Tabung Gas Meledak di Cibadak Sukabumi, Apa Itu CNG?

Selasa 28 November 2023, 12:30 WIB
Tuk bermuatan gas CNG yang meledak di Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Senin sore, 27 November 2023. | Tabung Gas Meledak di Cibadak Sukabumi, Apa Itu CNG? | Foto: Istimewa

Tuk bermuatan gas CNG yang meledak di Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Senin sore, 27 November 2023. | Tabung Gas Meledak di Cibadak Sukabumi, Apa Itu CNG? | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Truk yang membawa 20 tabung gas CNG (Compressed Natural Gas) dari Citeureup Kabupaten Bogor, menuju Kabupaten Cianjur, meledak di Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Senin (27/11/2023). Akibat ledakan gas di Cibadak Sukabumi itu, dilaporkan ada 9 korban dengan 2 diantaranya meninggal dunia.

Keterangan polisi menyatakan, 2 dari 20 tabung gas CNG meledak sekira pukul 17.35 WIB, ketika lalu lintas padat karena bersamaan dengan jam pulang pabrik di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor. Pardiana, supir truk Isuzu dengan pelat kuning nomor polisi B 9496 SYX, yang mengangkut 20 tabung gas CNG menyebut tabung yang ia bawa ada yang kosong ada yang isi. 

Perbedaan CNG dan LPG, memiliki fungsi yang hampir sama dengan Liquefied Petroleum Gas (LPG), kata Pardiana, yakni CNG memiliki fungsi yang hampir sama dengan Liquefied Petroleum Gas (LPG). Namun menurutnya, CNG merupakan bahan bakar gas yang terkompresi, sedangkan LPG adalah gas bumi yang dicairkan.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Laki-laki yang Menyukai Kita, Suka Memberi Perhatian

Lantas, apa itu gas CNG seperti tabung yang meledak di Cibadak Sukabumi? Simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Gas CNG

Merujuk /pertagasniaga.pertamina.com, CNG (Compressed Natural Gas) adalah gas alam yang telah dikompresi di bawah tekanan tinggi, dan volumenya sekitar 1/250 dari volume gas alam dalam kondisi normal. Tujuan dari proses ini adalah untuk memampatkan gas sehingga lebih banyak volume gas yang dapat ditransportasikan kepada konsumen.

Suplai CNG umumnya ditujukan kepada pelanggan yang wilayahnya belum tersambung dengan infrastruktur pipa gas yang terhubung langsung dari sumur sumber gas.

Baca Juga: Ekspresi Senang Tapi Aslinya Iri dengan Kita, Begini 10 Ciri-Cirinya!

Sementara menurut BRIN di laman karya.brin.go.id, CNG yaitu gas yang termampatkan merupakan salah satu bentuk diversifikasi terhadap gas bumi selain LNG dan LPG.

CNG adalah gas "kering" yang telah dipisahkan impuritiesnya, hampir seluruhnya terdiri dari methane, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. 

Saat dalam keadaan tekanan udara normal, CNG mengandung energi yang rendah dibandingkan terhadap volumenya. Untuk dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, Gas CNG perlu dipadatkan/dimampatkan terlebih dahulu supaya dapat menyimpan energi yang memadai untuk kendaraan.

Baca Juga: Kronologi Truk Gas Meledak dan Hantam Kendaraan-Tewaskan Warga di Sukabumi

Kemudian dalam keadaan bertekanan tinggi, CNG yang sebagian besar mengandung methane tetap berwujud gas, hal ini berbeda dengan LPG (Liquid Petroleum Gas) yang mengandung propane dan butane pada tekanan tinggi akan berujud cair.

Dengan menyimpan gas yang dimampatkan dalam sebuah tabung silinder yang di design khusus, kendaraan dapat cukup membawa bahan bakar untuk jarak memadai. Umumnya kendaraan yang memakai CNG mempergunakan sistem pemakaian bahan bakar ganda (dual fuel system).

Sumber: Pertamina | BRIN

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)