8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

Sabtu 11 Mei 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi - Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. | Foto : Cup of Couple/Pexels

Ilustrasi - Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. | Foto : Cup of Couple/Pexels

SUKABUMIUPDATE.com - Serangan asam urat bisa terjadi kepada siapa saja dan datangnya dapat secara tiba-tiba. Kondisi tersebut biasanya menyerang beberapa sendi, seperti di kaki, ibu jari kaki atau pergelangan kaki.

Namun, untungnya serangan asam urat dapat diobati dengan bahan alami yang dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah datang kembali.

Mungkin Anda sebagai penderita asam urat, paling sering diobatinya dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Tetapi ada juga beberapa obat alami yang dapat Anda konsumsi untuk meringankan gejala dan mengurangi frekuensi serangan.

Baca Juga: Bebas Asam Urat: Panduan Latihan Fisik Efektif untuk Mencegah Serangan Kembali

Penasaran apa saja? Yuk simak selengkapnya dibawah ini yang dikutip dari nutratea.

1. Ceri

Salah satu pengobatan rumahan yang paling populer untuk asam urat adalah ceri. Buah-buahan lezat ini kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memakannya secara teratur dapat membantu mengurangi frekuensi serangan asam urat dan menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda.

Selain vitamin C, ceri mengandung pigmen yang disebut antosianin, yang merupakan antioksidan kuat dan anti peradangan. Mereka juga kaya akan flavonoid yang disebut quercetin, yang membantu mencegah pembentukan asam urat.

Baca Juga: Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

2. Teh Jelatang

Obat alami lain yang populer untuk asam urat adalah teh jelatang. Memang benar, jelatang juga sering digunakan untuk mengobati bentuk radang sendi lainnya. Mereka kaya akan nutrisi, termasuk kalsium, magnesium, dan potasium, yang membantu menjaga kesehatan persendian kita.

Sebagai diuretik alami, teh jelatang dapat membantu mengeluarkan asam urat dari sistem Anda, mencegah penumpukan yang dapat menyebabkan nyeri asam urat. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan beberapa gejala kambuhnya penyakit.

3. Kunyit

Kunyit terkenal sebagai anti-inflamasi yang kuat dan banyak dari kita yang menyadari manfaatnya untuk persendian kita. Bahan aktifnya, kurkumin, dapat membantu meringankan rasa sakit dan bengkak akibat serangan asam urat, terutama bila dikombinasikan dengan piperine dari lada hitam.

Baca Juga: 11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

 

Penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah kita. Pada gilirannya, hal ini menurunkan kemungkinan mengalami gejala asam urat.

4. Jahe

Secara tradisional digunakan untuk meredakan nyeri dan bengkak pada persendian, jahe adalah obat asam urat alami lainnya yang patut dicoba. Itu dikemas dengan senyawa anti-inflamasi yang disebut gingerol dan shogaol. Ini dapat meringankan sendi yang bengkak dan meradang.

Sebagai obat penghilang rasa sakit alami, jahe juga bagus untuk meredakan rasa sakit yang terkait dengan serangan asam urat. Studi juga menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam jahe mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

5. Vitamin C

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mendapatkan cukup vitamin C sangat penting jika Anda menginginkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Namun ternyata vitamin ini juga berperan dalam mencegah asam urat dan mengurangi gejala radang sendi.

Anda bisa mengonsumsi vitamin C yang terkandung pada buah-buahan seperti:

  • Jambu Biji.
  • Mangga.
  • Stroberi.
  • Nanas.
  • Pepaya.
  • Kiwi.
  • Pisang.

Sebuah penelitian jangka panjang menemukan bahwa pola makan kaya vitamin C dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih rendah. Vitamin C membantu menurunkan kadar asam urat darah, sehingga juga dapat mengurangi keparahan dan frekuensi kambuhnya penyakit.

Baca Juga: 16 Ikan Laut Purin Sedang Untuk Dimakan Secukupnya Bagi Penderita Asam Urat

6. Magnesium

Vitamin C bukan satu-satunya nutrisi yang dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena asam urat. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan cukup magnesium lebih mungkin mengalami kadar asam urat tinggi, sehingga meningkatkan kemungkinan terkena asam urat.

Oleh karena itu, memastikan Anda mendapatkan cukup magnesium dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi kemungkinan Anda mengalami serangan asam urat. Meskipun Anda dapat memilih suplemen, mengonsumsi makanan sehat juga akan membantu mengatasi asam urat, jadi sebaiknya perbanyak asupan sayuran dan herba.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi sepert:

  • Cokelat Hitam
  • Pisang
  • Tahu dan Tempe
  • Kacang-kacangan
  • Gandum Utuh
  • Sayuran Berdaun Hijau
  • Alpukat

Baca Juga: 5 Minuman Tinggi Purin yang Berbahaya untuk Penderita Asam Urat

7. Seledri

Seledri (Apium graveolens) memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi serta membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah karena mengandung flavonoid apigenin. Karena kristal urat yang tinggi menyebabkan peradangan dan pembentukan radikal bebas, seledri juga dapat membantu mengurangi dampak ini dan mengurangi kerusakan sendi.

8. Minum Banyak Cairan

Anda sebaiknya minum banyak cairan terutama air putih, untuk menghindari dehidrasi sebagai obat asam urat. Hindari minuman manis yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi karena dapat meningkatkan potensi kambuhnya asam urat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat28 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Fakta Tentang Asam Urat yang Harus Anda Diketahui, Si Nyeri Sendi yang Tak Terduga

Ada fakta-fakta tentang asam urat yang sudah seharusnya Anda ketahui.
Ilustrasi - Ada fakta-fakta tentang asam urat yang sudah seharusnya Anda ketahui. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Opini28 Mei 2024, 08:59 WIB

Menguji Integritas dan Kesiapan Penyelenggara Menjelang Pilkada Sukabumi 2024

Pilkada merupakan instrumen pokok dalam menerapkan prinsip-prinsip demokrasi. Pemilu atau Pilkada merupakan sarana untuk mengekspresikan kebebasan rakyat dalam memilih pemimpinnya
Rika Juniarti (Bendahara Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Sukabumi (PB HIMASI) | Foto : Sukabumi Update
Food & Travel28 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Penderita Kolesterol

Dengan memilih makanan yang rendah kalori dan kaya nutrisi, penderita kolesterol tinggi dapat menjaga kesehatan jantung dan mengelola kadar kolesterol dengan lebih baik.
Acar Sayur Kuning. Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Penderita Kolesterol | Foto: YouTube/Simple Rudy TV
Sukabumi28 Mei 2024, 06:58 WIB

Jembatan Gantung Rewod Diresmikan, Mobilitas Petani di Cikangkung Sukabumi Lebih Aman

Serap anggaran Dana Desa Rp115 juta, jembatan gantung rewod di Cikangkung Sukabumi permudah akses usaha tani.
Camat Ciracap dan Kades Cikangkung resmikan jembatan gantung rewod Sukabumi. | Sumber Foto: Istimewa
Food & Travel28 Mei 2024, 06:00 WIB

Gorejag Renyah dan Gurih, Begini Cara Simpel Membuat Bakwan Jagung

Untuk hasil bakwan jagung yang lebih renyah, pastikan minyak dalam keadaan panas sebelum menggoreng bakwan.
Resep Bakwan Jagung, Hidangan Pendamping yang Gurih dan Manis | Sumber: Instagram /@dapurbekal
Science28 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 Mei 2024, Sukabumi Potensi Cerah Saat Pagi dan Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 28 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 28 Mei 2024. (Sumber : Freepik/tawatchai07)
Sukabumi27 Mei 2024, 23:08 WIB

Api Merembet ke 3 Bangunan, Kebakaran Toko Material di Sukabumi 2,5 Jam Baru Bisa Dipadamkan

Berikut dugaan penyebab kebakaran toko material yang merembet ke 3 bangunan di jalan RA Kosasih Kota Sukabumi.
Petugas Damkar saat memadamkan kebakaran toko material di Jalan RA Kosasih Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Mei 2024, 21:56 WIB

Demokrat Resmi Usung Iyos Somantri Jadi Bacalon Bupati Sukabumi untuk Pilkada 2024

Iyos Somantri resmi mendapat surat tugas dari DPP Partai Demokrat untuk menjadi bacalon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Bacalon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi27 Mei 2024, 21:27 WIB

Lembaga Wakaf Doa Bangsa Ikuti Pembinaan BWI melalui Waqf Academy

H. Ayep Zaki menyatakan bahwa LW Doa Bangsa tidak akan berhenti untuk terus meningkatkan kapasitasnya di bawah arahan dan bimbingan BWI.
Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa hadir dalam acara Pembinaan Nazhir oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) melalui pelatihan Waqf Academy batch 3. (Sumber : Istimewa)
Sehat27 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Pemicu Utama Asam Urat yang Harus Dihindari Jika Ingin Sembuh

Beberapa makanan dan minuman menjadi pemicu utama asam urat kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin - Beberapa makanan dan minuman menjadi pemicu utama asam urat kambuh. (Sumber : Pexels/OzielGomez)