8 Kebiasaan Baik yang Dilakukan Orang-orang Berkelas Menurut Psikologi

Jumat 07 Juni 2024, 18:45 WIB
Ilustrasi - Kebiasaan utama yang dilakukan oleh orang-orang berkelas menurut psikolog (Sumber : Pexels.com/@Alexandersuhorucov)

Ilustrasi - Kebiasaan utama yang dilakukan oleh orang-orang berkelas menurut psikolog (Sumber : Pexels.com/@Alexandersuhorucov)

SUKABUMIUPDATE.com - Tanpa disadari, beberapa orang terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan yang lain bukan karena gaya berpakaian rapi, melainkan memiliki kesan berkelas yang terpancar dari dalam diri mereka.

Orang-orang berkelas juga bukan dilihat dari pakaian mewah atau aksesoris harga milyaran yang melekat, namun lebih ke tentang kebiasaan-kebiasaan kecil yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal inilah yang menjadi ciri-ciri orang berkelas dengan meninggalkan kesan mendalam bagi setiap orang yang mereka temui.

Menurut pakar psikologi, ternyata ada 8 kebiasaan utama yang dilakukan oleh orang-orang berkelas dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Bahasa Mereka Mencerminkan Kepercayaan Diri

Bahasa yang digunakan seseorang seringkali mencerminkan seberapa besar kepercayaan diri yang dimilikinya. Setiap kata yang diucapkan dapat memberikan gambaran tentang kepribadian dan sikap seseorang.

Orang yang gugup atau tidak percaya diri cenderung menunjukkan ketidakpastian dalam bahasa mereka mereka, mungkin ragu-ragu atau tanggung dalam percakapan. Sebaliknya, orang dengan kepercayaan diri kuat akan mengucapkan kata-kata bersungguh-sungguh dan sangat hati-hati. Mereka juga memiliki kata-kata bijaksana menyesuaikan dengan situasi serta lawan bicara.

2. Mampu Mempengaruhi Perasaan Orang Lain

Orang-orang berkelas cenderung mantap dalam berbicara dengan emosional yang stabil. Mereka juga kerap memberikan kesan mendalam bagi orang lain lantaran cara berinteraksinya, sehingga mampu mempengaruhi perasaan lawan bicara.

Mengasah kemampuan berbicara dengan bijaksana kepada seseorang dapat memberikan kesan yang positif dan menarik bagi orang lain. Seseorang terlihat berkelas seringkali memiliki kharisma menonjol karena kemampuan mereka berinteraksi dengan orang lain.

3. Memperhatikan Lawan Bicara Dengan Baik

Orang-orang berkelas selalu menjadi pendengar yang baik bagi lawan bicaranya. Secara aktif, mereka tidak hanya menunggu giliran untuk berbicara, tetapi benar-benar memperhatikan apa yang dikatakan oleh lawan bicara.

Hal ini ditunjukkan dari ekspresi wajah dan bahasa tubuh mereka yang mencerminkan ketertarikan dan kepedulian terhadap orang lain.

Selain itu, mereka juga cenderung mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mendalami topik yang sedang dibicarakan dan mengemukakan pendapat dengan bijaksana. Jika relevan, selain menjadi pendengar yang baik, orang berkelas juga selalu berusaha agar memahami sudut pandang orang lain.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

4. Pikiran Lebih Terbuka

Orang-orang berkelas cenderung memiliki pikiran yang terbuka dan menerima perbedaan dengan lapang dada. Mereka tidak hanya berpura-pura memahami, tetapi benar-benar berusaha untuk melihat dunia dari sudut pandang orang lain.

Kepekaan emosional juga merupakan karakteristik penting dari orang yang berkelas dengan menunjukkan kepekaan secara bijaksana dan berpengetahuan.

5. Merespons Perasaan Orang Lain Dengan Empati

Orang-orang berkelas juga memiliki rasa empati atau kepedulian tinggi terhadap orang lain. Mereka akan melibatkan lebih dari sekadar penampilan fisik atau gaya berpakaian, namun tentang bagaimana seseorang memperlakukan orang lain dan mempengaruhi perasaannya melalui interaksi dan sikap.

Mereka tidak hanya perhatian dengan kharismanya tetapi juga menciptakan hubungan yang bermakna dan membangun kedekatan dengan orang lain melalui kualitas interaksi mereka.

6. Mampu Mengendalikan Perasaan

Mengatur emosi adalah salah satu dari ciri-ciri kecerdasan emosional yang diakui oleh para psikolog. Hal ini juga merupakan sifat yang sangat terkait dengan orang berkelas.

Pasalnya, saat seseorang mampu mengendalikan emosi, hal itu menandakan tingkat kecerdasan emosional tinggi dan mencerminkan kepribadian yang tenang dan terkendali.

Orang berkelas tidak tergoyahkan oleh gejolak emosi yang datang meskipun menghadapi masalah atau tantangan. Mereka tetap mampu mempertahankan ketenangan dan akal sehat karena kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan, menunjukkan tingkat percaya diri yang tinggi.

Baca Juga: Meski Turunkan Gula Darah, Ini 6 Efek Samping Kayu Manis Bagi Kesehatan

7. Menepati Janji

Menepati janji merupakan hal penting dalam menciptakan kesan yang positif terhadap orang lain. Meskipun tampak sederhana, namun kemampuan untuk datang tepat waktu dan menepati janji merupakan tanda dari orang berkelas.

Orang-orang berkelas menghargai waktu sendiri dan waktu orang lain. Mereka menyadari bahwa waktu adalah aset berharga yang tidak bisa dikembalikan.

Oleh karena itu, mereka berkomitmen untuk menjaga waktu dengan baik ketika membuat janji. Orang berkelas bakal melakukan yang terbaik agar bisa memenuhi janji tersebut atau memberitahu dengan jelas jika ada perubahan atau keterlambatan yang tidak terduga.

8. Membangun Hubungan Yang Hangat Dengan Orang Lain

Sebagai individu yang berkelas, mereka selalu berupaya untuk menghargai waktu sendiri dan waktu orang lain. Orang yang berkelas memang menunjukkan penghargaan yang besar terhadap diri mereka dan orang lain.

Hal ini menciptakan kejelasan dalam hubungan dan membantu mencegah konflik yang tidak perlu. Selain itu, orang yang memiliki kepercayaan diri dan kematangan emosional cenderung menyampaikan pandangan mereka dengan jelas serta tegas.

Mereka tidak takut untuk berbicara atas nama diri atau menyatakan pendapat meskipun mungkin tidak selalu disukai oleh semua orang. Meski begitu, orang berkelas tetap bersikap tegas dan memberikan kesan karismatik sampai membuat orang lain merasa aman di sekitar mereka.

Selain itu, orang berkelas juga mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan positif di sekitar mereka.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Contoh kultur jaringan anggrek dendrobium | Foto : Istimewa
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)