6 Ruas Tol Baru Pulau Jawa Dibuka Fungsional saat Mudik, Ada Bocimi Seksi 2

Selasa 11 April 2023, 12:30 WIB
Foto pengerjaan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Daftar Ruas Tol Baru Pulau Jawa yang Dibuka Fungsional saat Mudik | Foto: Instagram/@transjabartol

Foto pengerjaan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Daftar Ruas Tol Baru Pulau Jawa yang Dibuka Fungsional saat Mudik | Foto: Instagram/@transjabartol

SUKABUMIUPDATE.com - Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) Seksi 2, ruas Cigombong-Cibadak kabarnya akan fungsional pada H-7 Lebaran 2023 guna mendukung arus mudik Lebaran 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono turut memastikan ruas Tol Bocimi Seksi 2 sepanjang 11,9 km itu menjadi salah satu dari sejumlah tol di Pulau Jawa yang akan dibuka secara gratis.

Lebih lanjut, mengutip Tempo.co, Destiawan Soewardjono selaku Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk. menyatakan pihaknya bakal membuka tiga ruas tol secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong - Cibadak termasuk satu diantara tiga ruas tol yang dibuka fungsional tersebut.

"Yang saat ini sudah siap dan menunggu keputusan," kata Destiawan dalam Rapat Dengar Pendapat Bersama Komisi VI DPR di Jakarta, dikutip Selasa (11/4/2023).

Tol Bocimi Seksi 2 akan dibuka dengan lajur fungsional 2x2 mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan 17.00 secara situasional.

"Hanya dilewati oleh kendaraan Golongan 1 seperti Sedan, MVP dan Jeep," tuturnya.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Studio Foto di Sukabumi Lengkap Alamat dan Harganya

Adapun ruas tol kedua yang akan dibuka secara fungsional adalah Tol Pasuruan - Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur - Gending sepanjang 8,57 kilometer.

"Ruas tol ini pun sudah siap (difungsionalkan)," ucap Destiawan.

Terakhir, ruas tol ketiga adalah Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2A Jatikarya - Cikeas sepanjang 3,36 kilometer yang siap dibuka secara fungsional dan dalam proses uji laik fungsi (ULF).

"Ini adalah tambahan dalam rangka kesiapan mudik Lebaran, selain di ruas-ruas tol Waskita yang telah beroperasi," tuturnya.

Seperti diketahui, Menteri Basuki sebelumnya juga menjelaskan, ada enam ruas tol baru di Pulau Jawa yang akan difungsikan sementara untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan arus mudik di Lebaran 2023 ini.

Baca Juga: Tol Bocimi Seksi 2 Gratis, Cek Titik Macet Mudik Lebaran 2023 di Sukabumi

Berikut enam ruas tol fungsional di Pulau Jawa yang akan difungsikan dengan total panjang 87 kilometer:

  1. Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 kilometer.
  2. Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer.
  3. Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo untuk sebagian Seksi 1.1 sepanjang 6,1 kilometer.
  4. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dari Simpang Susun (SS) Sadang – SS Kutanegara sepanjang 28,7 kilometer.
  5. Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2A Jatikarya–Cikeas sepanjang 3,5 kilometer.
  6. Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur–IC Gending sepanjang 8,6 kilometer.

Progress Tol Bocimi Seksi 2 untuk Mudik Lebaran 2023

Sebelumnya diberitakan, saat ini kontruksi utama pada Jalan Tol Bocimi Seksi 2 sudah rampung. Sehingga ada kemungkinan saat fungsional nanti bisa dibuka 2 jalur yakni arah Bogor dan arah Sukabumi.

Sementara perihal jam operasional tol fungsional selama 24 jam masih dalam tahap evaluasi. Humas PT Waskita Karya Edi Abas, mengatakan, saat fungsional nanti Tol Bocimi Seksi 2 menjadi salah satu tol gratis guna mendukung arus mudik Lebaran 2023.

"Adapun itungannya bayar Ciawi-Cigombong, kalau dari Cigombong ke Sundawenang [Parungkuda] ini masih belum bayar. Tetapi kalau masuk dari Cigombong jelas bayar. Masuk dari Ciawi, terus dari Ciawi sampai ke Cigombong itu kan bayar," ujarnya.

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Khas Lebaran: Ada Putri Salju hingga Kacang!

Adapun untuk saat ini kendaraan di jalan raya Sukabumi-Bogor yang jalur ke Sukabumi, sudah dialihkan ke simpang sebidang yang sudah dicor di dekat exit tol Bocimi seksi 2 di Sundawenang. Saat ini pengecoran di simpang sebidang pada bagian tengah dan setelah itu digarap yang jalur ke Bogor. 

Sementara, untuk Tol Gate, pihaknya menuturkan akan rampung pada saat Lebaran. Adapun lampu dan rambu yang rampung sudah sekitar 92 persen.

Prediksi titik macet mudik Lebaran 2023 di Jawa Barat termasuk Sukabumi

Prediksi titik macet mudik Lebaran 2023 kiranya akan terus meningkat, apalagi didukung dengan penambahan cuti bersama oleh Pemerintah. Bahkan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A Koswara Pemprov Jabar telah menyediakan sebanyak 12.454 tiket Mudik Gratis, yaitu 6.500 tiket untuk bus dan 5.954 tiket untuk kereta api.

Kekhawatiran titik macet mudik Lebaran pun mulai menghantui para pemudik, pasalnya tak hanya tiket Mudik Gratis saja yang menjadi PR, melainkan banyak program mudik Lebaran yang menggiurkan, seperti diskon mudik untuk tarif tol sebanyak 20 persen.

Baca Juga: Ghibah Saat Puasa Jadi 'Dosa Teu Karasa', Begini Penjelasan Buya Yahya

Diskon Tarif Tol 20 persen ini berlaku di dua gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama jalan tol Jakarta-Cikampek menuju dan dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama jalan tol Cipularang menuju dan dari arah Bandung.

Berkaitan dengan hal itu, pemerintah dan aparat kepolisian telah mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik dan kemacetan di jalur transportasi darat saat Lebaran 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa dua titik macet mudik utama akibat padatnya kendaraan akan terjadi di Tol Cipali dan Merak. Kepadatan lalu lintas di Jalan arteri dan Jalan tol menuju arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera ini akan terus naik hingga puncaknya H-3 Lebaran sebelum 22-23 April 2023.

Adapun untuk titik macet mudik di wilayah Jawa Barat saat arus mudik Lebaran 2023, yakni terletak di Pasar Sandang Tegal Gubug, Pasar Darurat Pasalaran, Pasar Mundu, Pasar Gebang, Pasar Kue Weru dan Pasar Minggu Palimanan.

Lebih detail di wilayah Sukabumi, titik macet mudik Lebaran 2023 juga diprediksi akan terjadi di Pasar Cicurug, Simpang Cidahu, Simpang Stasiun dan Pasar Parungkuda.

SUMBER: TEMPO | ANTARA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih31 Mei 2024, 00:01 WIB

KPU Pastikan Gunakan Kembali Sirekap untuk Pilkada 2024

KPU sedang menyusun daftar perbaikan untuk fitur di Sirekap agar bisa digunakan kembali pada Pilkada 2024.
Aplikasi sirekap Pemilu dipakai kembali KPU di Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 23:25 WIB

3 Kampus di Sukabumi Raih Peringkat Perguruan Tinggi Terpopuler Versi UniRank

UniRank merilis sebanyak 596 Perguruan Tinggi yang memenuhi kriteria seleksi. Dari sejumlah tersebut, tiga diantaranya Perguruan Tinggi yang ada di Sukabumi.
Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi30 Mei 2024, 23:20 WIB

Nabung Rp30 Ribu Selama 10 Tahun, Tukang Batu Asal Sukabumi Wujudkan Mimpi Naik Haji

Cerita Abad, tukang batu asal Surade Sukabumi sisihkan penghasilan selama 10 tahun agar bisa mewujudkan mimpinya naik haji.
Kisah tukang batu asal Surade Sukabumi bernama Abad (66 tahun). Menanti hingga 10 tahun untuk bisa mewujudkan mimpinya naik haji. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 22:46 WIB

Replika Gigi Megalodon Surade Sukabumi Hilang dan Patah

Replika ini dibuat sesuai dengan apa yang ditemukan oleh masyarakat Desa Gunung Sungging, bahkan giginya disesuaikan dengan jumlah yang ditemukan, yakni sebanyak 242 buah berjejer pada rahang atas dan bawah.
Replika fosil rahang Megalodon, giginya hilang dan patah | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi30 Mei 2024, 22:30 WIB

Rawan Kecelakaan, PU Pasang Rambu Peringatan di Jalan Amblas Simpenan Sukabumi

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu memasang sejumlah rambu peringatan di jalan amblas yang berada di Simpenan Sukabumi.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pasang rambu peringatan di ruas jalan amblas di Simpenan. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat30 Mei 2024, 22:02 WIB

Kisah Adu Kesaktian Mbah Karang Bolong Melawan Jawara Jongos VOC di Pesisir Sukabumi

Pantai Karang Bolong yang berada diperbatasan Desa Cidahu Kecamatan Cibitung dan Desa Sukatani Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menjadi saksi pertempuran sengit antara pasukan Belanda dengan keturunan kerajaan Cirebon.
Ilustrasi pertempuran antara Rd.Mas Martanagara alias Mbah Partadilaga atau Mbah Karang Bolong dengan Mbah Brojonoto terjadi dipesisir Pantai Karang Bolong | Foto : Dok Okezone dari Antara
Sukabumi30 Mei 2024, 21:23 WIB

Bahagianya Mak Paraji Warga Surade Sukabumi, Motor Kembali Usai Digondol Maling

Mak Paraji Dede Sumiati kehilangan motor saat tengah diparkirkan di dalam rumah, pada 29 April 2024 lalu. Saat terbangun pada waktu Subuh, motornya sudah hilang digondol maling.
Dede Sumiati (55 tahun) yang berprofesi sebagai Paraji saat mengambil motornya di Mapolres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 21:06 WIB

Sembunyikan Sabu di Bungkus Jajanan dan Sedotan, Pria asal Wardoy Sukabumi Ditangkap

Polisi menangkap pengedar narkotika di Wardoy Sukabumi. Sembunyikan sabu di bungkus jajanan dan sedotan.
Barang bukti sabu seberat 10.28 gram yang diamankan polisi dari pria asal Wardoy Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 20:45 WIB

Merasa Kehilangan Motor? Silakan Cek di Mapolres Sukabumi, Berikut Ini Jenisnya

Polres Sukabumi berhasil mengamankan sebanyak 21 unit sepeda motor berbagai merek yang merupakan hasil dari tindak pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).
Motor hasil curian diamankan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 20:35 WIB

Bertemakan Kearifan Lokal, SDN Cimanggah I Sukabumi Asah Kreativitas Murid Lewat Gelar Karya P5

Murid SDN Cimanggah I Sukabumi gelar karya P5, bentuk implementasi kurikulum merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Gelar Karya P5 di SDN Cimanggah I Kota Sukabumi. (Sumber : Website Pemkot Sukabumi)