TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Gak PD Gigi Renggang? Simak Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Diastema!

Diastema adalah kondisi celah antara gigi yang membuat tidak percaya diri, mengingat fungsinya sebagai salah satu mahkota penampilan wajah.

Penulis
Rabu 7 Des 2022, 19:15 WIB

Ilustrasi Penanganan Gigi Renggang oleh Dokter | Foto : Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi gigi renggang cenderung membuat seseorang tidak percaya diri untuk tampil di depan umum, terutama ketika ada celah di bagian depan.

Tahukah kamu, diastema adalah istilah medis untuk kondisi renggang pada bagian depan. Apa itu diastema? Simak penjelasan berikut!

Mengutip dari situs tanyapepsodent.com, gigi renggang atau diastema merupakan celah diantara dua gigi yang biasanya bersebelahan satu sama lain.

Jenis diastema yang paling umum ditemukan adalah pada gigi bagian depan rahang atas, meskipun celah juga dapat terjadi pada seluruh bagian gigi.

Baca Juga: Mudah Didapat, Ini 7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi

Apa penyebab terjadinya gigi renggang atau diastema?

Gigi yang renggang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya:

  • Terdapat gigi yang hilang.
  • Perlekatan terlalu rendah pada otot bibir (frenulum).
  • Kebiasaan yang sering dilakukan berdampak buruk bagi gigi seperti menggigit bibir bawah, mendorong lidah dan mengisap jari.
  • Arah tumbuh gigi tidak normal atau disebut Malposisi gigi.

Umumnya gigi yang renggang atau diastema terjadi pada anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan gigi atau periode usia 9-12 tahun.

Apabila anak mengalami diastema, kamu tidak perlu khawatir secara berlebihan. Gigi yang renggang akan menutup sendiri secara alami ketika sudah tumbuh, meskipun pada beberapa anak celah akan tetap terbuka.

Tidak hanya karena tahap perkembangan gigi, faktor keturunan juga menjadi alasan mengapa anak memiliki celah antara gigi. Jika gigi renggang disebabkan oleh faktor keturunan, kemungkinan besar beberapa anggota keluarga memiliki kondisi yang serupa.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x