7 Camilan Meredakan Asam Urat Tanpa Obat, Nyerinya Langsung Minggat!

Jumat 07 Juni 2024, 16:45 WIB
Ilustrasi Buah segar bisa menjadi salah satu camilan yang redakan asam urat (Sumber : Freepik.com/@lifeforstock)

Ilustrasi Buah segar bisa menjadi salah satu camilan yang redakan asam urat (Sumber : Freepik.com/@lifeforstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah kondisi dimana kadar purin dalam tubuh terlalu tinggi. Dimana seringkali menyebabkan nyeri sendi akibat pola makan yang salah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa pergi ke dokter dan meminum obat, sekaligus juga mengkonsumsi makanan atau camilan pereda nyeri asam urat yang baik untuk sendi.

Tidak mudah untuk sembuh asam urat tanpa obat. Oleh karena itu, perlu kebiasaan dan pola hidup baik dari penderitanya. Maka mulailah dari mengkonsumsi camilan pereda nyeri sendi yang mengandung zat anti-inflamasi.

Mengutip dari laman eatingwell.com, ada 7 camilan yang bisa meredakan nyeri asam urat tanpa harus minum obat. Berikut diantaranya:

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Kacang dan Selai Kacang

Dari kenari hingga almond, kacang tanah, dan pistachio, kacang-kacangan kaya akan nutrisi dan juga rasanya. Jika harus pilih satu, pilihlah kenari.

Kaya dengan fitokimia dan asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat (ALA), kenari telah terbukti menurunkan beberapa penanda peradangan, sehingga bisa jadi cemilan ramah asam urat yang meredakan nyeri sendi.

2. Buah Segar

Penuh dengan vitamin, mineral, dan fitokimia, buah adalah camilan yang sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan sendi. Terutama yang mengandung vitamin C pembentuk kolagen, jeruk, kiwi, stroberi, mangga, pepaya, dan nanas adalah buah yang sempurna untuk ditambahkan ke daftar camilan bagi penderita asam urat.

3. Ikan Omega-3 dan Gandum Utuh

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel merupakan sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D yang signifikan. Ikan padat nutrisi ini kaya akan dua asam lemak omega-3 penting, asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Menurut studi tahun 2021 yang diterbitkan di Advances in Nutrition, EPA dan DHA bekerja untuk menjinakkan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Anda bisa mengkonsumsi salad ikan dengan minyak zaitun lalu dimakan bersama biskuit gandum.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

4. Puding Biji Berry Chia

Buah beri mengandung banyak sekali senyawa yang dikenal sebagai antosianin, yaitu adalah fitokimia luar biasa yang dihormati karena kemampuannya mengurangi stres oksidatif dan memadamkan peradangan kronis.

Makanlah buah beri sendiri atau gunakan buahnya sebagai tambahan pada puding biji chia kaya omega-3 yang dibuat dengan susu kaya kalsium atau alternatif susu.

5. Sayuran dan Kacang

Nikmati beragam sayuran berwarna seperti wortel, brokoli, kembang kol, kacang polong, tomat, mentimun, seledri, lobak, dan paprika dengan saus kacang kaya protein untuk camilan sehat sendi yang ideal.

Sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, dan K, sedangkan kacang-kacangan mengandung folat, serat, seng, potasium, dan magnesium.

Selain itu, brokoli dan sayuran silangan lainnya mengandung fitokimia yang disebut sulforaphane, yang telah terbukti mengurangi molekul pro-inflamasi pada sendi ketika meradang.

6. Cokelat Hitam

Dengan rasa lezat dan aromanya yang menggoda, coklat hitam mengandung berbagai macam fitokimia untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Campurkan beberapa jumlah coklat hitam dengan segenggam kacang atau buah beri, dan Anda akan mendapatkan camilan anti-inflamasi pereda nyeri asam urat yang lezat kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga: Meski Turunkan Gula Darah, Ini 6 Efek Samping Kayu Manis Bagi Kesehatan

7. Matcha atau Teh Hijau

Tidak ada camilan yang lengkap tanpa minuman untuk mencucinya. Matcha atau teh hijau yang diseduh biasa adalah salah satu minuman terbaik untuk nyeri sendi.

Teh hijau mengandung fitokimia yang disebut epigallocationchin gallate (EGCG) untuk membantu menjaga kesehatan sendi dan otot rangka.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)