6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Minggu 09 Juni 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi. Jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Foto: Pexels.com/@valeria boltneva

Ilustrasi. Jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Foto: Pexels.com/@valeria boltneva

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat marupakan salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Tubuh kita akan memproduksi asam urat ketika memecah senyawa organik yang disebut purin yang diproduksi di dalam tubuh dan ditemukan dalam makanan tertentu.

Diet asam urat dapat membantu mengelola gejala kondisi ini. Mengikuti diet asam urat melibatkan konsumsi makanan yang rendah purin, seperti buah jeruk dan lentil, serta menghindari beberapa makanan yang memiliki kadar purin tinggi, seperti jeroan, bir, dan soda.

Sayuran yang kaya akan purin tidak meningkatkan risiko serangan asam urat dan boleh dikonsumsi. Makanan kaya vitamin C dalam porsi sedang, produk susu rendah lemak, dan minyak nabati juga harus dikonsumsi untuk membantu mengelola kondisi Anda.

Baca Juga: 10 Sikap Sinis Orang Pura-pura Baik Karena Aslinya Tidak Suka dengan Kita

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan dan minuman tertentu lebih mungkinkan dapat menyebabkan gejala dan serangan asam urat. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari penderita asam urat.

  • Daging merah dan daging organ

Daging merah lebih tinggi purinnya dibandingkan daging putih. Dengan mengkonsumsi lebih tinggi daging merah dan daging organ dapat meningkatkan risiko serangan asam urat berulang.

  • Ikan air dingin, kerang

Jenis ikan tertentu diketahui mengandung purin lebih tinggi dan sebaiknya dibatasi pada diet asam urat.

Ikan air dingin seperti tuna, trout, herring, sarden, dan ikan teri memiliki kandungan purin yang lebih tinggi, begitu pula kerang termasuk udang, tiram, kepiting, dan lobster.

  • Ekstrak ragi

Produk tertentu termasuk Marmite, Vegemite, dan Vitam-R mengandung ekstrak ragi dan diketahui mengandung purin yang tinggi. Hindari ini untuk mengurangi kadar asam urat.

Baca Juga: Bebas Kolesterol, 5 Jenis Makanan Tinggi Serat untuk Mengurangi Kadarnya dalam Darah

  • Bir dan minuman keras

Kebanyakan minuman beralkohol tidak disarankan untuk diet asam urat. Secara khusus, bir dan minuman keras akan memperlambat ekskresi asam urat.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi anggur dalam jumlah sedang tidak berhubungan dengan peningkatan kejadian asam urat.

  • Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman yang mengandung fruktosa terutama yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi harus dihindari pada diet asam urat.

Jaga kadar asam urat tetap rendah dengan membatasi atau menghindari konsumsi soda dan minuman manis lainnya, seperti buah kaleng atau jus buah, dan produk tinggi gula lainnya termasuk snack bar, donat, kue kering, permen, dan beberapa sereal sarapan.

  • Roti putih dan madu

Karbohidrat yang cepat dicerna dan diserap dapat meningkatkan kadar gula darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar asam urat.

Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi putih, kue kering, dan kue. Meskipun madu merupakan pemanis alami, namun kandungan fruktosanya tinggi. Ketika tubuh memecah fruktosa, tubuh melepaskan purin.

Baca Juga: Bebas Asam Urat, 14 Tips Efektif Mencegah Nyeri Sendi dengan Cara Alami

Sebagai informasi, memulai diet asam urat yang seimbang tidak hanya dapat menurunkan risiko serangan asam urat tetapi juga memperlambat perkembangan kerusakan sendi terkait asam urat.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengikuti diet asam urat bisa mengurangi frekuensi serangan asam urat dan keparahan gejalanya pada beberapa orang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi makanan kaya purin meningkatkan risiko serangan asam urat berulang lima kali lipat di antara penderita asam urat, sedangkan mengurangi makanan kaya purin membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Sumber : verywellhealth.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Contoh kultur jaringan anggrek dendrobium | Foto : Istimewa
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)