7 Titik Ini Diprediksi Macet Saat Mudik Lebaran 2023, Ada Sukabumi!

Kamis 06 April 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Kemacetan di kawasan Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi | Prediksi Titik Macet saat Arus Mudik Lebaran 2023 (Sumber : istimewa)

Ilustrasi. Kemacetan di kawasan Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi | Prediksi Titik Macet saat Arus Mudik Lebaran 2023 (Sumber : istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja untuk pulang ke kampung halamannya. Tahun ini adalah mudik Lebaran pertama usai dicabutnya kebijakan PPKM pasca wabah COVID-19 melanda Indonesia. 

Oleh sebab itu, arus mudik Lebaran ini diprediksi akan terus meningkat, apalagi didukung dengan penambahan cuti bersama oleh Pemerintah. Bahkan menurut keterangan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A Koswara Pemprov Jabar telah menyediakan sebanyak 12.454 tiket Mudik Gratis, yaitu 6.500 tiket untuk bus dan 5.954 tiket untuk kereta api.

Kekhawatiran titik macet mudik Lebaran mulai menghantui para pemudik, pasalnya tak hanya tiket Mudik Gratis saja yang menjadi PR, melainkan banyak program mudik Lebaran yang menggiurkan, seperti diskon mudik untuk tarif tol sebanyak 20 persen.

Diskon Tarif Tol 20 persen ini berlaku di dua gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama jalan tol Jakarta-Cikampek menuju dan dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama jalan tol Cipularang menuju dan dari arah Bandung.

Baca Juga: 1000 Orang, PMI Ilegal Dijanjikan Upah 1.200 Riyal/Bulan Kerja di Arab Saudi

Kembali soal titik macet mudik Lebaran, pemerintah dan aparat kepolisian telah mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik dan kemacetan di jalur transportasi darat saat Idul Fitri nanti.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa dua titik macet utama akibat padatnya kendaraan akan terjadi di Tol Cipali dan Merak. Kepadatan lalu lintas di Jalan arteri dan jalan tol menuju arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera ini akan terus naik hingga puncaknya H-3 Lebaran sebelum 22-23 April 2023.

Untuk itu, bagi para pemudik yang menggunakan jalur darat harus mengantisipasi dan mengetahui daftar titik macet mudik. Simak selengkapnya di bawah ini, seperti dikutip via Tempo.co!

1. Jakarta

Jalur arteri rawan macet di Jakarta terletak di Jalan Daan Mogot depan Terminal Bus Kalideres. Jalan Jatiuwung, Jalan Kalimalang dan Pasar Rebo atau Kramat Jati.

Sementara jalan tol dengan titik macet mudik yang harus diketahui, yakni Tol Jakarta–Cikampek KM 10, KM 19 (Rest Area), KM 39 (Rest Area), Tol Kunciran KM 13 dan Tol Jakarta–Tangerang KM 14, Tol Jakarta–Bogor–Ciawi KM 10, Tol Cikunir 2 dan Tol Jakarta–Cikampek KM 6.

2. Banten

Titik macet mudik lebaran di Banten terletak di exit atau entry Tol Bitung, exit atau entry Tol Balaraja Barat.

Kemudian di Pertigaan Asem, Pertigaan Cilegon, Modern Cikande, Terminal Pakupatan, Simpang Kebon Jahe, Alun-alun Kramat Watu, Pelabuhan Merak, Pertigaan Labuan, Lampu Merah Malang Nengah, Simpang Malimping dan Terminal Bayah.

3. Jawa Barat

Titik macet di wilayah Jawa Barat saat arus mudik Lebaran, yakni terletak di Pasar Sandang Tegal Gubug, Pasar Darurat Pasalaran, Pasar Mundu, Pasar Gebang, Pasar Kue Weru dan Pasar Minggu Palimanan.

Selain itu, titik macet mudik Lebaran 2023 juga berada di wilayah Sukabumi yang terletak di Pasar Cicurug, Simpang Cidahu, Simpang Stasiun dan Pasar Parungkuda.

