Tol Bocimi Seksi 2 Fungsional Mulai 15 April, Lebaran Bisa Mudik via Jalur Pansela

Kamis 13 April 2023, 11:30 WIB
Kendaraan melintas di Tol Bocimi seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak | Fungsional Mulai 15 April, Lebaran Bisa Mudik via Jalur Pansela | Foto: Andri Somantri.

Kendaraan melintas di Tol Bocimi seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak | Fungsional Mulai 15 April, Lebaran Bisa Mudik via Jalur Pansela | Foto: Andri Somantri.

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang mudik Lebaran 2023 sejumlah Jalan tol di Indonesia kabarnya akan dibuka secara fungsional, salah satunya Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak. Tol Bocimi Seksi 2 sepanjang 11,9 Km itu rencananya bakal dibuka pada H-7 Lebaran 2023.

Lebih detail, Humas PT Waskita Karya, Edi Abas mengatakan, pada Sabtu, 15 April Tol Bocimi seksi 2 mulai difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah. Ia menuturkan, saat ini dua jalur Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sudah dalam tahap penyelesaian (finishing) pembangunan dan siap dioperasikan pada musim mudik Lebaran.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Jalan tol di Pulau Jawa yang operasional membentang sepanjang 1.716 Km. Jalan tol tersebut juga akan dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area sebanyak 90 TIP.

Menteri Basuki mengatakan ada tambahan satu tempat istirahat di jalur Pantai Selatan atau Pansela tepatnya di ruas Gunung Kidul. Kemudian, toilet di rest area juga ditambah sebanyak 2.833 toilet, sehingga saat ini total ada 9.008 toilet yang tersebar di 117 rest area.

Untuk detail ruas jalan nasional di Pulau Jawa yang siap digunakan yakni membentang sepanjang 4.858 km. Ruas jalan itu terbagi menjadi dan Pantai Selatan Jawa 1.543 km, Lintas Utara Jawa 1.229 km, Lintas Tengah Jawa 1.197 km dan Lintas Selatan Jawa 888 km.

Artinya, untuk pemudik Lebaran 2023 yang akan menggunakan Tol Bocimi nantinya bakal menemui rest area di jalur Pansela.

Baca Juga: Truk Tangki Terperosok, Jalan Cikidang-Palabuhanratu Sukabumi Rawan Kecelakaan

Jalur Pansela diketahui membentang dari Bayah, Kabupaten Lebak, Banten hingga ke kawasan Pacitan, Jawa Timur. Panjang jalan ini sepanjang 1.242 KM melintasi lima provinsi di sepanjang Pulau Jawa dengan ruas Simpang Labuhan - Batas provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km.

Di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas provinsi Banten-Sindang Barang hingga batas provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 KM. Jalan lintas Pansela di provinsi Jawa Tengah dengan arus mulai Batas Provinsi Jawa Barat - Congot - Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 KM. Di Provinsi DI Yogyakarta (DIY) dengan ruas Karangnongko - Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 KM. Terakhir ruas ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul - Sendangbiru - Jarit - Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 KM.

Bagi pemudik yang ingin melintasi jalur Pansela disarankan untuk siang hari daripada malam. Selain faktor keamanan, jika siang hari pemudik juga bisa melihat panorama yang indah sekaligus melewati objek wisata yang menarik. Diantaranya keindahan pantai-pantai di selatan dan jalurnya juga relatif rindang, sejuk dengan kondisi jalan yang mulus.

Dengan jalur Pansela ini, pemudik bakal dimanjakan dengan berbagai destinasi wisata yang dilintasi.

Lebih lanjut, pemudik yang masuk menggunakan Tol Bocimi Seksi 2 bisa keluar melalui gerbang tol Parungkuda dan meneruskan perjalanan hingga jalan nasional. Setelah melewati jalan nasional, pemudik bisa menuju Ciletuh.

Rute selanjutnya yakni mengambil jalan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Sebagai salah satu alternatif wisata, pemudik bisa mengunjungi Curug Sodong yang berada di kawasan Geopark Ciletuh.

Baca Juga: Sukabumi dan Bekasi, 2 Kota Paling Toleran se-Indonesia dari Jawa Barat

Sebelumnya diberitakan, jelang mudik Lebaran 2023, jalur Pantai Selatan atau Pansela di wilayah Pajampangan Sukabumi dilakukan sejumlah upaya persiapan dan pembenahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) agar senantiasa aman dilintasi para pemudik menuju Pangandaran maupun Jawa Tengah.

PPK 2.3 Bagbagan-Jampang-Tegalbuleud, R Fajar Komara Djunaedi mengatakan, dengan target zero pothole, pihaknya di H-10 Lebaran gencar melakukan tutup lubang. Dengan menurunkan 3 tim patching, penyisiran sepanjang ruas dan tim pembersihan pengendalian tanaman serta kuras saluran dilakukan pihaknya. Penambalan atau penutupan lubang baru jalan ini, untuk mengantisipasi adanya kerusakan.

Upaya lainnya dalam rangka memberikan pelayanan aman nyaman khususnya bagi pengemudi, lanjut Fajar, yakni menambahkan rambu hati-hati seperti rawan longsor, penyempitan jalan ataupun jembatan. Selaini itu, untuk kesiapan lainya kami mempersiapkan posko lebaran di simpang Bagbagan jembatan Cimandiri.

Tempat istirahat juga dapat digunakan sejenak oleh para pemudik, yang mana ada informasi sekitar jalur alternatif mudik (peta). Adapun informasi ketersediaan lainnya di posko untuk persiapan penanganan kerusakan jalan (darurat) pada saat mudik lebaran, sudah disiapkan Cold mix untuk menutup lubang, Pemadat (Stamper), Mobil panther, DumpTruck dan rambu.

Baca Juga: 7 Titik Ini Diprediksi Macet Saat Mudik Lebaran 2023, Ada Sukabumi!

Prediksi titik macet mudik Lebaran 2023 di Jawa Barat termasuk Sukabumi

Prediksi titik macet mudik Lebaran 2023 kiranya akan terus meningkat, apalagi didukung dengan penambahan cuti bersama oleh Pemerintah. Berkaitan dengan hal itu, pemerintah dan aparat kepolisian telah mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik dan kemacetan di jalur transportasi darat saat Idul Fitri nanti.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa dua titik macet mudik utama akibat padatnya kendaraan akan terjadi di Tol Cipali dan Merak. Kepadatan lalu lintas di Jalan arteri dan Jalan tol menuju arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera ini akan terus naik hingga puncaknya H-3 Lebaran sebelum 22-23 April 2023.

Adapun untuk titik macet mudik di wilayah Jawa Barat saat arus mudik Lebaran 2023, yakni terletak di Pasar Sandang Tegal Gubug, Pasar Darurat Pasalaran, Pasar Mundu, Pasar Gebang, Pasar Kue Weru dan Pasar Minggu Palimanan.

Lebih detail di wilayah Sukabumi, titik macet mudik Lebaran 2023 juga diprediksi akan terjadi di Pasar Cicurug, Simpang Cidahu, Simpang Stasiun dan Pasar Parungkuda.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Maret 2024, 08:03 WIB

Dinsos Fokus Tangani Kemiskinan dan Tingkatkan Kesejahteraan Warga Kota Sukabumi

Isu sosial merupakan masalah yang kompleks masing-masing negara dan di daerah.
Dinsos Kota Sukabumi menggelar FPD untuk penyusunan RKPD tahun 2025 di Hotel Fresh, Jumat, 1 Maret 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life04 Maret 2024, 08:00 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Konten yang Disukainya di Medsos

Cara menebak kepribadian seseorang berdasarkan konten yang disukainya di media sosial bisa menjadi trik untuk mencari tahu karakter asli orang lain meskipun hal tersebut tidak akurat 100 persen
Ilustrasi - Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Konten yang Disukainya di Medsos (Sumber : Freepik/@freepik)
Gadget04 Maret 2024, 07:53 WIB

Ahmad Syahroni: PAN Sukabumi Butuh Sosok Bernyali untuk Nakhodai Partai

Fungsionaris DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Ahmad Syahroni memberikan tanggapan, menurutnya untuk kedepan PAN Kabupaten Sukabumi membutuhkan sosok kepemimpinan yang berani, punya nyali tinggi untuk kemajuan partai dan memiliki jejaring dan diterima semua kal
Faizal Akbar Awaludin, Bendahara DPD PAN Kabupaten Sukabumi / Caleg Terpilih DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029 | Foto : Ist
Sukabumi04 Maret 2024, 07:52 WIB

FPD Diskumindag: Pengembangan Koperasi hingga Ekonomi Kreatif di Kota Sukabumi

FPD ini untuk mewujudkan keselarasan antara rencana dan implementasi program.
Diskumindag Kota Sukabumi menggelar FPD pada Jumat, 1 Maret 2024 di Hotel Balcony. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Kecantikan04 Maret 2024, 07:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit yang Mudah Dicoba!

Berikut ini cara menghilangkan bekas luka yang mudah dilakukan di rumah
Ilustrasi - 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit yang Mudah Dicoba! (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 06:00 WIB

Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Cegah Gula Darah Naik!

Intip Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Ini Cegah Gula Darah Naik!
Ilustrasi. Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Cegah Gula Darah Naik! (Sumber : Instagram/@guniezzt)
Science04 Maret 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 4 Maret 2024, Masih Berpotensi Hujan di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 4 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 4 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Life04 Maret 2024, 05:00 WIB

8 Amalan yang Dianjurkan untuk Umat Muslim Menjelang Ramadan

Melakukan amalan-amalan baik jelang Ramadhan dapat mendatangkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT.
Ilustrasi - Melakukan amalan-amalan baik jelang Ramadhan dapat mendatangkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih03 Maret 2024, 23:08 WIB

Suara PSI di Sukabumi Menggelembung, Sirekap KPU Berbeda dengan C1 TPS

Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) antara Sirekap KPU dengan formulir model C1 Plano terjadi perbedan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Sukabumi.
Suara PSI menggelembung di Sukabumi tidak sesuai dengan C1 yang diunggah di website KPU | Foto : Capture web KPU
Life03 Maret 2024, 21:00 WIB

9 Cara Membantu Orang yang Memiliki Luka Batin, Jadilah Lebih Peduli

Berikut ini beberapa cara membantu orang yang memiliki luka batin agar segera sembuh
Ilustrasi - 9 Cara Membantu Orang yang Memiliki Luka Batin, Jadilah Lebih Peduli (Sumber : Freepik/freepik)