7 Minuman Herbal Ini Mampu Obati Asam Urat, Minum Tiap Pagi Hari!

Jumat 17 Mei 2024, 12:45 WIB
Ilustrasi teh jah yang merupakan salah satu dari tujuh minuman herbal yang dapat mengobati asam urat (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi teh jah yang merupakan salah satu dari tujuh minuman herbal yang dapat mengobati asam urat (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kadar asam urat adalah zat yang terbentuk saat kita mengunyah makanan dan minuman kaya purin. Limbah tubuh ini biasanya larut dalam aliran darah dan dikeluarkan melalui urin.

Namun, ketika tubuh memproduksinya terlalu banyak atau gagal membuangnya secara efisien, saat itulah timbul masalah kesehatan. Jika menderita hiperurisemia, atau asam urat tinggi, itu berarti Anda memiliki lebih banyak asam urat dalam darah daripada yang seharusnya.

Melansir dari sebuah artikel di laman thehealthsite.com yang diunggah pada 15 April 2024, peningkatan kadar asam urat mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang dikonsumsi, kecenderungan genetik, dan kondisi medis tertentu.

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

Saat menghadapi kadar asam urat tinggi yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti asam urat atau batu ginjal, tidak harus selalu bergantung pada obat-obatan. Bisa juga menggunakan pengobatan berbahan herbal.

Herbal menghadirkan pengobatan alternatif alami dengan minuman pagi yang efektif menurunkan asam urat. Minuman herbal yang dibuat khusus ini, jika disertakan dalam rutinitas harian akan membuka jalan bagi kesehatan secara keseluruhan pada tubuh.

Berikut ini 7 minuman herbal yang jika diminum tiap pagi hari akan mengobati asam urat tinggi pada tubuh:

Baca Juga: Bebas dari Serangan Asam Urat, 8 Obat Alami untuk Cegah Kambuh Lagi

1. Air Lemon Saat Perut Kosong

Salah satu cara paling sederhana untuk menurunkan kadar asam urat secara alami adalah memulai hari dengan segelas air lemon hangat. Buah lemon kaya akan vitamin C yang membantu menetralkan asam urat sekaligus meningkatkan fungsi ginjal.

Selain itu, air lemon berfungsi sebagai minuman detoks yang mengeluarkan racun dan membuat tubuh tetap terhidrasi. Jika ingin menambahkan minuman ini ke dalam diet penurun asam urat, pastikan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas saja.

2. Minuman Cuka Sari Apel

Cuka sari apel alias ACV, hadir dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi sangat berguna dalam mengatasi masalah tidak biasa yang terjadi di tubuh. Memulai hari dengan suntikan ACV juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH tubuh dan mengurangi penumpukan asam urat.

Bagaimana cara mengkonsumsinya untuk di rumah? Yang perlu dilakukan hanyalah mencampurkan sesendok cuka sari apel dengan air dan meminumnya setiap hari.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

3. Jus Seledri Hijau

Banyak anggapan bahwa minuman ini menempati tahta tinggi untuk mengurangi kadar asam urat. Jus seledri Hijau adalah tumbuhan yang signifikan untuk ditambahkan ke dalam rutinitas di pagi hari.

Seledri mengandung senyawa yang bertindak seperti diuretik, memperlancar produksi urin dimana pada gilirannya membantu menghilangkan asam urat. Minumlah jus seledri segar setiap pagi untuk memberikan efek pembersihan pada tubuh di pagi hari.

4. Teh Jahe

Jahe dikenal dengan khasiat anti inflamasinya ampuh dan dapat meredakan peradangan yang berhubungan dengan kadar asam urat tinggi. Menggunakan akar jahe segar untuk menyiapkan teh jahe bisa meredakan nyeri sendi dan bengkak, yang umum terjadi pada kondisi seperti asam urat.

5. Jus Amla

Mengonsumsi jus yang terbuat dari Amla atau gooseberry India setiap pagi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar asam urat secara alami. Penuh dengan antioksidan serta vitamin C, jus Amla tidak merepotkan untuk disiapkan dan menawarkan rasa yang tajam.

Baca Juga: 4 Minuman Sehat yang Ampuh Menurunkan Kadar Asam Urat, Nyerinya Langsung Minggat!

6. Air Mentimun

Alasan mentimun menjadi salah satu bahan makanan musim panas terbaik, karena buah ini hadir dengan segudang manfaat kesehatan, termasuk mengatur kadar asam urat. Meminum segelas air mentimun setiap hari hari diketahui bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Yang perlu dilakukan hanyalah memotong mentimun dan daun mint, lalu menambahkannya ke dalam toples berisi air. Cobalah minum air detoks satu ini di pagi hari untuk membuang kelebihan asam urat di dalam tubuh.

7. Air Biji Ketumbar

Biji ketumbar, juga dikenal sebagai ramuan herbal terkenal karena manfaat diuretiknya. Dalam dunia herbal, biji-bijian ini dianggap berharga bagi mereka yang menderita kadar asam urat tinggi.

Cara mengkonsumsinya, rebus biji ini dalam air dan biarkan infusnya dingin, lalu dikonsumsi sebelum sarapan pagi. Melakukan hal tersebut dapat meningkatkan fungsi ginjal dan secara bertahap menurunkan kadar asam urat.

Baca Juga: 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

Itulah 7 minuman herbal untuk mengobati kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Mengonsumsi minuman herbal diatas setiap pagi juga dapat menyehatkan sistem tubuh secara menyeluruh.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang