Soroti Maraknya Kenakalan Remaja, Ayep Zaki Ajak Semua Pihak Tingkatkan IPM Sukabumi

Selasa 07 Maret 2023, 07:55 WIB
Soroti maraknya kenakalan remaja, Ayep Zaki ajak semua pihak tingkatkan IPM Sukabumi | Foto : Ist

Soroti maraknya kenakalan remaja, Ayep Zaki ajak semua pihak tingkatkan IPM Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Terkait dengan seringnya terjadi kasus kenakalan remaja di Sukabumi, baik itu tawuran antar pelajar, remaja yang konsumsi obat terlarang, dan terbaru pembacokan anak Sekolah Dasar oleh seorang siswa Madrasah Tsanawiyah di Palabuhanratu mendapat perhatian serius dari praktisi pendidikan Sukabumi, H. Ayep Zaki.

"ini sebetulnya sangat tidak boleh terjadi, di era semaraknya bagaimana membangun suatu daerah menuju indek pembangunan manusia yang baik," ujar Ayep Zaki kepada sukabumiupdate.com. Selasa (06/03/2023).

Menurut Ayep Zaki, kejadian tersebut merupakan satu tanda bahwa Indek Pembangunan Manusia di kabupaten Sukabumi perlu ditingkatkkan.

"inikan kenakalan remaja, dimana remaja itu sendiri merupakan bagian dari ekosistem pendidikan; dari mulai PAUD, Sekolah Dasar, SLTP dan SLTA," jelas Ayep.

Menurut Ayep Zaki yang hari ini menjadi Bakal Calon Anggota Legislatif dari Partai Nasdem tersebut menyatakan bahwa apa yang terjadi belakang terhadap para remaja di Sukabumi merupakan pekerjaan rumah (PR) bersama, masayarakat beserta Pemda Sukabumi.

"supaya ditingkatkan indek pembangunan sumber daya manusia ini terutama sektor pendidikan," imbuhnya.

Ayep Zaki sebagai praktisi pendidikan dan ekonomi di Kabupaten Sukabumi dirinya menyadari selama 18 tahun berkiprah secara terus menerus dan sudah memiliki 14 lembaga pendidikan di Sukabumi, bahwa hal itu tetap belum bisa maksimal.

"maka saya menghimbau kepada seluruh akademisi, tokoh masyarakat sukabumi,
generasi milenial dan gen Z untuk bersama-sama meningkatkan IPM di sukabumi," ajak Pendiri Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) tersebut.

Kita harus berbuat, sambung Ayep paling tidak konteksnya bagaimana mensuport orang yang membangun Sukabumi, mensuport siapa saja yang membangun ekosistem pembangunan Sumber Daya Manusia di Sukabumi. "kuncinya itu," tandasnya seraya menyebut bahwa program terbaru dirinya sedang menggulirkan program menata kebaikan untuk Sukabumi.

Selain sektor pendidikan, Ayep Zaki mengatakan bahwa dirinya sebagai orang Sukabumi, lahir di Sukabumi dan nenek moyang dari Sukabumi merasa terpanggil nalurinya untuk membangun Sukabumi.

"wujud keinginan untuk membangunan Sukabumi sudah saya implementasikan melalui sektor pendidikan dan pembangunan unit-unit usaha. jadi kan IPM ini kan bukan hanya mendidik tapi hasil didikannnya harus disalurkan melalaui sektor riil," tuturnya.

Lebih jauh, Ayep Zaki membeberkan bahwa dirinya sudah membuka saluran melalui sektor pertanian sehingga sektor pertanian akan terus digalakkan, karena menurutnya, sektor pertanian justru punya potensi besar dan menyerap tenaga kerja lebih besar dibanding sektor industri.

"Kalau indek pendidikannya meningkat dan indek ekonomi meningkat secarta otomatis pengangguran akan menurun dan kenakalan remaja akan berkurang," sambungnya.

Ayep Zaki mengingatkan bahwa kenakalan remaja tidak boleh dilihat secara utuh sebagai sebuah kejahatan murni, "orang bisa salah, tapi juga tidak bisa selamannya melakukan kesalahan. Sehingga potensi-potensi yang baik harus juga ditumbuh-kembangkan," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi24 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Assistant Sales Staff, Yuk Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sukabumi Assistant Sales Staff, Yuk Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel24 Juli 2024, 13:30 WIB

7 Asupan untuk Menambah Nafsu Makan Anak dan Tips Melakukannya

Asupan untuk Menambah Nafsu Makan Anak. Tips: Gunakan pemotong kue untuk membuat roti, keju, atau buah dengan bentuk-bentuk lucu agar menambah nafsu makan anak.
Ilustrasi. Makanan menarik. Makanan untuk Menambah Nafsu Makan Anak (Sumber : Pexels.com/@RogerCziwerny)
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)