4. Jawa Tengah

Perkiraan titik macet mudik di Jawa Tengah terletak di arah Magelang menuju Yogyakarta, Salatiga, Boyolali dan Kartasura. Sementara itu, titik macet lainnya berada di Pasar Losari, Simpang 3 Pejagan, Pasar Brebes, Terminal Tegal, Pasar Comal, Pasar Wiradesa Jalan Pemalang, Pasar Tumpah dan Jalan Kaligawe di Kota Semarang.

Selanjutnya titik macet mudik di wilayah Pantura akan diperkirakan terletak di pasar tumpah Demak dan Jepara, perbatasan Kudus-Pati, Jalan Diponegoro Rembang, Pasar Rembang, Swalayan Luwes Blora, dan Pasar Jepon Blora.

Baca Juga: 3 Kesaktian Abah Anom vs Kapten Congkak, Sakti Mandraguna Bak Mukjizat!

Simpul kemacetan di Jawa Tengah akan terletak di Jalan Jenderal Pol Anton Sujarwo, Jalan Gatot Subroto Ungaran, Jalan Diponegoro Ungaran, Perbatasan Bawen-Salatiga, Jalan Kartasura, Pasar Payaman Magelang, Simpang 3 Keprekan, Simpang 3 Mendut, Simpang 3 Soedirman dan Pasar Borobudur di Magelang.

5. Jawa Timur

Prediksi titik macet mudik di Jawa Timur akan terletak di tujuh pintu tol exit yang terletak di Tol Sidoarjo, Tol Kejapanan di Waru Gunung, Tol Singosari dan Tol Pandaan.

Untuk itu, bagi para pemudik yang akan pulang ke Jawa Timur untuk selalu dalam kondisi yang prima dan sehat agar bisa melewati kemacetan dengan aman sampai tujuan.

6. Tol Trans-Jawa

Titik Tol Trans–Jawa yang diperkirakan mengalami kemacetan yang berlokasi di KM 66 Jalan Tol Jakarta–Cikampek (Japek) arah ke Purbaleunyi.

Selanjutnya Gerbang Tol Cikampek Utama Tol Japek, Gerbang Tol Kalikangkung Tol Semarang-Solo, dan Gerbang Tol Banyumanik Tol Semarang-Solo.

7. Sumatera

Jalan Tol Trans-Sumatera berpotensi mengalami kemacetan, terutama di ruas tol Terbanggi Besar–Pematang Pangggang–Kayu Agung dan ruas Kayu Agung–Palembang–Betung (Kayu Agung–SS Kramasan).

Baca Juga: 3 Cara Mengetahui Jawaban Shalat Istikharah Menurut Ustadz Adi Hidayat

Selain itu, Lintas Sumatera akan mengalami titik kemacetan yang berada di Jalan Lintas Sumatera perbatasan Riau dengan Jambi di Kabupaten Indragiri Hilir.

Sumatera Barat memiliki berbagai macam objek wisata sehingga memungkinkan untuk dipenuhi oleh kendaraan arus mudik dan semakin memperparah kemacetan. Untuk titik macet mudik di Sumatera Barat berlokasi di Pasar Koto Baru, Pasar Padang Luar, Lembah Anai, Pasar Lubuk Alung, Simpang Gaung Teluk Bayur, dan jalan Tarusan–Painan.

Untuk diketahui, Mudik Gratis diselenggarakan tanggal 15-18 April 2023. Warga Jawa Barat yang ingin mengikuti program Mudik Gratis dapat mendaftar lewat laman https://mudik-dishub.jabarprov.go.id untuk mudik menggunakan bus atau pun kereta jarak jauh.

SUMBER: TEMPO.CO | NUR QOMARIYAH

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 Februari 2024, 01:34 WIB

Golkar Potensi Kuasai DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Suara Tertinggi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melaporkan update pemilihan DPRD Kabupaten Sukabumi melalui situs pemilu2024.kpu.go.id.
Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto Ist
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang