Ayep Zaki Tanamkan Semangat Restorasi di Puluhan Institusi Pendidikan Miliknya

Minggu 12 Februari 2023, 09:54 WIB
Putra asli Sukabumi yang juga Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, Ayep Zaki. | Foto: Istimewa

Putra asli Sukabumi yang juga Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, Ayep Zaki. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Putra asli Sukabumi yang juga Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Ayep Zaki, aktif berkontribusi membangun generasi penerus bangsa melalui puluhan institusi pendidikan yang didirikannya.

Mengutip siaran pers pada Sabtu, 11 Februari 2023, melalui Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa yang dirintisnya, Ayep Zaki memiliki 23 lembaga pendidikan yang tersebar di wilayah Sukabumi Raya dan beberapa wilayah di Pulau Jawa.

Institusi pendidikan yang sudah didirikan di antaranya ada 16 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (Kober) maupun Taman Penitipan Anak (TPA).

Tak sampai di situ, Ayep yang tetap low profil itu juga mendirikan satu Sekolah Menengah Pertana (SMP) di Lampung dan satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Palabuhanratu, serta satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Cibadak, Sukabumi Jawa Barat sekaligus tiga Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dan satu Pondok Pesantren.

Baca Juga: Ayep Zaki Rapatkan Barisan Menangkan Sukabumi Lebih Baik

Ayep bahkan tak segan untuk rutin mengunjungi para siswa-siswi dan tenaga pendidik yang ada untuk bercengkrama langsung dan memastikan program-progran unggulan di institusi pendidikan tanah air dapat berjalan optimal.

Ketua Dewan Pakar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Sukabumi itu mengatakan para peserta didik di sekolahnya itu tak hanya berasal dari Sukabumi Raya tetapi juga dia menyiapkan asrama yang representatif bagi para peserta didik dari wilayah lain seperti dari luar Jawa seperti Maluku, Kalimantan, hingga Papua.

Lebih jauh kata Ayep salah satu konsep Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa yang dirintisnya adalah mengimplementasikan program Pancasila terutama pada nilai-nilai kejujuran dan peningkatan kapasitas serta integritas.

"SMA Doa Bangsa ini memiliki ciri khas, yaitu disiplin kemudian juga dilatih kejujurannya," kata Ayep dalam keterangannya, Sabtu.

Menurut Ayep, SMA Doa Bangsa mendidik dua karakter yang utama. Pertama siswa lulusan SMA Doa Bangsa harus berintegritas terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan yang kedua memiliki kompetensi keahlian sehingga dua instrumen tersebut bisa menjawab kebutuhan generasi muda di masa yang akan datang.

"Karena di sini juga ada kantin kejujuran, jadi kantin kejujuran dan kantin sehat seperti itu karena Doa Bangsa ini lahir untuk menjawab bagaimana masa depan generasi muda pelanjut Bangsa Indonesia harus punya kemampuan kompetensi maupun integritas," kata dia.

Baca Juga: Ayep Zaki Menata Kebaikan Aktif Tumbuhkan Ekosistem Wakaf di Tanah Air

Ke depannya lanjut Ayep yang juga Bakal Calon Anggota Legislatif DPR RI Dapil Sukabumi Raya itu para lulusan dari Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa baik dari SMA maupun SMK apabila berminat lulusannya akan diarahkan untuk bisa menjadi mitra Doa Bangsa baik dalam tata kelola bidang ekonomi maupun ekosistem pendidikan.

"Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa membangun satu karakter masa depan Bangsa Indonesia dengan jargonnya jujur, ikhlas, dan amanah. Jadi dilatih kejujurannya saya kira kalau dia sudah terbiasa dengan kejujuran itulah integritas yang dimiliki lulusan Doa Bangsa," kata dia.

Yayasan pendidikan yang sudah dirintisnya sejak 2010 itu menurut Ayep menjadi ladang ikhtiar dan pengabdian dalam rangka semangat mengawal gerakan perubahan restorasi Indonesia melalui berbagai sektor salah satunya menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya saing global.

Ayep juga bersyukur melihat puluhan Institusi Pendidikan yang dirintisnya dapat berkembang dari waktu ke waktu dengan ragam torehan prestasi di berbagai bidang. Dia pun menandaskan tak merasa lelah meski menempuh perjalanan cukup jauh demi mengunjungi unit-unit pendidikan binaanya yang begitu antusias dan menoreh banyak prestasi.

"Mudah-mudahan inilah nilai-nilai perubahan nilai-nilai restorasi yang terimplementasi di dalam kegiatan pada sektor pendidikan. Insyaallah dan ini adalah komitmen saya terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia di Indonesia ini," tutup Ayep.

Sumber: Siaran Pers

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77