Kepala Bocor, Balita Tertimpa Timbangan Dacin di Posyandu Sukabumi

Selasa 13 Juni 2023, 23:40 WIB
Kepala Bocor, Balita Tertimpa Timbangan Dacin di Posyandu Sukabumi (Sumber : Istimewa)

Kepala Bocor, Balita Tertimpa Timbangan Dacin di Posyandu Sukabumi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Khadijah Ghania Adhwa, balita berusia 4 tahun 8 bulan mengalami luka bocor di bagian kepala saat Pin Polio 2 di salah satu Posyandu Perum Baros Kencana, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (24/5/2023). Saat hendak diukur, tali timbangan dacin putus, sehingga alat seberat kurang lebih 10 kilogram itu jatuh menimpa korban.

Kabar balita tertimpa timbangan dacin di Sukabumi ini heboh setelah surat terbuka secara digital viral di media sosial. Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com, Ibu korban, Zena Miftahul Jannah (26 tahun) mengunggah video peristiwa itu di akun Instagram pribadinya, @zenamj_. Itu adalah bentuk keresahan dan kekecewaan Zena atas kejadian yang menimpa Khadijah, anaknya.

"Surat pengaduan terbuka atas tragedi anak saya tertimpa timbangan dacin di bagian kepala sampai bocor dan dijahit tanggal 24 Mei 2023 di Posyandu Delima 14 Baros, Kota Sukabumi," tulis Zena dalam postingan videonya.

Viral Surat Terbuka di Media Sosial | Kepala Bocor, Balita Tertimpa Timbangan Dacin di Posyandu SukabumiViral Surat Terbuka di Media Sosial | Kepala Bocor, Balita Tertimpa Timbangan Dacin di Posyandu Sukabumi

Saat dikonfirmasi, Zena membenarkan bahwa peristiwa Khadijah tertimpa timbangan dacin terjadi pada hari Rabu, 24 Mei 2023. Zena datang ke Posyandu bersama dua orang anaknya, Khadijah (4 tahun) dan anak keduanya (1 tahun).

"Saya ditelpon sama orang Posyandu dari jam 10.00 WIB, sampai voice note sama Ketua Posyandu. Akhirnya, saya berangkat sekitar jam 10.30 WIB. Tapi pas dateng, Posyandu udah sepi, nggak ada siapa-siapa, udah diberesin juga. Cuma ada petugas posyandu sama Lurah karena waktu itu ada pemilihan Ketua Posyandu" kata Zena kepada sukabumiupdate.com, Selasa (13/6/2023).

Saat tiba di Posyandu, pemeriksaan dilakukan pada anak kedua Zena terlebih dahulu. Namun, saat sedang menidurkan anak keduanya di timbangan digital, tiba-tiba ia mendengar suara keras sang anak jatuh ke lantai.

"Anak pertama waktu disuruh sama Posyandu diem, nurut gitu. Anaknya nggak pecicilan juga. Saya nggak liat anak pertama jatuhnya gimana, karena barengan waktu saya simpan anak kedua di timbangan bayi digital. Saya kaget setelah suara itu, anak udah dibawah dan besi timbangannya udah di atas perut" jelas Zena.

Zena sebelumnya tidak berpikir bahwa timbangan besi akan menimpa anaknya. Namun setelah darah dari kepala Khadijah menembus jilbab yang digunakan, ia dan suaminya segera membawa ke Puskesmas terdekat.

Tenaga kesehatan juga menyarankan untuk terus menekan luka di kepala Khadijah selama perjalanan.

"Awalnya saya kira ah nggak apa-apa, anaknya juga nggak nangis. Saya kaget, pas dibuka kerudungnya banyak banget darah. Disitu nakes langsung nahan luka kepala anak saya pakai tisu" terangnya.

Akibat tertimpa alat timbangan dacin, Khadijah harus mendapat dua jahitan di kepalanya. Ia mendapat perawatan di IGD Puskesmas Baros.

Viral Surat Terbuka di Media Sosial | Kepala Bocor, Balita Tertimpa Timbangan Dacin di Posyandu SukabumiViral Surat Terbuka di Media Sosial | Kepala Bocor, Balita Tertimpa Timbangan Dacin di Posyandu Sukabumi

Ketika di Posyandu, kata Zena, salah satu kader menyebut tidak tidak tahu timbangan digital ada dimana dan menerangkan bahwa timbangan dacin paling akurat. Atas dasar itulah, Zena memilih timbangan dacin untuk Khadijah.

"Denger waktu ada tetangga nanya, salah satu kader bilang 'timbangan digitalnya nggak tahu dimana, dacin juga paling akurat'. Jadi saya pilih timbangan dacin saat ditanya kader" ujarnya.

Selama kurun waktu tujuh hari pasca kejadian, Khadijah masih belum stabil dan selalu mengeluhkan sakit kepala setiap malam. Zena saat itu hanya bisa menenangkan mengingat belum ada keterangan medis akibat surat rujukan yang sulit didapatkan.

"Waktu itu minta CT Scan di IGD Rumah Sakit tapi nggak bisa karena nggak ada rujukan dari Puskesmas," katanya.

Selain keluhan sakit kepala, Khadijah juga menjadi lebih sering tantrum, mulai dari rewel hingga menangis tanpa alasan.

Tak dapat dipungkiri, Zena khawatir karena luka ada di kepala bagian atas. Maka dari itu, ia ingin memastikan apakah ada hubungan antara luka bocor karena tertimpa timbangan dengan sakit kepala yang kerap dikeluhkan.

Baca Juga: Kepala Bocor, Balita Tertimpa Timbangan Dacin di Posyandu Sukabumi

Zena mengaku kecewa terhadap pelayanan Posyandu usai peristiwa itu terjadi. Apalagi, menurut aturan Kementerian Kesehatan terbaru, timbangan dacin seharusnya sudah diganti dengan timbangan digital.

"Saya kecewa, sangat sakit hati. Mereka belum ada itikad baik sampai hari ketiga, alasannya 'ada kesibukan masing-masing'. Disitu saya paham anak saya bukan prioritas dari kejadian kepala bocor karena timbangan dacin posyandu" ungkapnya.

Padahal awalnya, Zena berharap pihak terkait bisa bertanggungjawab sampai tuntas, mulai dari biaya hingga fasilitas lainnya.

Alhasil, jalur media sosial ia tempuh dengan cara membuat video surat terbuka secara digital. Tujuannya, kata Zena adalah untuk menjadikan peristiwa Khadijah sebagai peringatan serta pihak yang bertanggungjawab seharusnya menanggapi kejadian ini secara cepat sebelum viral.

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Reni mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti surat terbuka yang dilayangkan oleh Zena di media sosial.

"Akan segera kami tindaklanjuti" tutur Reni melalui pesan singkat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi28 Februari 2024, 11:00 WIB

9 Ide Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadan, Panen Cuan Saat Lebaran!

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan momen tepat untuk memulai usaha.
Ilustrasi - Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan momen tepat untuk memulai usaha.  (Sumber : Freepik/odua)
Life28 Februari 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Kesehatan Mental Seseorang Mengalami Kekacauan, Kamu Sedang Merasakannya?

Kesehatan mental seseorang yang mengalami kekacauan dapat merujuk pada berbagai kondisi yang mengganggu keseimbangan emosional, kognitif, dan perilaku.
Ilustrasi - Kesehatan mental seseorang yang mengalami kekacauan dapat merujuk pada berbagai kondisi yang mengganggu keseimbangan emosional, kognitif, dan perilaku. (Sumber : pexels.com/@Liza Summer)
Nasional28 Februari 2024, 09:16 WIB

5 Kejanggalan Santri Tewas di Ponpes Kediri, Tubuh Penuh Luka!

Kasus kematian santri di Ponpes Al Hanifiyah Kediri merupakan tragedi yang menyedihkan.
Ilustrasi korban. Kasus kematian santri di Ponpes Al Hanifiyah Kediri merupakan tragedi yang menyedihkan.  (Sumber : Istimewa/pixabay)
Nasional28 Februari 2024, 09:13 WIB

Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Dibahas di Kabinet, Program Anies dan Ganjar Tidak

Program makan siang gratis sudah dibahas di rapat kabinet sebelum ada pengumuman resmi dari KPU soal pemenang Pilpres 2024.
Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden saat debat Pilpres 2024 pertama. | Foto: Instagram/@23faisalrahman
Sehat28 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Cara Mengobati Batuk Secara Alami dengan Bahan-bahan Rumahan

Ada banyak pengobatan rumahan untuk mengatasi batuk.
Ilustrasi. Batuk | Ada banyak pengobatan rumahan untuk mengatasi batuk. (Sumber : Freepik/@beenzoix)
Fashion28 Februari 2024, 08:00 WIB

8 Tips Memilih Tas Untuk Pergi Liburan, Utamakan Fungsi!

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih tas untuk liburan
Ilustrasi - 8 Tips Memilih Tas Untuk Pergi Liburan, Utamakan Fungsi! (Sumber : Freepik/Jcomp)
Food & Travel28 Februari 2024, 07:00 WIB

Mengenal Silent Travel, Jenis Liburan yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental

Berikut ini beberapa hal tentang silent travel yang perlu diketahui dan dinilai bermanfaat untuk kesehatan mental
Ilustrasi - Berikut ini beberapa hal tentang silent travel yang perlu diketahui dan dinilai bermanfaat untuk kesehatan mental (Sumber : Instagram/wisatagunungdago)
Food & Travel28 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Chicken Shrimp Roll Ala Hokben, Bisa Jadi Ide Jualan Saat Ramadan

Menjelang bulan Ramadan, Chicken Shrimp Roll bisa menjadi ide jualan yang menguntungkan.
Menjelang bulan Ramadan, Chicken Shrimp Roll bisa menjadi ide jualan yang menguntungkan. (Sumber : X/@hermawan_devina).
Science28 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 28 Februari 2024, Waspada Potensi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 28 Februari 2024
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 28 Februari 2024 (Sumber : Freepik/timolina)
Life28 Februari 2024, 05:00 WIB

Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat yang Diamalkan Setelah Sholat Lima Waktu

Doa ini merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT dengan berlandaskan kita sebagai makhluk lemah yang membutuhkannya.
Ilustrasi - Doa ini merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT dengan berlandaskan kita sebagai makhluk lemah yang membutuhkannya. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)