Polisi Periksa 7 Saksi Terkait Insiden Ledakan Gas di Cibadak Sukabumi

Selasa 28 November 2023, 16:43 WIB
Polisi saat menujunjukkan barang bukti kendaraan truk pembawa tabung gas CNG yang meledak di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Sukabumi, Senin (27/11/2023). (Sumber : Istimewa)

Polisi saat menujunjukkan barang bukti kendaraan truk pembawa tabung gas CNG yang meledak di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Sukabumi, Senin (27/11/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi hingga kini masih menyelidiki penyebab ledakan tabung gas CNG (Compressed Natural Gas) saat diangkut truk di ruas jalan Sukabumi-Bogor, Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin sore, 27 November 2023.

Sejumlah pihak sudah dimintai keterangan terkait kejadian ini, termasuk dari salah satu perusahaan yang diduga bertanggung jawab dibalik insiden tersebut.

"Penyebab pasti dari meledaknya mobil gas masih dalam proses pendalaman dan pemeriksaan. Mari kita bersama-sama mendoakan korban dan keluarga yang ditinggalkan. Kami akan terus bekerja keras untuk mengungkap penyebab pasti dari tragedi ini," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Data 7 Korban Ledakan Gas di Cibadak Sukabumi Lahir 27 November

Menurut Maruly, hingga Selasa (28/11/2023) siang, total sudah ada tujuh orang yang diperiksa sebagai saksi, termasuk supir pengangkut tabung gas, Pardiana (38 tahun), empat teknisi dari RGS dan dua anggota yang pertama kali tiba di lokasi.

"Perusahaan RGS ini yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan kendaraan," jelasnya.

Berdasarkan hasil olah TKP dan pemeriksaan terhadap para teknisi RGS, lanjut Maruly, mereka menyebut menemukan adanya kerusakan tabung gas pada bagian cylinder valve (katup silinder). Hal tersebut diketahui dari tabung yang ditemukan di selokan, ternyata tidak lagi memiliki cylinder valve.

"Satu tabung ditemukan terlempar sejauh 20 meter ke dalam parit," terangnya.

"Ada satu tabung gas lagi yang belum ditemukan, ini menambah kompleksitas kejadian ini," sambung Maruly.

Baca Juga: Tabung Gas Meledak di Cibadak Sukabumi, Apa Itu CNG?

Sementara itu, Pardiana sebelumnya mengaku tabung CNG yang diangkut berjumlah 20 buah, dan dikirim ke wilayah Kabupaten Cianjur dari Citeureup, Bogor. "Ini muatannya terkompresi, beratnya sekitar tiga ton dan satu tabung memiliki berat kurang lebih 150 kilogram," kata Pardian kepada awak media Senin (27/11/2023).

Meski sudah memberikan kesaksian, Pardiana sendiri belum mengetahui penyebab pasti dari meledaknya tabung gas itu. Ketika dimintai keterangan lebih lanjut, petugas masih melakukan olah TKP. "Peristiwa ini terjadi saat posisi jalan sedang macet, tiba-tiba saja terjadi ledakan," ungkap Pardiana.

Diberitakan sebelumnya, dua tabung gas CNG yang tengah diangkut truk bernomor polisi B 9496 SYX tiba-tiba meledak. Akibat kejadian ini, tujuh orang mengalami luka-luka dan dua meninggal dunia. Diketahui peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.35 WIB, Senin (27/11/2023), saat lalu lintas padat karena bersamaan dengan jam pulang pabrik di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 21:39 WIB

Lewat Program Dana Abadi, Ayep Zaki Komitmen Wujudkan Sukabumi Lebih Sejahtera

Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi H. Ayep Zaki berkomitmen majukan Sukabumi dan sejahterakan masyarakat lewat Program Dana Abadi.
H Ayep Zaki, Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi. | Foto : Ist
Bola26 Mei 2024, 21:19 WIB

Persib Menapakkan Satu Kaki di Podium Juara Liga 1 2023/2024 usai Bantai Madura United 3-0

Tiga gol Persib Bandung atas Madura United di Leg 1 Final Championship Series Liga 1 2023/2024 diciptakan Ciro Alves dan brace David da Silva.
Duo Brazil Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva membawa kemenangan mutlak atas Madura United di leg 1 Final Liga 1 2023/2024. (Sumber : PERSIB.co.id)