Jangan Langsung Percaya Ya! Ini 8 Mitos Seputar Asam Urat yang Perlu Diketahui

Kamis 21 Maret 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi - Jangan Langsung Percaya Ya! Ini 8 Mitos Seputar Asam Urat yang Perlu Diketahui (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)

Ilustrasi - Jangan Langsung Percaya Ya! Ini 8 Mitos Seputar Asam Urat yang Perlu Diketahui (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat menjadi salah satu gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Saat penyakit ini menyerang, penderitanya akan merasakan sakit yang sangat terutama di area persendian.

Selama ini ada beberapa mitos yang berkembang seputar asam urat dan dipercaya oleh banyak orang terutama yang menjadi penderita asam urat.

Namun, berikut adalah beberapa mitos umum tentang asam urat beserta klasifikasinya yang perlu diketahui agar tidak salah kaprah.

Baca Juga: Coba Pijat Ringan! 9 Cara Mudah Meringankan Rasa Sakit Serangan Asam Urat

1. Asam urat hanya terjadi pada orang yang suka makan makanan tinggi purin

Klarifikasi: Meskipun makanan tinggi purin dapat memicu serangan asam urat pada beberapa orang, asam urat juga dipengaruhi oleh faktor genetik, gaya hidup, dan faktor medis lainnya.

2. Semua orang yang memiliki kadar asam urat tinggi akan mengalami serangan asam urat

Klarifikasi: Tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi akan mengalami serangan asam urat. Beberapa orang dapat memiliki kadar asam urat tinggi tanpa mengalami gejala, sementara yang lain mungkin lebih rentan terhadap serangan asam urat.

3. Konsumsi suplemen vitamin C dapat menyebabkan serangan asam urat

Klarifikasi: Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin C dalam dosis tinggi sebenarnya dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat dengan meningkatkan ekskresi asam urat dari tubuh.

Baca Juga: Daging Merah Bisa Bikin Asam Urat Naik, Simak 8 Cara Menikmatinya Agar Tetap Sehat

4. Konsumsi susu dapat memperburuk asam urat

Klarifikasi: Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu dan produk susu rendah lemak sebenarnya dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat. Susu mengandung protein whey yang diyakini memiliki efek protektif terhadap serangan asam urat.

5. Penderita asam urat harus sepenuhnya menghindari semua jenis daging

Klarifikasi: Penderita asam urat tidak perlu sepenuhnya menghindari semua jenis daging. Mereka hanya perlu membatasi konsumsi daging merah dan makanan laut yang tinggi purin, sementara daging tanpa lemak dan ikan dengan kadar purin yang lebih rendah masih bisa dimakan dengan bijak.

6. Asam urat hanya terjadi pada orang yang gemuk

Klarifikasi: Obesitas atau kelebihan berat badan memang merupakan faktor risiko untuk asam urat, tetapi orang dengan berat badan normal juga dapat mengalami asam urat. Faktor genetik dan gaya hidup juga memainkan peran penting dalam risiko terkena asam urat.

Baca Juga: Banyak Minum Air Putih, Simak 9 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

7. Asam urat hanya mempengaruhi sendi

Klarifikasi: Meskipun asam urat sering menyebabkan radang sendi (artritis gout), kondisi ini juga dapat mempengaruhi organ lain seperti ginjal dan jaringan lunak.

8. Air lemon atau cuka apel dapat menyembuhkan asam urat

Klarifikasi: Meskipun minum air lemon atau cuka apel dalam air hangat dapat membantu mengubah pH urin, tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung klaim bahwa ini secara signifikan mengurangi risiko serangan asam urat.

Mengetahui mitos dan fakta seputar asam urat penting untuk memahami kondisi tersebut dengan lebih baik dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengelolanya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang asam urat, selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan yang berkualifikasi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life14 Juni 2024, 07:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

Kunci utama adalah menemukan rutinitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna (Sumber : Pexels/MikhailNilov)
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)