Banyak Minum Air Putih, Simak 9 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Selasa 19 Maret 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi - Banyak Minum Air Putih, Simak 9 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh Sumber: Freepik/@freepik

Ilustrasi - Banyak Minum Air Putih, Simak 9 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh Sumber: Freepik/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami siapa saja tanpa mengenal usia maupun gender.

Akan tetapi, penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal termasuk yang berkaitan dengan gaya hidup.

Untuk mencegah serangan asam urat yang sering kambuh, penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan menghindari pemicu yang memicu serangan tersebut.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu mencegah serangan asam urat yang sering kambuh:

Baca Juga: Asam Urat Sering Kambuh dan Terasa Sakit? Mulai Sekarang Lakukan 7 Gaya Hidup Sehat Ini

1. Pola Makan Sehat

Fokus pada pola makan yang seimbang dan rendah purin. Kurangi atau hindari makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan laut (seperti kerang dan udang), makanan olahan, alkohol, dan minuman manis. Sebaliknya, konsumsilah lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati.

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Minumlah banyak air putih setiap hari untuk membantu mengencerkan urin dan mencegah penumpukan kristal asam urat dalam tubuh.

3. Hindari Alkohol

Alkohol, terutama bir dan minuman berbasis bir, dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindarilah konsumsi alkohol atau konsumsilah dalam jumlah yang sangat terbatas.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Simak 7 Tips Menikmati Seafood Bagi Penderita Asam Urat

4. Hindari Makanan dan Minuman yang Bersifat Asam

Makanan dan minuman yang bersifat asam, seperti makanan pedas, saus tomat, dan minuman bersoda, dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Batasi atau hindari konsumsi makanan dan minuman tersebut.

5. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Menjaga berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan aktivitas fisik teratur dapat membantu mencegah serangan asam urat.

6. Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu mengendalikan berat badan, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi risiko serangan asam urat. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik Anda dan lakukan secara teratur.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan yang Aman untuk Mengelola Asam Urat

7. Batasi Stres

Stres dapat memicu serangan asam urat. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik melalui teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam.

8. Hindari Penggunaan Obat yang Memicu Asam Urat

Beberapa obat, seperti diuretik atau aspirin dosis tinggi, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jika mungkin, hindari penggunaan obat-obatan ini atau bicarakan dengan dokter Anda tentang alternatif yang lebih aman.

9. Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda memiliki riwayat serangan asam urat yang sering kambuh, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk rencana pengelolaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menjaga gaya hidup sehat secara konsisten, Anda dapat mengurangi risiko serangan asam urat yang sering kambuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa