Tol Bocimi Seksi 2 Gratis, Cek Titik Macet Mudik Lebaran 2023 di Sukabumi

Senin 10 April 2023, 13:30 WIB
Tol Bocimi Seksi 2 Gratis, Cek Titik Macet Mudik Lebaran 2023 di Sukabumi (Sumber : trans jabar tol)

Tol Bocimi Seksi 2 Gratis, Cek Titik Macet Mudik Lebaran 2023 di Sukabumi (Sumber : trans jabar tol)

SUKABUMIUPDATE.com - Tol Bogor Ciawi Sukabumi Seksi 2, ruas Cigombong-Cibadak kabarnya akan fungsional pada H-7 Lebaran 2023. Tol Bocimi Seksi 2 sepanjang 11,9 Km itu rencananya bakal dibuka dalam rangka mudik Lebaran 2023.

Namun tidak menutup kemungkinan, jika volume kendaran masih padat Tol Bocimi Seksi 2 tetap dibuka lebih dari H+7 Lebaran. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono turut memastikan ruas Tol Bogor Ciawi Sukabumi Seksi 2 Cigombong - Cibadak (11,9 km) menjadi salah satu dari sejumlah tol di Pulau Jawa yang akan dibuka secara gratis.

Menteri Basuki menjelaskan, Jalan tol di Pulau Jawa yang operasional sepanjang 1.716 km ini akan dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area sebanyak 90 TIP.

Ia mengatakan ada tambahan satu tempat istirahat di jalur Pansela tepatnya di ruas Gunung Kidul. Toilet di rest area juga ditambah sebanyak 2.833 toilet, sehingga saat ini total ada 9.008 toilet yang tersebar di 117 rest area.

Sementara detail ruas jalan nasional di Pulau Jawa yang siap digunakan yakni sepanjang 4.858 km. Ruas jalan itu terbagi menjadi Lintas Utara Jawa 1.229 km, Lintas Tengah Jawa 1.197 km, Lintas Selatan Jawa 888 km, dan Pantai Selatan Jawa 1.543 km.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Studio Foto di Sukabumi Lengkap Alamat dan Harganya

Selain itu, guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023, ada penambahan ruas tol operasi di Pulau Jawa, antara lain Cinere-Jagorawi Seksi 3A dan Ramp 4-5 (3,5 km), Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung (4,8 km), Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak (16 km), Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp 2, 4, 5, dan 8 Junction Wringinanom.

Sedangkan jalan tol yang akan difungsionalkan saat Lebaran 2023 sepanjang 94,3 km, yaitu Cibitung-Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya-Cilincing (7,3 km), Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan (28,2 Km) Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km), Cimanggis-Cibitung Seksi 2A Jatikarya-Cikeas (3,5 km), Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur-IC Gending (8,6 km), Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo Seksi 1.1 (6,1 km), Jakarta Cikampek II Selatan Paket 3 SS. Sadang-SS. Kutanegara (28,7 km). Dilakukan juga pelebaran di Tol Tangerang-Merak Segmen Cikande-Serang Timur (Km 52-Km 72) dan Tol Jakarta -Cikampek Jalur A (Km 50-Km 62) dan Jalur B (Km 67-Km 50).

Progress Tol Bocimi Seksi 2 untuk Mudik Lebaran 2023

Sebelumnya diberitakan, saat ini kontruksi utama pada Jalan Tol Bocimi Seksi 2 sudah rampung. Sehingga ada kemungkinan saat fungsional nanti bisa dibuka 2 jalur yakni arah Bogor dan arah Sukabumi.

Sementara perihal jam operasional tol fungsional selama 24 jam masih dalam tahap evaluasi. Humas PT Waskita Karya Edi Abas, mengatakan, saat fungsional nanti Tol Bocimi Seksi 2 menjadi salah satu tol gratis guna mendukung arus mudik Lebaran 2023.

"Adapun itungannya bayar Ciawi-Cigombong, kalau dari Cigombong ke Sundawenang [Parungkuda] ini masih belum bayar. Tetapi kalau masuk dari Cigombong jelas bayar. Masuk dari Ciawi, terus dari Ciawi sampai ke Cigombong itu kan bayar," ujarnya.

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Abdul Somad Tentang Pahala Membaca Alquran Pakai HP

Adapun untuk saat ini kendaraan di jalan raya Sukabumi-Bogor yang jalur ke Sukabumi, sudah dialihkan ke simpang sebidang yang sudah dicor di dekat exit tol Bocimi seksi 2 di Sundawenang. Saat ini pengecoran di simpang sebidang pada bagian tengah dan setelah itu digarap yang jalur ke Bogor. 

Sementara, untuk Tol Gate, pihaknya menuturkan akan rampung pada saat Lebaran. Adapun lampu dan rambu yang rampung sudah sekitar 92 persen.

Prediksi titik macet mudik Lebaran 2023 di Jawa Barat termasuk Sukabumi

Prediksi titik macet mudik Lebaran 2023 kiranya akan terus meningkat, apalagi didukung dengan penambahan cuti bersama oleh Pemerintah. Bahkan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A Koswara Pemprov Jabar telah menyediakan sebanyak 12.454 tiket Mudik Gratis, yaitu 6.500 tiket untuk bus dan 5.954 tiket untuk kereta api.

Kekhawatiran titik macet mudik Lebaran pun mulai menghantui para pemudik, pasalnya tak hanya tiket Mudik Gratis saja yang menjadi PR, melainkan banyak program mudik Lebaran yang menggiurkan, seperti diskon mudik untuk tarif tol sebanyak 20 persen.

Baca Juga: Ghibah Saat Puasa Jadi 'Dosa Teu Karasa', Begini Penjelasan Buya Yahya

Diskon Tarif Tol 20 persen ini berlaku di dua gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama jalan tol Jakarta-Cikampek menuju dan dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama jalan tol Cipularang menuju dan dari arah Bandung.

Berkaitan dengan hal itu, pemerintah dan aparat kepolisian telah mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik dan kemacetan di jalur transportasi darat saat Idul Fitri nanti.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa dua titik macet mudik utama akibat padatnya kendaraan akan terjadi di Tol Cipali dan Merak. Kepadatan lalu lintas di Jalan arteri dan Jalan tol menuju arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera ini akan terus naik hingga puncaknya H-3 Lebaran sebelum 22-23 April 2023.

Adapun untuk titik macet mudik di wilayah Jawa Barat saat arus mudik Lebaran 2023, yakni terletak di Pasar Sandang Tegal Gubug, Pasar Darurat Pasalaran, Pasar Mundu, Pasar Gebang, Pasar Kue Weru dan Pasar Minggu Palimanan.

Lebih detail di wilayah Sukabumi, titik macet mudik Lebaran 2023 juga diprediksi akan terjadi di Pasar Cicurug, Simpang Cidahu, Simpang Stasiun dan Pasar Parungkuda.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)