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist