Bukannya Meredakan, 7 Makanan Ini Malah Menyebabkan Serangan Asam Urat

Jumat 22 Maret 2024, 11:45 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan asam urat. (Sumber : Freepik.com/@ timolina).

Ilustrasi - Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan asam urat. (Sumber : Freepik.com/@ timolina).

SUKABUMIUPDATE.com - Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti nyeri sendi, radang sendi, dan batu ginjal. Menjaga asupan makanan yang mengandung purin dapat membantu mengontrol kadar asam urat dalam darah.

Bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat, makanan yang menyebabkan serangan asam urat, seringkali memperburuk gejala jenis radang sendi yang umum ini. 

Hal ini karena asam urat berkembang ketika seseorang memiliki terlalu banyak  asam urat di dalam tubuh, hasil proses metabolisme yang mengubah purin menjadi asam urat.

Baca Juga: Berapa Seharusnya Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Simak Disini

Purin diproduksi secara alami tetapi juga ditemukan di banyak makanan. Mengelola kadar asam urat adalah kunci untuk mengurangi risiko terkena asam urat atau kambuhnya asam urat, jadi penting untuk membatasi makanan tinggi purin, seperti daging merah, dalam pola makan Anda.

Nah, asam urat sendiri disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam tubuh yang menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di persendian. Hal ini menyebabkan serangan asam urat.

Berikut ada beberapa informasi mengenai makanan tinggi purin yang bisa menyebabkan serangan asam urat.

Baca Juga: Mengenal Asam Lambung: Gejala, Penyebab dan 11 Cara untuk Mencegahnya

1. Daging Merah dan Daging Jeroan

Daging merah lebih tinggi purinnya dibandingkan daging putih. Konsumsi lebih tinggi daging merah (termasuk daging sapi, daging rusa) dan daging jeroan (termasuk jantung, babat, hati, usus, ampela) meningkatkan risiko serangan asam urat berulang.

2. Ikan Air Laut dan Kerang

Beberapa jenis ikan mengandung purin lebih tinggi dan harus dibatasi dalam diet asam urat. Ikan air dingin seperti tuna, trout, herring, sarden, dan ikan teri terdapat kandungan purin yang lebih tinggi, begitu juga kerang termasuk udang, tiram, kepiting, dan lobster.

3. Ekstrak Ragi

Ekstrak ragi dan diketahui mengandung purin yang tinggi seperti roti, acar, tape, dan makanan fermentasi. Hindari ragi demi mengurangi kadar asam urat yang bisa memperburuk.

Baca Juga: Apakah Tomat Bisa Jadi Pemicu Atau Malah Meredakan Asam Urat? Simak Penjelasannya

4. Bir dan Minuman Keras 

Kebanyakan minuman beralkohol tidak disarankan untuk diet asam urat. Mengutip dari Healthline, alkohol merupakan sumber purin yang cukup banyak. Purin adalah senyawa yang menghasilkan asam urat ketika tubuh mengurainya. Alkohol juga dapat mempercepat metabolisme nukleotida. Ini merupakan sumber tambahan purin, yang dapat diubah menjadi asam urat.

5. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang mengandung fruktosa terutama yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi harus dihindari pada diet asam urat. Jaga kadar asam urat tetap rendah dengan membatasi atau menghindari konsumsi soda dan minuman manis lainnya, buah kaleng atau jus buah, dan produk tinggi gula lainnya termasuk snack bar, donat, kue kering, permen, dan beberapa sereal sarapan.

6. Roti Putih dan Madu

Karbohidrat yang cepat dicerna dan diserap dapat meningkatkan kadar gula darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar asam urat. Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi putih, kue kering, dan kue. Meskipun madu merupakan pemanis alami, namun kandungan fruktosanya tinggi. Ketika tubuh memecah fruktosa, tubuh melepaskan purin.

Baca Juga: Mengapa Lonjakan Gula Darah Bisa Terjadi? Simak Gejala dan 10 Penyebabnya

7. Makanan Olahan

Pola makan orang Barat modern seringkali kaya akan makanan olahan dan karbohidrat olahan. Makanan-makanan ini telah dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih tinggi serta kondisi kesehatan lainnya, termasuk: 

  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit jantung
  • Pertambahan berat badan dan obesitas

Dengan menghindari makanan dan minuman yang diolah dan mengandung karbohidrat olahan, Anda dapat membantu membatasi perkembangan asam urat dan gejalanya. Makanan yang harus dihindari antara lain:

  • Permen
  • Makanan yang dipanggang, seperti muffin, kue kering, dan kue
  • roti putih
  • Keripik dan kerupuk
  • Es krim
  • Beberapa makanan beku
  • Makanan cepat saji
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat28 April 2024, 07:00 WIB

Bantu Melancarkan Pencernaan, 5 Manfaat Minum Air Hangat Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.
Ilustrasi minum air putih - Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. | (Sumber : Freepik.com)
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)