7 Pengobatan Rumah Untuk Pilek Ini Bisa Dicoba Jika Tak Suka Minum Obat

Rabu 29 Mei 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi beberapa pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi beberapa pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Pilek atau flu memang sering menyerang siapa saja. Karena penyakit ini sering terjadi apabila ada perubahan cuaca atau tertular dari orang lain.

Banyak orang yang pilek kurang suka minum obat medis, karena lebih percaya bahwa pengobatan di rumah lebih ampuh untuk mengatasinya.

Pilek juga bisa dibarengi dengan rasa pusing, oleh karena itu orang yang sedang mengalaminya lebih banyak ingin berdiam diri di rumah dan melakukan pengobatan rumahan saja.

Mengutip dari artikel unggahan laman healthshots.com pada 9 Januari 2024, ada 7 pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek. Berikut diantaranya:

Baca Juga: 13 Cara Tradisional Mengobati Asam Urat, Alami dan Cepat Sehat!

1. Minum Teh Panas

Cobalah teh herbal apa pun seperti kamomil, jahe, mint, atau jelatang untuk menghilangkan hidung tersumbat. Teh herbal mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu Anda meredakan sakit tenggorokan dan membersihkan saluran udara tersumbat. Jadi, buatlah sendiri secangkir teh herbal dan hirup juga uapnya agar mendapatkan manfaat tambahan.

2. Hirup Uap

Untuk menghasilkan uap yang cukup dihirup, panaskan sedikit air di dalam panci bersih. Kemudian, letakkan wajah beberapa inci di atas uap selama sekitar 15 menit. Tarik napas dalam-dalam saat melakukannya.

Tiup hidung sesudahnya untuk menghilangkan lendir. Uap wajah membantu mengencerkan lendir dan meredakan pilek, yang dapat bermanfaat. Lakukan ini dua atau tiga kali sehari untuk meredakan pileknya.

3. Mandi Air Panas

Terkadang mandi air panas adalah satu-satunya hal yang diperlukan untuk menghilangkan pilek dan hidung tersumbat. Berdiri dibawah pancuran air panas dapat membantu mengurangi masalah ini. Tidak hanya membantu terbebas dari flu yang mengganggu, tetapi juga bisa menenangkan pikiran.

Baca Juga: Begini Cara Buat Teh Jahe Untuk Obati Asam Urat, Simpel Banget!

4. Coba Gunakan Neti Pot

Neti pot adalah wadah kecil mirip teko yang memiliki tunas. Menggunakan neti pot dapat membantu menghilangkan masalah seperti pilek dan hidung tersumbat.

Yang perlu dilakukan hanyalah menambahkan air garam ke dalam panci lalu menuangkan larutan melalui salah satu lubang hidung dan keluar dari lubang hidung lainnya.

Pengobatan rumah ini akan menghilangkan semua sinus. Namun, harus berhati-hati saat melakukan hal ini karena jika salah melakukannya dapat memperburuk kondisi hidung tersumbatnya.

5. Makan Makanan Pedas

Makanan pedas memang awalnya bisa menyebabkan pilek, tapi nantinya akan melegakan.
Tambahkan cabai rawit, wasabi, jahe, dan rempah-rempah lainnya ke dalam makanan.

Selain membuat makanan terasa lebih panas, rempah-rempah ini membuka saluran udara tubuh dan membantu mengatasi masalah hidung tersumbat.

6. Kompres Hangat

Dalam pengobatan rumah untuk pilek, bisa mengompres air hangat untuk meredakannya. Rendam kain lembut dalam air hangat, peras, dan letakkan di batang hidung Anda.

Kehangatannya membantu membuka saluran hidung, mengurangi sumbatan, sementara kelembabannya menenangkan jaringan yang teriritasi.

Berhati-hatilah untuk mencegah luka bakar karena terlalu panas dan konsultasikan dengan ahli kesehatan jika pilek serta hidung tersumbatnya terus berlanjut.

Baca Juga: Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

7. Humidifier

Humidifier adalah alat yang membuat air diubah menjadi uap untuk melembabkan udara kering. Kelembaban membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir serta meredakan iritasi hidung saat dihirup.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Allergy and Immunology menemukan bahwa menghirup uap hangat dari pelembab udara meningkatkan penumpukan lendir yang terjadi akibat rinitis alergi. Jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin agar memastikan tidak ada jamur maupun bakteri berkembang biak di dalamnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 Juni 2024, 07:00 WIB

Lebih Percaya Diri, Ini 13 Ciri Anak Memiliki Mental Kuat Secara Psikologis!

Mental yang kuat secara psikologis sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya dan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.
Ilustrasi Anak yang psikologisnya matang. (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin
Sukabumi12 Juni 2024, 23:13 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM: Perumdam Tirta Jaya Mandiri Sukabumi Gelar Pelatihan

Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar Pelatihan Peningkatan Kinerja bagi Kepala Urusan Teknik dan Kepala Urusan Administrasi di Gedung Pertemuan Ibu Ratu, Jalan Garuda Baros, Sukabumi, pada Selasa, 11 Juni 2024
Pelantihan peningkatan SDM Perumdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi12 Juni 2024, 22:39 WIB

Tragedi Kedua Kecelakaan Kerja di Sukabumi, DPRD Tekankan Pentingnya Pengawasan K3

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, menyoroti peran dan tanggungjawab Dinas Tenaga Kerja dan Pengawas Ketenagakerjaan
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi12 Juni 2024, 22:12 WIB

Bahu Jalan Provinsi di Cibadak Sukabumi Longsor Akibat Hujan Deras

Bahu jalan provinsi yang berada di Kampung Cinyocok RT 2/8, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami longsor pada Rabu (12/6/2024), sekitar pukul 00.30 WIB.
Petugas saat memeriksa lokasi longsor yang berada di Kampung Cinyocok RT 2/8, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari