Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Selasa 25 Juni 2024, 19:15 WIB
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)

Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.

Namun, jika ingin turun berat badan dengan lari, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulainya. Hal ini penting untuk meminimalisir cedera dan membuat tubuh tetap terasa nyaman setelah lelah berlari.

Mengutip dari laman verywellhealth, lari terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Ini adalah aktivitas fisik sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Berlari mudah dilakukan dan dapat memberikan efek positif pada komposisi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

Manfaat Lain Dari Olahraga Lari Selain Menurunkan Berat Badan

Melakukan aktivitas fisik seperti lari juga memiliki manfaat lain, seperti:

• persentase lemak tubuh yang lebih rendah
• menurunkan kadar kolesterol
• menurunkan tekanan darah
• penurunan risiko diabetes tipe 2
• mobilitas yang lebih baik
• mengurangi lemak perut
• menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Untuk menurunkan berat badan, waktu, dan intensitas aktivitas mingguan harus ditingkatkan. Ini berarti seseorang mungkin perlu berolahraga lebih banyak dalam seminggu atau melakukan beberapa aktivitas dengan lebih giat, seperti meningkatkan kecepatan lari, agar bisa menurunkan berat badan.

Untuk berlari dengan aman dan membantu mencegah cedera, pertimbangkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai rutin berolahraga lari agar bisa menurunkan berat badan secara benar.

Baca Juga: Dialihkan ke Jalur Sukabumi, Jalan Raya Puncak Bogor Ditutup! Pedagang Tolak Digusur

8 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Mulai Olahraga Lari

1. Pemanasan : Pemanasan yang tepat membantu mempersiapkan tubuh untuk berlari. Ini bisa termasuk peregangan dinamis atau jalan cepat.

2. Bangun waktu dan intensitas secara bertahap : Jangan mencoba meningkatkan intensitas lari Anda sekaligus. Memaksa tubuh melakukan sesuatu sebelum siap dapat mengakibatkan cedera.

3. Dengarkan tubuh Anda : Anda sendiri yang paling mengenal tubuh. Perhatikan sinyal yang dikirimkannya. Rasa sakit atau kelelahan adalah tanda-tanda bahwa olahraga tadi mungkin berlebihan.

4. Tingkat aktivitas alternatif setiap hari : Dengan mengubah tingkat aktivitas setiap hari, Anda memberi tubuh kesempatan untuk pulih dan mencegah cedera akibat penggunaan berlebihan.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

5. Cross-train : Aktivitas lain seperti angkat beban, Pilates, atau yoga dapat melengkapi program lari Anda dengan meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas. Peningkatan kekuatan serta fleksibilitas biasa meningkatkan bentuk lari dan daya tahan.

6. Tetap terhidrasi : Minum banyak air adalah kunci performa yang baik dan dapat mencegah kram otot, pusing, dan dehidrasi saat lari sprint atau jarak jauh.

7. Temukan sepatu yang tepat : Memiliki sepatu atletik yang tepat dapat mencegah cedera pada persendian seperti pergelangan kaki dan lutut serta mencegah lecet.

8. Waspadai lingkungan sekitar Anda : Jika berlari di luar ruangan, waspadai lubang di jalan setapak, lalu lintas di jalan raya, atau orang lain di sekitar Anda. Kenakan perlengkapan reflektif di malam hari. Berlarilah secara berkelompok atau bersama pasangan jika berada di area yang tidak diketahui.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang